Home » , , , , » Cara Membuat Partisi pada SDCard - Part 1

Cara Membuat Partisi pada SDCard - Part 1

Posted by Mang Udung Gaya on 12 Juli 2012

Untuk apa membuat partisi pada sdcard ? Memang bisa membuat partisi pada Sdcard ? Untuk jawaban pertama berhubungan dengan smartphone Android,dimana partisi ext2/ext3/ext4 digunakan untuk “mensimulasikan” sebagai memory tambahan untuk memory handphone.

Misalkan memory handphonenya hanya sekitar 200mega. Karena kebutuhan banyaknya aplikasi yang ingin terinstal pada handphone maka 200mega sangat tidak memadai. Nah untuk itu butuh “ruang tambahan” untuk aplikasi-aplikasinya.

Dan digunakanlah memory dari external card, serta dibutuhkan aplikasi tambahan untuk “mengatur” pemberian tambahan ruangan ini, seperti aplikasi : a2sd-nya DarkTremor dan link2sd. Ok, jelasnya bukan aplikasi a2sd/link2sd kali ini tapi yang akan saya coba “share” sedikit pengetahuan “Bagaimana cara membuat partisi pada sdcard”

Aplikasi yang akan kita butuhkan adalah : MiniTool Partition Wizzard Home Edition. Sangat senang dengan aplikasi ini, karena yang kita butuhkan cukup versi gratisnya saja. Tidak perlu versi berbayar, karena kita hanya akan “membelah” sdcard dalam beberapa partisi.

MiniTool Partition Wizzard Home Edition

Download dan install aplikasi yang hanya berukuran 11megabyte ini. Setelah beres persiapkan Sdcard di dalam card reader. Dan tampilannya seperti gambar dibawah ini.

MiniTool Partition Wizzard Home Edition

Kali ini saya akan menggunakan Sdcard berukuran 2Giga, yang akan saya bagi menjadi :

  • kira-kira 900megabyte untuk partisi format ext2
  • dan sisanya untuk partisi dengan format fat32

Ok, siap lanjut yaaaa….. *benerin duduk dulu…*

Mohon diingat, membuat partisi ulang akan menghapus bersih semua data yang ada pada sdcard. Jadi jangan sampai ada pertanyaan lucu, “kalau sudah dipartisi datanya masih ada engga ?” Ya engga donk !

Untuk metode memperbesar dan memperkecil partisi, tidak akan dibahas di postingan ini, jadi backup dulu lah…

Karena yang sudah saya baca-baca di forum tetangga untuk pembagian partisi sdcard pada handphone Android yang akan digunakan untuk aplikasi link2sd atau a2sd TIDAK BOLEH melebihi dari 1Gb. Jadi kali ini saya hanya akan membuat partisi untuk format ext2 hanya 900mb. Kenapa tidak boleh ? ya engga tahu !! saya rada 900mega sudah cukup untuk dijadikan space tambahan. Memang mau install window saja sekalian ?

Bagaimana kalau saya membuat partisi hanya untuk “membagi” saja. Ya iseng saja, kalau punya sdcard bisa dibagi menjadi dua drive. Dalam menggunakan aplikasi ini jika membuat partisi lebih dari satu partisi, misalnya dibagi 2 partisi dengan format fat32 dikedua partisi. Maka window akan hanya “membaca” partisi pada urutan pertama. Sisanya tidak akan dikenali, alias tidak kelihatan. Kecuali menggunakan aplikasi selain windows.

Ok, kepanjangan nich…

Install aplikasinya, baru colok card reader-nya. Tampilannya akan seperti ini..

MiniTool Partition Wizzard Home Edition

Dimana sdcard “pasien” kita ada pada drive F: Ok, kita mulai… mudah sekali!

#01. Klik kanan pada Drive F: kemudian pilih menu Delete.

langkah ini akan menghapus partisi tunggal yang ada pada sdcard.

MiniTool Partition Wizzard Home Edition

partisinya sudah dihapus….

MiniTool Partition Wizzard Home Edition

#02. Klik kana lagi pada Drive F: karena sudah dihapus kali ini menjadi Disk 3. Kemudian pilih menu CREATE. Muncul menu seperti di bawah ini

MiniTool Partition Wizzard Home Edition

Bagian yang perlu dirubah….

Create As : Primary

File System: Ext2

Partition Size: 900Mb

Sisanya biarkan saja, kemudian klik OK.

#03. Klik kanan bagian dari Disk 3 sisanya yang belum dipartisi. Cirinya pada kolom file system tertulis unallocated. Jadi jangan salah pilih… coblos.. egh? salah.. hehehehe… Kemudian pilih menu CREATE (lagi).

Sebelumnya akan muncul peringatan seperti ini :

MiniTool Partition Wizzard Home Edition

Klik Yes! ini memberitahukan jika pada Portable Device seperti SDCard ini kalau dibagi menjadi dua partisi atau lebih, maka window akan hanya bisa menampilkan nama partisi yang paling pertama dibaca window. Sisanya tidak akan terlihat.

Setelah itu tampilannya akan seperti ini..

MiniTool Partition Wizzard Home Edition

perhatikan….

Create As : Primary

File System: Ext2

Sisanya biarkan saja, karena file sistemnya akan dibuat file system Fat32 untuk keperluan menyimpan data-datanya saja. Kemudian klik OK

Hasilnya seperti ini…

MiniTool Partition Wizzard Home Edition

Ada baiknya bersambung ke postingan bagian ke 2 (engga nyadar panjang banget)

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts