Home » , , , , , , , » Cara Membuat Partisi pada SDCard - Part 2

Cara Membuat Partisi pada SDCard - Part 2

Posted by Mang Udung Gaya on 12 Juli 2012

Postingan ini sambungan dari Cara Membuat Partisi pada SDCard – part 1 Karena saya menulis yang “bertele-tele” dan sangat berharap untuk tidak ada yang menuliskan pertanyaan yang sulit-sulit.. apalagi soal-soal fisika, kimia, dan matematika lanjutan… dan karena memang postingan bagian ke-2 ini bukan masalah fisika, kimia dan matematika lanjutan..

Jadi yang baru membaca postingan yang ke-2 lebih baik membaca postingan ke-1 dahulu. Biar engga bingung, maksudnya…

Postingan ini hanya bertujuan untuk berbagi pengalaman dan dibuat untuk panduan pelengkap dari yang sudah ada sebelumnya. Jika ada kerusakan yang terjadi bukan tanggung jawab ane yeeee… Semua resiko ditanggung sendiri….

Pengaturan partisi sudah selesai…

#04. Format ulang setiap partisinya agar bisa digunakan, dengan cara klik kanan pada salah satu partisi pada Disk 3. (seperti gambar di atas) kemudian pilih menu Format

Cara Membuat Partisi pada SDCard - Part 2

Di bawah ini tampilan menu format. Pastikan sesuai Jenis File Systemnya, kemudian OK. Hanya pada File System saja, yg lain biarkan saja.

Cara Membuat Partisi pada SDCard - Part 2

Format juga partisi yang satunya lagi seperti cara di atas dan pastikan File Systemnya Fat32 (sesuaikan)

Setelah semuanya ok dan siap untuk di –“Apply” perhatikan gambar pada sebelah kiri bawah. Disana diurutkan perintah-perintah yang sudah kita urutkan langkahnya.

Cara Membuat Partisi pada SDCard - Part 2

ini yang saya maksud..

Cara Membuat Partisi pada SDCard - Part 2

Urutan langkah dari 1 s/d 7 pada gambar di atas adalah perintah yang akan dijalankan oleh aplikasi ini pada sdcard. Jadi sebetulnya langkah-langkah tadi di atas adalah urutan tindakan yang akan kita lakukan. Jika semuanya siap..

#05. KLIK APPLY..!! (menu kanan atas…)

Cara Membuat Partisi pada SDCard - Part 2

Muncul peringatan seperti dibawah ini…. untuk memastikan bahwa kita tahu apa yang sedang dan akan kita lakukan…

Kalau menggunakan Notebook/Netbook pastikan adaptor pada posisi Charging, atau pastikan Batere Notebook/Netbooknya masih penuh. Karena tidak boleh ada ganggunan selama proses berlangsung…. Kalau masih sayang, dengan Sdcard-nya hehehehe…

Cara Membuat Partisi pada SDCard - Part 2

#06. PROSESI…… tinggal menunggu, gunakan buat ambil minum, atau mau pipis dulu, bisa juga melakukan peregangan badan biar engga pegel-pegel. Asal jangan ditinggal pergi liburan ke Bali (kelamaan… tau!)

Cara Membuat Partisi pada SDCard - Part 2

#07. Ok!! beres dech….

Cara Membuat Partisi pada SDCard - Part 2

Jika berhasil akan muncul pesan seperti ini… dan sdcardnya siap digunakan… Kalau muncul pesan lain seperti “Anda ganteng sekali….” ini artinya anda harus cepat-cepat minum obat… hahaha…

Postingan ini sebetulnya janji pada salah seorang komentator yang pernah meminta dituliskan cara membuat partisi pada sdcard. Nah, perlu diingat postingan ini bukan tutorial, mungkin lebih tepatnya panduan… hehehehe… Padahal sudah banyak blog/site lain yang membahas mengenai Bagaimana cara Membuat Partisi pada SDCard.

Ya ini cman pelengkap saja. Agar supaya yang komentar juga memaklumi kalau ada tulisan yang salah atau kurang berkenan. Nulis komentarnya jangan ngasih pertanyaan yang susah-susah donk… please!! atau dengan kata lain memaklumi saya, yang jadinya sudah agak kejang-kejang pegel.

*ngerendem jari ke baskom* aahhh……….

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts