Home » , » 6 APLIKASI AUDIO ANALIZER GRATISAN VERSI ANDROID !

6 APLIKASI AUDIO ANALIZER GRATISAN VERSI ANDROID !

Posted by Mang Udung Gaya on 23 Oktober 2012

 Enam aplikasi android Audio Analizer yang dapat digunakan sebagai alat tambahan di bidang audio pro atau sebagai "mainan baru" untuk anda-anda yang hobi dengan bidang audio profesional.

Aplikasi ini gratis tentunya dengan beberapa keterbatasan untuk jenis aplikasi gratisan. Jika anda merasa cocok dan menginginkan aplikasi versi pro/berbayar, dapat langsung dibeli dari Play Google-nya.

Harap diperhatikan apabila aplikasi ini tidak dapat digunakan dan didownload langsung dari Play Google, karena beberapa aplikasi ini membutuhkan spesifik hardware/versi OS yang berbeda.

 Jika masih "ngotot" ingin menggunakan beberapa applikasi ini yang "misalnya" tidak dapat langsung di-download dari situs Play Google, anda bisa menggunakan cara lain. Misalnya meng-download-nya langsung menggunakan komputer.

Cara download aplikasi menggunakan komputer, dapat anda cari di Google. Pokok bahasan itu mungkin akan coba saya bagikan pada postingan berikutnya.

RTA Audio Analizer 

Aplikasi ini mampu mengubah smartphone android anda menjadi profesional audio analizer sampai 30 bands. Dengan feature mengenali satu, 1/3 dan 1/2 octave filter dan pengkalibrasi audio.
Menampilkan nilai dari PEAK dan RMS. Versi gratis ini dapat dengan mudah di-download dari Play Google Market. (Play Google)

Audalizer

adalah aplikasi selanjutnya pada postingan aplikasi android untuk kebutuhan Sound System/Audio Pro. Meski aplikasi ini tidak lagi disupport/diteruskan pengembangannya oleh sang pembuat. Aplikasi Audalizer mempunyai beberapa kemampuan yang dapat digunakan untuk keperluan audio analizer.
Beberapa featurenya adalah mengukuran secara grafik display untuk Waveform, Frequency Spectrum, dan nilai desibel level. Sayangnya untuk kalibrasi pada aplikasi ini belum tersedia.
Tapi untuk tingkat aplikasi gratisan, ya... lumayan dech! Silahkan download dari Play Google langsung menggunakan smartphone Android anda.. (Play Google)

FrequenSee - Spectrum Analyzer

ok, selanjutnya... adalah FrequenSee.  Aplikasi ini cukup banyak memiliki feature yang menarik, cekidot aja...
- 128 high-quality frequency bands [20Hz to 22kHz]
- Logarithmic frequency scale to match human perception
- Low latency for high responsiveness
- High framerate to see smooth frequency and amplitude movements
- High performance native code using OpenGL ES 2.0
- FFT window size 2048 @ 43/58(Armv7+) frames per second
Mungkin pada beberapa smartphone Android anda tidak dapat dinstall melalui Play Google karena kebutuhan spesifikasi hardware yang tidak kompatibel. Cara lainnya untuk dapat menggunakan aplikasi yang tidak bisa diinstall dari Play Google adalah dengan meng-download-nya melalui komputer, kemudian di transfer menggunakan kabel data. (Play Google)

Signal Generator

Sesuai dengan namanya aplikasi ini berfungsi untuk menghasilkan pink noise atau white noise. Kekuatan frekuensi dapat kita rubah dan sesuaikan dengan kebutuhan kita.

Seperti kita tahu pink/white noise dapat kita gunakan salah satunya untuk kebutuhan sound check di lapangan.

Dengan menggunakan smartphone android yang sudah anda miliki, tidak hanya untuk kebutuhan telpon dan sms, sekarang anda dapat menggunakannya untuk kebutuhan pekerjaan anda. (Play Google)

Spectral Audio Analizer


Aplikasi lainnya untuk audio analizer, menampilkan audio input dari microphone dengan tampilan spectogram bewarna.
Selain itu aplikasi gratis ini dapat menampilan nilai noise tertentu atau bahkan mengidentifikasi noise yang ingin ditemukan. Dan juga dapat mengidentifikasi frquency range pada speaker.
Tampilan berwarna dapat membantu untuk membedakan jenis dari frequency yang terbaca pada layar smartphone android anda.
Aplikasi ini masih gratis dan dapat langsung di-download dari Play Google (Play Google)

Realtime Audio Analizer Free

Seperti aplikasi audio analizer sebelumnya di atas. Aplikasi ini mempunyai fungsi dn feature yang sama dengan lainnya. Tidak ada perbedaan lainnya, mungkin hanya dari segi tampilannya saja.
Audio Analizer yang ditampilan berupa gelombang grafik dilengkapi dengan nilai desibel yang dibaca dari sumber audio secara realtime. Menampilkan spectrum audio, aplikasi ini mempunyai tampilan yang cukup sederhana dan tidak begitu "ribet" untuk digunakan...
Download aplikasi ini langsung dari play google (Play Google)



Demikian beberapa aplikasi smartphone android yang dapat anda gunakan untuk membantu sekedarnya pekerjaan di Audio Pro. Meski masih banyak kekurangan dimana aplikasi-aplikasi di atas adalah aplikasi versi gratisannya yang dapat digunakan langsung pada smartphone android anda dan tidak perlu membayar sama sekali. Mungkin pada beberapa aplikasi akan muncul banner iklan yang kemungkinan akan sedikit mempengaruhi tampilannya.

Saya tidak menganggap bahwa aplikasi ini dapat menggantikan alat Audio Analizer yang sudah ada dan memang merupakan alat analizer yang sudah diakui keunggulannya. Dengan adanya aplikasi gratisan audio analizer untuk smartphone android anda, setidaknya anda mempunyai "mainan baru" dan dapat digunakan untuk sedikitnya membantu pekerjaan/hobi di bidang Audio.

Jika ada salah penulisan kata atau istilah mohon dimaafkan karena sejujurnya saya bukan ahlinya dalam bidang audio profesional ini. Semua link, data keterangan, dan file gambar, saya ambil langsung dari situs Play Google dan merupakan hak dari pemilik aplikasi dan pemilik situsnya sendiri.

Semoga ada manfaatnya, terima kasih !

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts