Menggunakan Password Aman

yahoo_google_msn_background Dulu pernah membuat artikel Tips Membuat Password Lebih Aman dan Ini Dia Cara untuk membobol Password akun Facebook, padahal artikel yang menurut saya sendiri kurang begitu menarik.

Hehehe… sampai saya sendiri males membaca ulang. Dan kedua artikel tersebut ternyata ada hubungannya dengan postingan saya kali ini. (pemalas seh, hiatus 30 hari doank!)
Akhir-akhir ini banyak yang mencoba “menembus” akun email Yahoo dan Live saya.


Ck ck ck segitu pentingnya kah akun email saya ? sehingga beberapa kali ketahuan ada yang mencoba “mereset”  dengan metode “Loss Password” hihihi

Sebenarnya cara itu adalah fasilitas dari Email Service apabila kita “lupa” password email. Tidak mudah juga sih, karena ada beberapa input data yang harus bisa diverifikasi. Misalnya tempat tanggal lahir, nama ibu, pertanyaan rahasia, kode pos, bahkan untuk Google harus memasukan verifikasi code yang dikirim ke nomor handphone yang sudah didaftarkan.

Lucunya ada beberapa data yang diperlukan untuk “loss password” ini yang dengan sengaja dimunculkan untuk umum. Biasanya data-data ini mudah didapat di akun Facebook. Pada settingan awal membuat Facebook, tampilan bio data diri secara default terpangpang langsung di info akun. Padahal ada beberapa fasilitas yang memang disediakan oleh Facebook untuk usernya “menyetel” akun Facebook agar lebih aman digunakan.

Yang paling penting dan pertama kali harus dirubah untuk “mengamankan” akun-akun online kita adalah ; buatlah password sepanjang yang diperbolehkan dan menggunakan campuran antara huruf dan angka. Setidaknya Sang Pembobol akun akan membutuhkan waktu yang lama untuk menebak-nebak password kita. Dari pihak email services sendiri terdapat beberapa lapisan keamanan yang diadakan untuk melindungi user yang kurang memperhatikan keamanan akunnya.

Misalnya yahoo; 3 kali memasukan password salah akan muncul Capta Verifikasi, jika lebih dari 3 kali makan akun akan terkunci selama 1 jam. Jika sering salah password biasanya akan terkunci selama 2 x 24 jam. Membutuhkan pembobol yang gigih… hehehehe..

Dan untuk mereset password email setelah memasukan data verifikasi, email service akan memberitahukan perubahan yang terjadi pada email kita. Baik itu via sms atau via second email yang pernah kita daftarkan untuk menjaga kasus seperti ini terjadi.


live-mail

Email live.com jarang saya gunakan untuk keperluan sehari-hari. Dan hanya digunakan untuk register di forum atau pada website newletter. Dan itu pun menggunakan password berbeda dengan email utama. Notifikasi perubahan pada data email akan dikirimkan melalui email ke second email kita.

yahoo-mail

Email yahoo.com saya hanya sering digunakan adalah fasilitas Yahoo Messengernya saja. selain itu, sedikirnya news group dan rss feed saja. Nah pada tulisan yang saya sebutkan di atas, ada beberpa tips yang dapat dipertimbangkan untuk lebih mengamankan akun email atau akun online lainnya.

Kepada yang sudah mencoba membobol password email saya, saya menyatakan cukup terharu karena segitu pentingnya email saya sehingga anda tergiur untuk mengambil alih.. hehehehe merdeka!