Artikel Terbaru

Home » » Tips Membuat Password Lebih Aman

Tips Membuat Password Lebih Aman

Posted by Mang Udung Gaya on 24 Februari 2012

Password atau Sandi [menurut wikipedia]
Sudah menjadi rahasia umum jika password yang digunakan berkaitan dengan tanggal lahir atau misalnya orang yang kita sayangi. Kebiasaan ini dapat memudahkan orang lain mengetahui password yang anda gunakan.

Beberapa kenalan saya mengeluh atas kejadian take over atau diambil alih akun facebook mereka oleh seseorang lain. Ini biasanya disebabkan penggunaan password yang sangat mudah ditebak.

Saya coba menuliskan apa yang saya biasa gunakan untuk memilih password yang lebih aman untuk akun facebook, email, hosting, internet banking bahkan akses kartu ATM.

1. Kombinasi angka dan huruf untuk penggunaan password.
Menggunakan kombinasi angka, huruf, dan karakter khusus pada penggunaan password dapat lebih meningkatkan keamanan akun. Seseorang akan menggunakan kemampuan tebakannya untuk mengetahui password anda, dan lebih jauh lagi mungkin akan menggunakan aplikasi khusus untuk mencoba menebak password. Tidak ada jaminan password anda aman 100% setidaknya tidak akan mudah untuk ditebaknya, dan jika kemungkinan dapat ditebak mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Menggunakan password dengan mencampur antara penggunaan angka dan huruf, mungkin akan sangat sulit dibiasakan. Tapi percayalah langkah ini lebih aman dibanding menggunakan password dengan hanya huruf saja atau angka saja.

2. Minimal total 8 karakter baik huruf atau angka.
Jumlah karakter yang biasanya dapat digunakan minimal 6 sampai dengan 8 karakter. Untuk meningkatkan rasa aman, minimal gunakankan 8 buah huruf dan angka. Kembali akan terasa kesulitan untuk selalu mengingat password dengan kombinasi angka dan huruf kemudian jumlahnya 8 buah. Mungkin saja akan muncul ungkapan, jangankan orang lain yang ingin menebak password saya. Saya sendiri saja yang membuatnya kadang susah untuk mengingatnya. Bertahap sajalah, dan kemudian biasakan.. Bukankah password dibuat untuk memberikan batasan kepada orang lain agar tidak dengan mudah melangkahi garis privasi yang kita punya ?

3. Satu buah password yang berbeda untuk satu buah akun berbeda.
Beberapa waktu lalu sempat terlibat perbincangan dengan salah seorang teller bank. Beliau menganjurkan agar menggunakan password yang sama untuk internet banking dan password ATM. Ini menurut saya sangat salah sekali, karena jika menggunakan satu password yang sama untuk semua akun-akun anda, kemungkinan akun anda akan dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja yang cukup pintar untuk mengintip isi inbox email anda atau bahkan berapa jumlah uang yang anda simpan pada tabungan anda.


4. Pemilihan kategori untuk penggunaan password pada setiap akun.
Jika anda mempunyai kesulitan untuk menggunakakan satu password yang berbeda untuk setiap akun-akun anda. Mungkin dengan cara mengkategorikan password dapat lebih mudah untuk lebih mengamankan dan memudahkan. Misalkan; Anda mempunyai 2 akun facebook berbeda dan 2 akun internet banking pada bank berbeda.
Karena internet banking adalah akun yang sangat sensitif, anda menggunakan password yang sama dengan kriteria password anda terdiri dari 12 karakter campuran huruf dan angka, kemudian untuk 2 akun facebook yang hanya untuk bersosialisasi dan bermain poker anda menggunakan password yang sama yang terdiri dari 8 karakter campuran huruf dan angka.
Meski tidak begitu dianjurkan untuk akun internet banking menggunakan password yang sama dengan akun internet banking lainnya. Akan tetapi sama sekali tidak sama dengan password yang anda gunakan untuk akun facebook anda.
Semakin sensitif akun anda, dianjurkan semakin rumit juga penggunaan angka dan huruf untuk passwordnya.

5. Jangan pernah ditulis, usahakan untuk selalu diingat.
Ketika pertama kali menerima kartu atm kita diwajibkan untuk langsung merubahnya. Password/PIN Atm yang anda terima pertama kali dari Bank andalah pin pilihan dari bank yang katanya tidak sembarang orang mengetahuinya. Maka kita diwajibkan untuk merubahnya. Ada peringatan untuk tidak menulisnya dan dianjurkan untuk selalu diingat. Jika kita menulisnya ini dapat menjadi masalah dikemudian hari.

6. Secara periodik ganti password
Biasanya setelah 6 bulan sekali saya akan mengganti semua passsword yang saya buat pada akun-akun paling sensitif. Bukannya parno hanya saja merasa lebih aman dengan menggunakan password baru. Tidak lupa untuk memperhatikan butir-butir tulisan di atas.

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts