Home » , , , » Membuat file StandAlone Iso dari Tiny Xp.Rev 11

Membuat file StandAlone Iso dari Tiny Xp.Rev 11

Posted by Mang Udung Gaya on 06 Juli 2011

StandAlone Iso dari Tiny Xp.Rev 11 Semenjak mengenal Win TinyXp, instalasi window pada hardisk lebih asik menggunakan win TinyXp. Pertama kali menggunakan TinyXp ini pada rev.09 saat itu service pack update-nya masih paling terbaru pada Sp2.
Saat itu tidak menemukan website yang memberikan link download langsung selain dari forum atau torrent, mungkin “jarang” lebih tepatnya. Karena setiap kali menemukan link downloadnya langsung “disikat habis” oleh website penyedia penyimpanan (rapishare de el el).
Petunjuk yang paling berguna adalah file readme yang disimpan pada file iso setup win TinyXp ini. Disanalah petunjuk yang saya anggap paling lengkap, dan sering dijadikan postingan (copas mode) oleh website/blog yg merilis artikel mengenai window “ramping” ini.

Apa sih TinyXp ini ?
Saya akan sedikit review mengenai ini. Sedikit aja yaaaa…
TinyXP buatan seseorang yang mempunyai julukan Experience ini dibuat dari bahan setup window Xp profesional sp ter-update. Yang di dalamnya terjadi “reformasi” besar-besaran yang memutasikan beberapa (banyak) file yang dianggap tidak perlu untuk disertakan pada proses instalasi umumnya.
Contoh misalnya : driver modem dial up, hari gini masih pake dial up? driver ini tidak disertakan karena pada jaman ini metode internetan menggunakan sistem dial-up tidak layak pakai untuk pengguna komputer dan internet pada umumnya DI JAMAN SEKARANG. itu mungkin deskripsi asal yang mengumpamakan lahirnya TinyXP ini.
Karena sudah ditemukannya aplikasi-aplikasi yang meng-setup ulang file setup winXP pabrikan menjadi winXp versi masing-masing. Ambil contoh saja, winXP BlackEdition. WinXp jenis ini asal-usulnya sama yaitu membuat setup winXP versi berbeda.
Ah… kepanjangan nih..
Judulnya saja membuat file StandAlone Iso dari TinyXp. Rev 11. Kawan saya dari Bengkulu bertanya; berapa ukuran TinyXp ? saya bilang untuk revisi 11 ini menggunakan DVD 4G untuk membuatnya dalam bentuk DVDROM sebagai instalasinya. Dan mentahannya sendiri hanya 700 mega lebih dikit, jika diextrakan menghasilkan file-file setup yang totalnya mencapai 2,5Gb lebih.
Kawan saya ini bilang, kenapa dibilang TinyXp kalau ukurannya saja lebih besar dari ukuran file setupnya Xp pabrikannya ? Saya jawab lagi.. xixixixi TinyXp rev. 11 ini terdiri dari beberapa versi setup TinyXp di dalamnya. Ada versi TinyXp Beast Edition, Slimm Edition, Normal Full Setup, Normal with IE8 and WMP11 dan lain-lainnya.
Untuk saudaraku di Indonesia timur sana, ini daftar isi dari TinyXP rev. 11 ini.

TXPB-TinyXP-Beast-Edition-II-Unattended-Install.iso [287 MB]
XP01-Full-XP-Normal-Install.iso [523 MB]
XP02-Slimmed-XP-Normal-Install.iso [396 MB]
XP03-TinyXP-Rev11-IE8-WMP11-Normal-Install.iso [335 MB]
XP04-TinyXP-Rev11-Without-IE-or-WMP-or-Windows-Update-Normal Install.iso  [294 MB]
XP05-MicroXP-v0.86-Unattended-Install.iso [165 MB]
XP06-Full-XP-Unattended-Install.iso [523 MB]
XP07-Slimmed-XP-Unattended-Install.iso [396 MB]
XP08-TinyXP-Rev11-IE8-WMP11-Unattended-Install.iso [335 MB]
XP09-TinyXP-Rev11-Without-IE-or-WMP-or-Windows-Update-Unattended-Install.iso  [294 MB]
nah, ada 10 jenis setup dari TinyXP rev 11 ini kan ? belum lagi terdapat 3 iso untuk boot Sistem Operasi lainnya.
File iso di atas dapat kita gunakan terpisah dengan cara membuatnya menjadi file iso untuk masing-masing jenis TinyXP.
Caranya ; pastikan terinstall DAEMON TOOLS versi apa saja atau aplikasi sejenis yang dapat membuat virtual drive. DAEMON TOOLS dapat didownload misalnya dari website yang sering saya gunakan untuk download file update yg saya perlukan http://www.filehippo.com
Gunakan Daemon Tools ini untuk menjadikan iso dari TinyXP rev.11 ke sebuah virtual drive. Kenapa menggunakan Virtual Drive ? enak aja lagi, saya tidak menggunakan CD/DVD ROM kok. Ini alternatif jika menggunakan komputer tanpa CD/DVD ROM misalnya netbook atau komputer desktop yg CD/DVD ROM-nya sudah rusak! heheeheheh ya, seperti pc saya.
Untuk dapat memecahkan iso TinyXP ini, file iso harus berasal dari CDROM jika tidak ada CDROM, Gunakan Daemon Tools ini. Cara pakai aplikasi ini mungkin di postingan yang akan datang. Kalau tidak lupa, ini saja sudah pegel-pegel.
Ok, jika sudah siap. buka CDROM atau Virtual CD dari iso TinyXp ini, cari folder ISO. Disana terdapat daftar file bat. Double klik pada file bat yang namanya sesuai dengan iso yg ingin dibuat. Nantinya muncul konsol Window warna hitam atau biru, tunggu hingga selesai. Jangan menjalankan file bat bersamaan, tunggu satu hingga selesai dan window konsol DOS-nya akan menutup sendirinya.
Jika sudah selesai cari di drive C: jika berhasil di drive ini akan terdapat iso dari file setupnya.
Selesai!
Nanggung yach ? hehehe.. rencananya setelah ini saya akan mencoba apakah hasil dari file iso pecahan dari TinyXP ini dapat dibuat setup Flashdisc menggunakan aplikasi win2flash ? jangan sekarang yach ? tunggu saja… updatenya.. :) Jangan kemana-mana tetap di BUKAN EMPAT MAT.. egh ?
Silahkan cari info download TinyXp Rev.11 ini di http://retestrak.nl

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts