Artikel Terbaru

Home » , , , , » Cara Mudah Melacak Siapa Yg Meng-KLIK Iklan Adsense Blog ?

Cara Mudah Melacak Siapa Yg Meng-KLIK Iklan Adsense Blog ?

Posted by Mang Udung Gaya on 13 Mei 2011

Google Adsense bukan barang baru lagi bagi kita. Setuju atau tidak setuju adsense adalah Jaringan Iklan terbaik bagi para Blogger, sudah banyak yang berhasil dalam mengelola bisnis ini.

Yang mungkin awalnya bisa disebutkan bisnis yang tidak mungkin, tidak masuk akal dan buang-buang waktu. Kini mereka sudah menjadikan Adsense ini salah satu mata pencaharian yang bisa diandalkan.

Cukup, pembahasan mengenai Adsense ini dapat dilanjutkan dengan membaca di website lain atau beli bukunya di toko buku terdekat.

Hal yang paling ditakutkan oleh para pemilik blog Adsense adalah clickfraud, dimana clickfraud ini bisa saja dilakukan oleh siapa saja dan tidak menutup kemungkinan oleh pemilik blog sendiri atau saingan anda. Karena Google sangat keras dengan peraturannya, jika anda diketahui telah melakukan "klik" pada iklan Adsense di Blog sendiri. Google tidak segan-segan untuk "memecat" dan memasukannya ke dalam daftar hitam! Bagaimana jika dilakukan oleh saingan anda ? atau siapa saja yang ungkin iseng melakukan "klik" secara "membabi buta" pada blog anda ? tentu saja ini sangat mencemaskan, dimana ketika pendapatan sedang "hot" dari Adsense mengalir ke rekening Bank kita.

Cara menanggulangi siapa yg sudah meng-klik dengan sengaja dan dengan maksud yang tidak baik terhadap blog Adsense kita, mungkin bisa bertanya langsung pada support Adsense atau bertanya di Forum Adsense yang sudah anda kenal. Di sini hanya "sharing" cara melacak iklan mana yg diklik, IP (internet Protocol), dan dari negara mana.

Pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftarkan akun di StatCounter (http://www.statcounter.com) jangan takut, layanan ini gratis!
Kedua ; setelah sukses membuat akun StatCounter, silahkan membuat project (blog/website) cara ini mudah, anda cukup berbahasa inggris pasif atau siapkan translate.Google.com (jika malu bertanya dan tidak punya buku kamus) langkah membuat project ini sangat mudah, ikuti saja langkah-langkahnya dengan benar.
Jangan lupa memasukan nomor ip komputer kita. Wah ?? caranya gimana tahu ip komputer kita ? silahkan buka link ini (http://all-nettools.com) Kenapa harus dimasukan pada project di StatCounter ? Agar ip kita tidak dimasukan pada hitungan trafik website, jadi benar-benar yang dideteksi adalah ip pengunjung selain diri sendiri.

Setelah selesai membuat project, ikuti petunjuknya bagaimana cara memasukan code tracker Statcounter di Blog/website. Untuk Blogger bisa menggunakan javascript codenya dan untuk pengguna wordpress bisa menggunakan pluginnya.

Setelah terinstall beres ? tunggu sampai ada visitor datang di blog atau kalau ingin efektif tunggu satu atau dua hari saja, bisa data-datanya sudah terkumpul cukup banyak.

Login ke Statcounter, klik Project Blog/Website, kemudian alihkan perhatian pada menu sebelah kanan, cari menu link dengan nama "Exit Link Activity", klik saja link tersebut.
Nah,.... karena yg kita tuju adalah siapa yg klik iklan adsense ? ketika diklik maka akan membuka halaman lain, EXIT LINK di sinilah data visitor direkam oleh StatCounter.

Kemudian klik kaca pembesar di sebelah tanggalnya, untuk melihat data lebih lengkap..

kini anda tahu darimana saja visitor yang sudah meng-klik iklan adsense di blog. Jika terjadi klik yang berlebihan atau ada unsur kesengajaan untuk klik iklan blog dengan tidak wajar, anda bisa mencatat nomor ip-nya kemudian dimasukan pada blacklist ip di Cpanel website (control panel website berbayar) atau menggunakan javascript code untuk para pengguna blogger (free hosting)

Selain menggunakan Statcounter, saya sarankan anda juga menggunakan Google Analytics untuk pelacakan lebih lengkap dan akurat.

Kurang jelas ? koment saja... saya bukan penulis yang baik, tapi ini tulisan yang terbaik yg bisa saya tuliskan...

Baca : Realita Adsense Cupu

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts