Artikel Terbaru

Home » , , » Artav Internet Security bukan murni buatan sendiri..

Artav Internet Security bukan murni buatan sendiri..

Posted by Mang Udung Gaya on 22 Februari 2011

Beberapa waktu lalu sempat memposting mengenai ARTAV Internet Security - Antivirus Free Download yang dibuat oleh seorang anak SMP dan mendapatkan juara pertama untuk lomba anti virus lokal terbaik.

Agak sedikit terkejut dan kecewa, malam ini membaca artikel dari Detik.com bahwa Artav Anti Virus ini ternyata sebagian menggunakan hasil karya orang lain.


Sang bocah pun mengakuinya bahwa Artav Antivirusnya menggunakan beberapa source code dari Moch. Aly Shodiqin pemilik aplikasi anti virus al Virus Scan.

Dan sang pemilik aplikasi al virus scan tidak berkeberatan untuk meminjamkan source codenya pada Artav. Pembuat Artav berjanji pada versi update-nya nanti akan mencantumkan nama Aly Shodiqin pada aplikasi Artav.

Menyikapi hal ini, terdapat banyak pro dan kontra (dan yg golput pun ada juga! aka idem) saya lihat pada komentar baik di web detik atau di web artav sendiri.



Ada yang menghina seporadis! ada yang menyindir tapi banyak juga yang memberikan support untuk terus mengembangkan aplikasi Artav Internet Security tersebut.

Mengingat (mungkin) pengakuannya yang jelas tertulis pada website resminya Artav yang menyatakan bahwa aplikasi Artav menggunakan source code dari beberapa feature yang "dipinjam" dari aplikasi antivirus lainnya.

Tidak lupa sang penyelenggara kontes antivirus lokal pun terkena komentar-komentar sindiran yang cukup pedas. Tapi dibalik semua itu Ival yang pemilik anti virus Artav perlu diberikan jempol (seperti facebook) karena kejujuran yang Ival ungkapkan (akhirnya) ke publik melalui website resminya Artav membutuhkan keberanian yg luar biasa. Jarang loh polemik seperti ini, seseorang muncul dengan beraninya mengakui kesalahannya secara jantan.

Untuk Ival, maju terus... kembangkan .. anda masih sangat muda, lewati semua tantangan yang ada. Saya yakin di masa yang akan datang, jika anda mau, anda bisa membuat antivirus murni buatan anda sendiri.

reff:

http://www.artav-antivirus.com

http://www.detikinet.com

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts