Pusing 7 keliling stadium IX

Setelah web mamang kenak "hacked" kini yang tersisa adalah kerjaan update-update plugin saja plus edit template karena masih standard. yuk upgrade wordpress-nya! sebab beginilah kalau tidak diupgrade, beginilah alasanya kenapa harus diupgrade, ada "lubang" keamanan yang bisa digunakan orang-orang pinter untuk masuk dan mengambil alih akses admin pada account wordpress, bukan pada cpanel. untungnya...

Ketika tahu web kenak "hacked" orang langkah pertama adalah reset password. Reset password di wordpress seperti biasanya langsung mengirim "link reset" ke email administrator yang dimasukan ketika pertama kali instalasi wordpress. Curiga emailnya engga datang-datang, kemungkinan emailnya sudah diganti.
Mamang langsung khawatir, dan langsung khawatir dengan account cpanel-nya. Nah ini dia semakin bahaya coy! Buka perusahaan hostingnya dimana mamang "ngontrak" hostingan, masuk ke client area, ok aman ! account cpanel belum berubah.
Nah login ke account cpanelnya, dan masuk. Untuk mendapatkan account wordpress kembali, langsung buka phpmyadmin, cari tabel user kemudian klik structure.. sep! hihihihi ternyata semuanya sudah diganti, passwrd, username, email, etc. Buru-buru diganti lagi..

Yang tersisa hanya kerjaan update sana sini....

Komentar