Artikel Terbaru

Home » , » Membuat file favicon untuk blog atau website

Membuat file favicon untuk blog atau website

Posted by Mang Udung Gaya on 13 Juni 2009

Mempercantik blog tidak ada habisnya.. bukan..! bukan..! menempelkan segala sesuatu yang dianggap perlu untuk membuat blog anda lebih "cantik" dari sebelumnya, hingga blognya menjadi "berat" loadingnya... memakan waktu hingga 10 menit untuk menampilkan keseluruhan halaman depannya saja, hingga teman anda yang dipaksa "invite" lewat link yang diposting di salah satu social bookmark tersohor, langsung nge-close blog anda sebelum masuk menit ke-5.

Apalagi ketika jam koneksi anda masuk pada radius jadwal waktu sibuk yang costumer support dari ISP anda menenangkan anda ketika anda berteriak-teriak "lambat!" di telepon dalam rangka komplaint, menyebutnya hal yang wajar karena sedang waktunya "peak time" atau lebih jelasnya pada jam sibuk dimana semua orang dalam jaringan internet anda sedang getol-getolnya mengakses internet hanya untuk mengecek account facebook.


Mudah membuat favicon dengan menggunakan Adobe Photoshop, jika anda sudah menganggap kalau aplikasi image terkenal ini sebagai mainan setiap hari mungkin hanya beberapa menit setelah menentukan image yang akan dibuat favicon langsung jadi. mmhhh...
Kalau tidak ? ada alternatif lain, banyak malah... bisa minta tolong sama teman, atau colong saja punya orang, dan lain-lainnya. Alternatif favourite saya adalah dengan menggeunakan online favicon generator.. artinya dengan menggunakan situs saja.. tinggal upload mungkin ada oprek sini dan sana, jadi deh tinggal download saja.

Banyak website yang menyediakan pelayanan seperti ini tanpa kita harus mengupahnya atau gratisan... ok buka Google.com masukan keywordnya seperti ini saja "favicon online maker" tentunya tanpa tanda kutip yaaa...

Nah muncul banyak pilihan website servicesnya... ok saya ambil salah satunya saja yaitu http://www.favicon.cc/ kenapa ambil url yang ini ? karena 1. tidak perlu register 2. gratis! 3. layoutnya enak! 4. mamang emang pengen milih yang ini aja, gitu aja kok repot!

Nah website ini, setelah kita import image dari komputer kita. Bisa langsung diedit, apa itu diperkecil, dibikin transparant background dan lain-lain. Selesai mengedit, untuk menyimpan di website favicon.cc ya register saja.. tidak mau ? coba gunakan http://www.myfavatar.com/ upload saja ke sana...!

Sekarang cara memasangnya adalah cukup memasukan code dibawah ini di template website/blog anda, di antara code <head> ... </head>

save, beres dech....

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts