SAYA KIRA HARI INI HARI MINGGU


Tadi pagi ketika bangun tidur, saya pikir hari ini hari Minggu. Masih pada posisi tidur ke samping, lalu memindahkan bantal menutupi muka dan mencoba memejamkan mata lagi. Masih tidak mau tertidur lagi, meskipun mata tertutup mencoba untuk memastikan hari ini benar hari Minggu ? Tersadar akhirnya setelah mencoba mengingat kejadian kemarin dan jelas kemarin adalah hari Jumat. Teringat kejadian yang khas terjadi pada hari kemain, ya Jumatan. Begitu cara otak saya untuk mengingat sesuatu hal, mencoba untuk merekonstruksi dengan merunut kejadian-kejadian yang sudah terjadi. Setidaknya mungkin itu salah satu caranya. 

Kadang kejadian yg baru saja terjadi terlupakan sama sekali. Misalnya saja kalau dalam perjalanan dari rumah ke kantor. Rute yang sama baik pulang maupun pergi, tulisan di jalan, bentuk bangunan yang terlewati dan beberapa kejadian di jalan masih teringat saat tiba di tempat tujuan. Kadang terjadi lupa, pada bagian rute dari suatu pertigaan jalan ke perempatan jalan selanjutnya yang tidak begitu jauh. Tidak bisa mengingat apa yang terjadi diantaranya, lupa sama sekali. Padahal dalam perjalanan itu saya mengendarai kendaraan. Aneh saja rasanya hal-hal yang seharusnya ingat malah lupa sama sekali, padahal waktunya baru saja terjadi dan sangat pendek.

Iseng-iseng untuk mencari artikel yang berhubungan dengan "lupa". Sedang "mood" mencari ide dan bahan tulisan, tapi tidak terlalu berat. Hanya mengisi waktu saja, agar hari sabtu itu diingat jadi hari yang sempat secara sadar terlupakan. 

Apa yang terjadi dengan otak manusia ketika lupa, dan apa penyebabnya seseorang bisa lupa. Menurut artikel yang ditemukan, lupa itu wajar karena belum sampai kepada ingatan jangka panjang atau memang tidak fokus untuk mengingat hal tersebut. Bahkan disalah satu artikel menuliskan ; meski kapasitas otak manusia itu sangat besar, tapi ketika ada informasi terbaru masuk maka otak akan membutuhkan ruang baru untuk menyimpan hal yang dianggap penting dan memilih informasi yang dirasa kurang penting untuk "dihapus", kurang spesifik dan jarang diingat kembali. Makanya informasi ini pun akhirnya digantikan dengan informasi baru.

Pagi Hari Mendadak Lupa? Hati-hati! Lupa Jam Segini Bisa Jadi Firasat Akan Kehilangan menurut Primbon Jawa

Berbagai Penyebab Anda Mudah Lupa serta Cara Mengatasinya

Mungkin Ini Alasan Kamu Sering Lupa

Komentar