HASRAT DAN TULISAN

Menulis
image from Debby Hudson at unsplash.com

Lucunya, terakhir menulis di blog ini tepat satu tahun yang lalu. Saat itu agak cemas karena sudah satu tahun ke belakang (juga) tidak menulis apa-apa di blog ini. Sepertinya menulis di blog ini setiap satu tahun sekali. Miris, tapi lucu juga kalau diingat-ingat. Terakhir menulis sedikit terpaksa, hingga akhirnya mencari ide tulisan lewat sebuah lagu tentang kota kelahiran, Bandung.

Diakui mencari ide tulisan hingga menjadi sebuah postingan di blog semakin susah saja. Ini pun tergerak usai membaca tulisan Babonya di Cinto Kasiah Hingga ingat dengan blog sendiri yang sudah lama dilupakan.

Mencoba mencari ide menggunakan teknologi yang sedang ramai digunakan. ChatGPT gratisan, masih juga belum dapat. Bagi penulis, menulis itu selain butuh ide, juga butuh hasrat. Banyak dapat ide, kalau belum berhasrat melanjutkan dalam sebuah tulisan panjang. Hasilnya hanya deretan daftar kalimat saja. Berakhir mampir di benak saja. sudah.

Semoga ke depan ada ide dan hasrat untuk menulis, mengingat umut blog ini lahir semenjak tahun 2008, beberapa bulan sebelum diakuisisi oleh Google. Ada sentimentil sejarah yang terlibat, jadi sangat disayangkan kalau harus berhenti. Kenyataannya memang berhenti!

Usai mengsortir daftar blog bacaan di dashboard, ada beberapa yang sudah "musnah" hilang. Sampai domainnya for sale. Ada juga yang masih tampil meski terkahir update tahun 2016-2018. Tapi masih ada juga yang masih rajin menulis sampai saat ini. Ada satu blog yang tidak mungkin dihapus dari daftar bacaan (blog patrol). Beliau ternyata teman SMP dan kini sudah menjadi salah satu penulis idola saya,  MataKuBesar  suaminya seorang pelukis. Ada senang kendal kembali dengan beliau, semoga menjadi inspirasi untuk belajar menulis lagi.

Komentar