Home » » Tips Super Jitu Menghemat Batere Smartphone Anda

Tips Super Jitu Menghemat Batere Smartphone Anda

Posted by Mang Udung Gaya on 03 April 2013

Tips Super Jitu Menghemat Batere Smartphone Anda

Sengaja memilih judul mirip buku-buku karya motivator yang katanya engga begitu jelas, hahahaha!


Bagaimana cara membuat Galaxy Young kita hemat batere ? Banyak thread muncul berkutat seputar pertanyaan tadi. Bagaimana membuat smartphone kita ini hemat batere ketika paket internet semakin hari semakin murah? Dan dampaknya penggunaan smartphone bagi kita untuk tetap eksis di dunia maya semakin memperpanjang jadwal jam terbang online, keep up to date dalam berstatus di jejaring sosial.

Jadwal online yang panjang membuat smartphone kita berusaha untuk tetap "smart" dalam melayani ber-online-ria. Jelas dengan penggunaan yang terus menerus akan "mengenyot" (hahahaha) listrik pada batere. Selanjutnya kita akan dikondisikan untuk selalu rajin berbekal charger bahkan "terpaksa" membeli powerBank.
Sebelum melanjutkan pada BAB "trick" cara menghemat batere super jitu (kayak judul buku motivator!) kita fahami dulu kenapa batere smartphone kita cepat habis.

Kenapa sih baru juga di-charge full seratus persen, baru juga dipake baca status tetangga yang sedang digosipkan berselingkuh dengan pembantunya -batere langsung habis.... kenapa ? 
kenapa baru baca mention mantan pacar dengan pacar barunya belum selesai batere sudah sekarat!? kenapa? kenapa ? ohhhh kenaaaapaaaa.... (jijay sumpah!)

Jawabannya mudah, ya karena dipake atuh! meskipun dalam keadaan diam tidak dipakai. Penggunaan listrik batere ketika smartphone tidak dipergunakan tetap saja berkurang. Bedanya mungkin berkurangnya sedikit demi sedikit. Berbeda dengan smartphone yang tetap digunakan walau sedang dicharge. Sampai terpaksa cari posisi duduk paling nyaman sedunia apabila dekat dengan colokan listrik. Masih kurang juga, kadang saya menemukan orang yang sedang menggunakan smartphonenya di ruangan penuh dengan colokan listrik tetapi smartphonenya masih tetap terhubung dengan powerbank. Ini lucu! bener-bener lucu. Jadi konsep powerbanknya semakin absurd!

Powerbank diciptakan ketika smartphone kita secara gawat darurat butuh asupan listrik dan kita dikondisikan jauh dari colokan listrik. Misalnya di angkot, di bis kota, di hutan, di atas menara, di atas pohon, di dalam tenda... dimana saja ketika kita tidak bisa menemukan colokan listrik. Di sinilah powerbank berguna dengan sangat tepat.

Namun ketika powerbank digunakan di dalam kantor atau dirumah sementara colokan listrik banyak yang menganga tersebar ngangugur menanti untuk dicolok (hihihi?) Kita dengan teganya bersama dengan smarpthone kita yang tercolok pasrah pada powerbanknya. Tragis sekali..!! *geleng-geleng kuping*

Parahnya ketika smartphone loubet (baca: low batt) dan powerbank setianya juga sedang dalam posisi seret listrik alias kosong. Dengan tidak berperasaan peduli, kita masih saja berkutat dengan smartphone dan powerbank yang (juga!) akhirnya tercolok pada kotak kontak ditembok berdua.

Seakan tidak menyadari dengan perlakuan "menyimpang" akhirnya yang terjadi semakin parah. Teriak-teriak di forum nanyain aplikasi penghemat batere, pergi ke toko elektronik (masa ke kantor pos) untuk membeli batere baru yang katanya dobel power, beli lagi powerbank dengan alasan untuk cadangannya powerbank, dan semakin nekat dengan berbekal kotak sambungan kabel listrik di tasnya. Malah sempat mengajukan protes pada salah satu mall di kotanya dalam petisi untuk menyediakan colokan listrik di setiap toilet di mall. Akhir-akhir ini sudah keterlaluan dengan menanyakan harga genset portable, tau engga alat apa itu ? padahal selama ini yang dia tau kalau trafo itu diambil dari salah satu penemu adaptor, yaitu john trapo! ah... pokoknya parah lah...

Okey setelah panjang lebar, mari kita intip bagaimana cara menghemat batere smartphone, perlu diketahui ada beberapa tips yang bisa saja digunakan pada smartphone OS lain, tapi yang kita bahas kali ini smartphone dengan OS Android. Jadi jika ada kesalahan atau salah faham dalam mengartikan tulisan ini mohon jangan salahkan penulis yach. please dech! ikuti tips dan triknya dengan niat yang baik dan sudut pandang yang bijak.

1. Upgrade selalu dengan Firmware paling anyar (terbaru)
Meski pada kenyataannya untuk Samsung Galaxy Young ketika tulisan ini dalam proses, type dxma1 adalah versi stockrom paling anyar. Bukan berarti yang terbaru adalah yang terbaik dibanding yang lama. Ada yang sudah pernah pake dxma1 ? kalau anda wanita mungkin merasa cocok dengan adanya aplikasi khusus wanita yang terinstall secara default di StockROm ini. Akan tetapi, kenapa dianjurkan untuk selalu mengupdate pada system terbaru? ya logikanya sih kalau ada update terbaru pastinya ada kesalahan (bug)yang sudah diperbaiki pada versi sebelumnya kan ?

2. matikan Wifi mode ketika tidak sedang digunakan.
Buat pada pemburu wifi gratisan, perhatikan saja ketika wifi selalu on ketika tidak terpakai bandingkan apabila kondisi wifi off ketika tidak sedang dipakai. Terasa akan lebih hemat listrik.

3. Matikan Background Data
Menu ini ada di Setting - Account and Sync bisa dimatikan dengan cara kotak centangnya dikosongkan (uncentang) kecuali jika anda akan menggunakan Play Google Market bisa dinyalakan kembali. Dengan Background data selalu dinyalakan maka system akan melakukan sinkronisasi dengan server. Sebut saja Gmail, pada rentan waktu tertentu akan mengakses (dibelakang) untuk selalu memeriksa kotak inbox/spam dan lain-lainnya.

4. Bersihkan memory RAM sekali-sekali apalagi jika kita sudah menggunakan beberapa aplikasi sebelumnya dalam waktu yang tidak sebentar. Menunya dapat ditemui di Task Manager - RAM tab - tekan Clear! makan aplikasi yang berjalan dibelakang (tidak diexit) akan dimatikan oleh system. Selain menghemat listrik batere penggunaan clear ram secara berkala dapat ikut sumbangsih dalam rangka penghematan listrik batere.

5. Kurangi tingkat kecerahan layar smartphone anda.

Jelas sekali dengan mengurangi tingkat kecerahan pada tampilan layar di smartphone akan ikut mengurangi penggunaan listrik pada batere.

6. Matikan bluetooth
Ya jelas matikan saja feature seperti Bluetooth jika tidak sedang digunakan, akan terasa perbedaannya kok.

7. Matikan data jaringan internet jika tidak sedang digunakan, misalnya sedang pingsan.
Ini penting dan sangat berpengaruh dengan daya konsumsi listrik pada smartphone anda. Jangan mentang-mentang sinyak bagus dan tarif paket yang murah, koneksi internet terus dibuka. ingin hemat listrik tetapi tidak tahu caranya bagaimana. Menunya seperti ini urutannya... Settings - Wireless and Networks - Mobile networks - Uncheck Use packet data. Perlu diketahui penggunaan aplikasi yang banyak terinstall pada smartphone anda akan memungkinkan aplikasi ini berusaha untuk menyambung ke internet tanpa sepengetahuan kita.

8. Matikan fungsi GPS
Kita jarang menggunakan GPS internal dalam smartphone, tapi mungkin untuk sebagian orang lainnya selalu menggunakan feature GPS ini, dapat dimatikan jika tidak sedang digunakan. Menunya ada di :

Settings - Location and Security - Uncheck Use wireless networks and Use GPS satellites

9. Kurangi penggunaan live wallpaper, ini sangat berpengaruh dengan penggunaan listrik batere smartphone.

10. Matikan Audible Touch Tones and Selections
Settings - kosongkan centang pada semua centang yang berhubungan dengan Feedback (Audible Touch Tones, Audible Selections, Screen Lock Sounds)

Nah, saya tidak merekomendasikan untuk membeli batere cadangan, atau membeli powerBank ketika kita tahu persis apa yang menyebabkan borosnya penggunaan batere pada smartphone kita. Kebiasaan kita dalam menggunakan handphone yang harus berubah untuk dapat menggunakan smartphone sesuai dengan anjuran yang tertulis jelas pada setiap buku atau lembaran manual pada kardus boks smartphone.

Saya sudah menyeting smartphone saya sedemikian rupa, sedemikian canggih lengkap dengan beberapa aplikasi yang membuat smartphone anda semakin sakti. Tapi ingat semakin banyak feature yang tertanam di smartphone maka akan semakin banyak penggunaan listrik baterenya ketimbang dengan settingan & hasil default pabrikan ketika pertama kali membeli.

Sekian tips dan tricknya yang ternyata bukan ide original penulis, artikel aselinya dapat dikunjungi pada link di bawah ini. Perlu diketahui pada artikel orisinil terdapat trick untuk tweak fungsi-fungsi kernel.

Ingat jika ada permasalahan yang timbul sehubungan dengan smartphone anda, maka itu bukan tanggung jawab penulis. DO Your OWN RISK (hihihiih asik juga bisa nulis kayak gitu!) Tulisan ini hanya untuk iseng semata dengan niat berbagi pengetahuan saja. Apalagi jika ada yang nyolong smartphone anda itu mah jelas bukan tanggung jawab saya yach ?

originial idea from : http://adf.ly/2627338/trickntips

Image punya-nya http://www.amazon.com/DownloadAndroid-Battery-Saver/dp/B005K0L7ES

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts