Home » , , » HALAMAN LOGIN FACEBOOK PALSU

HALAMAN LOGIN FACEBOOK PALSU

Posted by Mang Udung Gaya on 07 Januari 2013

Masih ada hubungannya dengan Aksi penipuan Toko Belanja Online. Mungkin pernah dialami di jejaring sosial Facebook, akun kita di tag berbagai macam gambar dan postingan.Mungkin kalau photo-photo lucu atau postingan biasa sih mungkin tidak begitu bermasalah. Kadang ada yang aneh terjadi, akun Facebook teman tiba-tiba menjadi akun untuk berjualan barang. Dan nge-tag photo produk dagangannya ke ratusan akun teman yang lainnya. Ini wajib dicurigai.

Dan ternyata benar, akun teman saya ini sudah diambil alih oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab, entah bagaimana caranya sehingga bisa "login" ke akun Facebooknya dan mengupload puluhan photo dagangan elektronik kemudian meng-tag-kan ke semua daftar teman termasuk kepada saya. 

Awal-awal modusnya adalah mengambil alih penuh akun Facebook kemudian mengganti seluruh data-datanya dengan data palsu seolah-olah berdagang di Facebook. Kemudian modusnya berubah dengan cara tidak mengambil alih akun Facebook hanya dengan meng-upload photo saja dan nge-tag ke seluruh daftar pengguna Facebook yang sudah menjadi teman (friend).

Kenapa akun Facebook bisa di-Hack ? salah satu jawaban yang masuk akal adalah dengan cara mengumpan menggunakan halaman login Facebook palsu. Hati-hati dengan pemberian link yang tidak jelas baik itu dari email, sms, atau pesan inbox di Facebook. Bisa jadi link ini akan menuntun kita ke sebuah situs dengan tampilan halaman awal akun Facebook.

Seperti yang saya temunkan pada situs www.movo-girl.biz perhatikan gambar di bawah ini :


perhatikan lebih teliti pada address bar, ini BUKAN halaman Facebook ASELI


Dengan  tehnik seperti ini ketika kita "klik" tombol "masuk" maka username/email dan password/kata sandi akan terkirim ke sebuah alamat email, tentunya email si pembuat halaman PALSU ini. Dengan mudah oknum pembuat website ini mengumpulan banyak username dan password. 

Ketika tombol "masuk" diklik halaman akan dialihkan ke halaman login Facebook aseli, mungkin kita tidak curiga karena bisa saja beranggapan ada masalah dengan koneksi internet atau salah memasukan password, padahal kenyataanya username/password sudah terkirim ke alamat email seseorang yang akan menggunakan akun Facebook untuk tujuan lain.

Banyak orang beranggapan sepele jika berbicara mengenai Facebook, "Ngapain Facebookan ?" padahal Facebookan bagi sebagian orang dapat menghasilkan keuntungan, meski kenyataannya banyak orang pula yang menggunakannya untuk tujuan tidak benar.

Begitulah caranya para pelaku Toko Penjual Penipu mengambil alih akun Facebook seseorang untuk dijadikan media penipuannya. Kenapa harus menggunakan kun Facebook orang lain ? kenapa tidak membuat saja akun baru untuk dijadikan akun penipuan ini ? karena akun baru TIDAK mempunya daftar friend yang cukup banyak dan butuh waktu yang cukup lama untuk mendapatkan friend list yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan.

Menjebol akun Facebook dengan menggunakan halaman login palsu di dunia internet dikenal dengan nama : PHISHING


Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts