Home » » Ask: tolong SAMSUNG GALAXY-Y saya ERROR!

Ask: tolong SAMSUNG GALAXY-Y saya ERROR!

Posted by Mang Udung Gaya on 25 Desember 2012


Ask: tolong SAMSUNG GALAXY-Y saya ERROR! 
pertanyaan yang sering ditemui di forum.. ok kita dengatkan dongengnya dulu... Samsung Galaxy Young adalah smartphone android pertama yang dijual dengan harga dibawah 2juta dan menggunakan base OS 2.3 (Gingerbread) Dimana base OS ini dijadikan minimal spesifikasi yang dibutuhkan untuk menggunakan aplikasi di Google Play oleh para pengembang aplikasi Android. Maksud saya aplikasi dengan OS Gingerbread minimalnya dapat menggunakan banyak sekali aplikasi yang ada di  Play Google dibanding ROM Android lainnya.


Selama ini saya sudah tiga kali ganti custom rom dan stock rom di Galaxy Young. Tiga kali masih terbilang sangat biasa, ada kenalan yang lebih paranoid, setiap ketemu custom rom baru langsung dicobanya. Sampai saya sendiri penasaran itu Galaxy Young apa engga ancur ? 

Gonta ganti rom melulu? Katanya sih beliau tidak begitu khawatir dengan hobinya sering gonta ganti rom. Karena penasaran rom mana yang paling hebat. Kalau ada masalah dengan bootloop ya tinggal flash ulang saja via ODIN. Dalam hati saya hanya berani bilang, kalau nanti Galaxy Young-nya hardbrick nangis-nagis lah..

Tiga bulan terakhir ini banyak bertambah teman-teman dari berbagai macam profesi, ada yang ini ada yang itu, ada yang begini, ada yang begitu, ada yang di sana, ada yang di sini.  Dan karena itu sepertinya cukup layak dijadikan alasan kenapa jarang update blog. Sebenarnya tidak ada hubungan sih, sejarah rekor malas saya masih belum terpecahkan di antara teman-teman saya yang lain. 

 Dan teman saya menjelaskan, dasar-dasar agar intall via ODIN berhasil, harus lah lebih teliti dari biasanya. Jug perhatikan level baeter. Untuk install ODIN sangat disarankan ketika hendak di-flash pastikan rumah/kantor dimanapun anda melakukan flashing via ODIN level batere minimal 75% agar tidak terganggu ketika proses sedang berlangsung.

Saya  belum pernah kena hardbrick, amit-amit jangan sampe kejadianlah. makanya kalau sedang mencoba install cusrom baru sangat disarankan untuk bertanya dulu hal-hal yang belum dimengerti sebelum “menghajar” galyoung-nya. 

Dan sangat teliti membaca setiap langkah pada tutorialnya. Hal kecil saja yang terlewati atau bahkan karena kurang faham dengan langkah-langkahnya sering terjadi apa yang biasanya terjadi Bootloop. 

Dan kalaupun berhasil suka muncul masalah yang lebih “bete” yaitu nongolnya force close.
 Tidak ada pilihan enak kalau harus menjawab, pilih mana ? softbrick apa hardbrick Sama-sama masalah, dan mana ada yang mau kenak masalah, hanya menurut pengalaman saya softbrick dapat dengan mudah dikembalikan ke jalan yang benar melalui proses flashing via ODIN. Kalau hardbrick kemungkainan karena ada kerusakan pada hardwarenya. Hardbrick jarang terjadi kalau bukan misalnya pas proses flashing baterenya dikit sekali sehingga mendadak mati. itu salah satu contohnya. 

Kalau Galyoung kita sudah terpasang rom yang cukup bagus dan cocok dengan kita, dan settingan romnya sudah maksimal pada Galaxy Young. Kemungkinan yang terjadi, karena hobi install puluhan aplikasi kadang akan terjadi gagal hardware, dan restart sendirinya. Wajar menurut saya, karena Galyoung tetaplah galyoung meski sudah diinstall rom yang paling hebat juga. 

 Galyoung dengan freq hanya sampai 825Mhz belum sampai 1Ghz pasti akan kewalahan ketika resourcesnya sudah penuh, aplikasi berjalan (background) juga bejibun. Kalau sudah begini akibatnya akan terjadi restart sendiri karena hardware GalYoung sudah tidak sanggup mengakomodir “kemauan” settingan rom yang terinstallnya.

Meskipun sudah menggunakan sdcard class 10 diisi dengan rom yang paling smooth menurut tutorialnya. Tetap saja Galaxy Young hanya ber-freq 835Mhz jangan harap bisa bertahan berjalan dengan mulus. Para master mod sudah membuat rom yang dimodifikasi dan disetting untuk lebih mengoptimalkan hardware, nah jika minta dilebih dari yang seharusnys disetting maka sering timbul masalah, retstart sendiri, lag/freeze, boros batere lebih parah dan lain-lain.

Jadi solusinya bagaimana nich ? saya sendiri masih belum berani kasih solusi pastinya. Yang jelas....

Jangan banyak install aplikasi, karena Galaxy Young dengan memory internal sekitar 200mb sudah disesuikan dengan spesifikasi hardware lainnya untuk dapat “bekerja” dengan optimal. Apalagi pemasangan widget yang sangat memboroskan resources hh  dan listrik batere.

Jika memungkinkan jangan menggunakan launcher, gunakan saja launcher yang sudah terinstall default pada rom. Memang penampilannya kurang bagus jika tidak menggunakan theme tapi akan sangat menghemat penggunaan memory dan resources..

Yang lucunya kadang ada keluhan kalau android ternyata sangat boros batere, ketika saya tanya ada berapa banyak aplikasi yang terinstall di smartphone androidnya ? wah, cukup banyak kang! nah itu dia, semakin banyak aplikasi terpasang semakin boros penggunaan listriknya. Dan akan semakin sering anda mengisi ulang baterenya. Nah, sepertinya layak juga ditulis di sini jika sudah menggunakan aplikasi misalnya aplikasi game, biasakan di exit/quit kan dulu aplikasinya. Jika langsung menekan tombol Home (yg tengah) maka aplikasi yang dimatikan dengan cara langsung menekan tombol home, ada kemungkain aplikasi tersebut masih berjalan di memory. Baru satu aplikasi, nah kalau lebih banyak ? akan banyak background proses yang berjalan tanpa kita tahu berakibat performa handheld (hp) akan semakin menurun.

Mengoptimalkan hardware dari samsung Galaxy Young bukan berarti “memaksakan” untuk menerima settingan melebihi kapasitas yang anda dengan kata lain “overclock”. Andaikata sudah di-overclock dan tidak terjadi apa-apa, berjalan dengan mulus. Tunggu saja ketika sudah mula memasang beberapa aplikasi lainnya. Dampak overclock yang langsung terasa adalah penggunaan listrik pada batere akan cepat habis. 

Mencoba ngutak-ngatik GalYoung tidak ada salahnya, asalkan tahu dengan resikonya dan teliti dalam membaca petunjuk instlasinya untuk menghindari bootloop dan forceclosed yang menyebalkan. hehehehe... Install romnya engga lebih dari 15 menit, install aplikasinya yg cukup membosankan... satu-satu harus diinstall manual.
 -----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Selanjutnya kita bahas di Jejaring Sosial Twitter aja yuk ?  ada saya sebagai host gaya...hehehehehe (@jhendriana) Mas 6puluh9 (@areyaaaa) Suhu-nya Cusrom Simply Young, ada um zenc (@zecn) Master-nya Cusrom Jeniper, dan Forum_GYoubg (@forum_Gyoung) untuk tanya2 lebih lanjut soal Galaxy Young... :)

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts