Artikel Terbaru

Home » , , , , , » CusRom Repencis v3 for GALAXY Y S5360

CusRom Repencis v3 for GALAXY Y S5360

Posted by Mang Udung Gaya on 10 April 2012

Mengganti STOCKROM SAMSUNG GALAXY Y S5360
Kalau sudah berhasil mengutak-ngatik sesuatu biasanya tidak akan berhenti hanya pada “percobaan” kali ke satu dan ke dua saja. Apalagi jika sudah berhasil dengan percobaan Mengganti STOCK ROM SAMSUNG GALAXY Y S5360 pertama menggunakan ROOTED STOCKROM (Original Rom yang hanya diroot saja) kemudian menggunakan Hybrid, Creed, dan ChobitsDigital keburu “kepincut” dengan Custom Rom hasil “oprekan” anak negeri. Namanya Repencis yang sekarang sudah sampai pada versi 3 (Tiga).


Custom Rom ini yang katanya menggunakan penggunaan memory lebih irit dibanding Custom Rom yang terakhir saya pakai. Hasilnya perpindahan antara menu pun cukup membuat saya senang. Selain motif background ala batik, menu Repencis Lab yang ada pada menu setting memuat aplikasi Apk replacer, Repencis Themes, Widget Notifikasi, dan Widget Battery line. Lihat coba saja nanti.

Pada Custom Rom ini, para pengembang Repencis berhasil menanamkan DSP Manager yang selama ini saya sendiri kurang beruntung mencoba diinstal pada Galaxy Young. Error Force Close sering terjadi jika “dipaksakan” diinstall pada Galaxy Young, meskipun sudah saya coba beberapa kali untuk menggunakan trick dan tips yang saya temukan di internet.
Repencis V.3 ini ada dua jenis, yaitu :

1. Versi Pro User (a2sd user)
Pada tulisan ini menggunakan versi Pro User dengan penggunaan wajib aplikasi a2sd. Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi yang sangat hobi menginstall aplikasi banyak pada Galaxy Young anda. Biasanya penggemar game android. Pada instalasi normal memory internal handphone akan tersisa maksimal 125mega, belum termasuk aplikasi lainnya.
Kalau saya sudah install aplikasi lainnya yang biasa saya pakai paling banyak sisa memori hangphone sekitar 25 mega. Nah menggunakan aplikasi a2sd ini, maksimal setelah Custom Rom diinstall (belum termasuk aplikasi lainnya) tersisa 196 mega pada memori handphone. Kegunaan aplikasi a2sd ini anda bisa “memindahkan” aplikasi yang biasanya “tidak mau pindah” dari memori handphone ke memory external (microSD). Akan dibahas pada lain waktu…

2. Versi Beginner User (non a2sd user or link2sd user)
Ya, kebalikan dari aplikasi prouser yang nantinya memori handphone anda akan tersisa sedikit. Dan ini membuat saya cukup “gusar” karena saya tidak bisa install aplikasi lainnya sebanyak yang saya inginkan. Dan saya tidak menggunakan versi yang satu ini.

Sekilas preview Custom Rom Repencis V.3 Code “TIGA” saya “comot” dari forum xda developer :
554109_3051449840376_1087140453_32415795_559493111_n
554109_3051449840376_1087140453_32415795_559493111_n
Peringatan : Pengembang Repencis dan Penulis tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan pada handphone anda dikarenakan proses ini. Disarankan untuk membuat cadangan semua isi memory handphone dan sdcard (external) dengan menggunakan aplikasi seperti TitaniumBackup, CWM Recovery atau sejenisnya.

Yang harus didownload :
1. Download CUSTOM ROM REPENCIS V.3 Code TIGA
2. Download CMW Recovery : CMW_bla_bla.zip
CMW recovery ini masih saya seperti yang saya pakai untuk Flash Custom Rom sebelumnya.

3. Download BetterTemPro.apk ; aplikasi ini adalah aplikasi untuk mengakses console terminal emulator pada Galaxy Young.

4. Terakhir dan tidak wajib, aplikasi ini untuk mengganti BOOT ANIMATION bawaan STOCK ROM ke BOOT ANIMATION-nya Repencis V.3 download di sini…

5. Yang beneran paling terakhir didownload adalah hehehehe…… MiniTool Partition Wizard Home Edition aplikasi gratis ini (versi home) akan membantu anda untuk membuat partisi kedua pada SDCARD anda. Caranya super mudah.
Jika SDCARD anda tidak ingin diformat ulang, anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat aplikasi kedua dengan cara memperkecil partisi yang sudah ada yang tentunya masih ada ruang kosong untuk dijadikan partisi baru.
Free Partition Software - MiniTool Partition Wizard Home Edition 7.1 Download Now! Size 10.5MB (Home Edition All Window Version)
Jika tidak ingin pusing dengan “mengatur” sisa ruang kosong pada memori kartu anda, dan ingin menggunakan SDCARD baru/baru format. Caranya dengan menggunakan aplikasi ini, hapus dulu semua partisi yang anda, kemudian buat partisi pertama dulu dengan jenis FAT32 kemudian sisanya baru dibuat untuk partisi yang kedua.

Biasanya Samsung Galaxy Young anda secara default sudah dibekali dengan kartu memory berkapasitas 2Gb. Mereka (penjual) bilang itu bonus seolah-olah bonus dari toko. Padahal bonus bawaan dari Samsung-nya sendiri. hehehehe.. Trik dagang brow..

Nah untuk kartu memori 2Gb saya menggunakan 300mega untuk partisi yang ke dua.
Pastikan partisi yang ke dua mempunyai spesifikasi : jenis ext2 atau ext3.

Okey, semua bahan sudah didownload, sekarang tinggal meraciknya…
1. Charge dulu Samsung Galaxy Y anda sampai penuh, kita tidak mau kan pada proses flashing Custom Rom terganggu gara-gara lowbatt.. :)

2. Backup data handphone dan kartu memory (SDCard) (wajib! kalau tidak tanggung resiko sendiri…)

4. Siapkan partisi ke-2 pada kartu external (SDCard) dengan jenis partisi ext2 atau ext3

5. Salin file-file ini ke memory card (SDCard) anda, CWM_bla_bla.zip, Repencis V3.0 pro-user.zip, dan BetterTermPro.apk menggunakan komputer via Cardreader atau dengan mencolokan handphone anda dengan USB yg terkoneksi dengan komputer.

6. Matikan handphonenya, kemudian nyalakan kembali ke modus recovery dengan cara menekan tombol volume up/+, tombol home, dan tombol power. Tekan bersamaan, kemudian tahan dan tunggu sampai ada tulisan Samsung Galaxy Young kemudian lepaskan.

Dilayar akan tampil seperti gambar di bawah ini:
100_0618 100_0618

7. Pilih menu “apply update from sdcard” dan pilih file bla_bla_bla.zip  kemudian tampilan menu recovery ClockWorkMod Recovery seperti gambar di bawah ini :

100_0619

8. pada menu ClockworkMod Recovery kemudian kita memilih menu “install zip from sd” berikut tampilannya …

100_0620

9. pilih menu “Repencis V3.0 pro-us” kemudian pilihan memastikan, Yes Install! biarkan proses berjalan, dan tunggu sampai ada tulisan “Instalation Complete, Enjoy!”


100_0622 100_0623

10. Setelah proses flashing selesai dan complete, menu tampilan akan kembali pada tampilan seperti di bawah ini setelah itu tekan tombol power 1 kali saja, untuk kembali ke menu awal, pada menu CWM Recovery pilih menu "do Wipe Data" dan menu "Wipe Cache Partition" kemudian pilih menu “Reboot system now

100_0624

11. Booting….

100_0626

12. Anda sudah mengganti ROM Samsung Galaxy Y anda dengan Repencis v.3

100_0628

13. REPENCIS V.3 Code Tiga

100_0632   100_0632

14. Wallpaper SUN CELLULAR ??? ini wallpaper bawaan Repencis loh… hehehehe

100_0631
REPENCIS V.3 Code TIGA
Android Version 2.3.6
Baseband Version S5360DXKL2
Kernel Version 2.6.35.7 dpi@DELL175#1
Build number
GINGERBREAD.DXLC1
Custom ROM Repencis v.30
Code Name TIGA
16. Mengaktifkan aplikasi a2sd (penting ini!) install aplikasi BetterTermPro.apk tadi yang sudah dimasukan ke dalam sdcard. setelah proses instalasi selesai jalankan aplikasi ini kemudian agar dapat mengetik perintah pada konsol terminal. Pilih menu Option kemudian Preference dan pilih Input Method dan pilih kembali Word based


Dalam terminal konsol, ketikan su <enter> untuk mengaktifkan apa yg akan anda ketikan mempunyai akses root. kemudian ketikan kembali a2sd cachesdreset <enter> handphone akan me-reboot sendirinya.

Sabar… tunggu sampai booting selesai dan masuk kembali ke aplikasi Better Terminal Emulator ketik su <enter> kemudian a2sd reinstall <enter> nah….. sabar lagi… handphone akan merestart sendiri.. tunggu sampai booting selesai dan anda bisa memeriksa manajemen memory terdapat memory internal telepon yang belum terpakai 196MB.

Sampai sini proses flashing menggunakan custom rom Repencis v.3 sudah selesai.. jika ada yang belum faham silahkan bingung sendiri atau mengirimkan kekesalan anda di kolom komentar.. hehehe. Jika masih ada yang gagal wajar saja, saya juga gagal sekali dan mencoba kedua kalinya baru bisa. Jadi jika terjadi kegagalan coba flash ulang dari awal.

Jika ada informasi lainnya seputar CUSTOM ROM Repencis V3 ini bisa langung menghubungi para “jagoan” pengembangnya yang ada di forum dan facebook di bawah ini,..


Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts