Ini Keahlianku apa keahlianmu ?

Ini-Keahlianku-apa-keahlianmu Apa keahlian anda ? Seperti apakah kemampuan yang anda miliki dan anda merasa lebih nyaman untuk melakukannya tanpa harus memikirkan jika ada orang lain di luar sana yang melebihi kemampuan anda.

Keahlian yang anda lakukan dan anda sedikitnya merasa berhasil untuk mewujudkannya. Setidaknya satu banding 10 dari keahlian anda yang anda sendiri mengaguminya. Merasa percaya diri dan yakin akan keahlian anda adalah modal dasar untuk terus berkarya.


Saya sempat membaca pada sebuah artikel buah karya salah satu entrepreneur sukses Indonesia, beliau menuliskan “Ketenaran dan Uang adalah efek dari keberhasilan” saya sangat setuju dengan pernyataan tersebut.

Apa keahlian saya ? langsung saja dalam benak saya teringat komputer jadul yang saya gunakan saat ini. Saya bisa komputer! tapi saya bukan sarjana di bidang IT. Isi otak saya memang tidak pantas dibandingkan dengan Sarajana IT yang perbandingannya mungkin tidak lebih dari 1 persen saja. Tapi saya bisa menggunakan dan memelihara komputer “seperti” Sarjana IT. Jaman sekarang orang tidak perlu harus belajar formal untuk dapat menggunakan dan memelihara komputer. Ya, seperti saya ini. Mungkin jika saya belajar untuk menjadi Sarjana IT ilmu komputer yang saya pelajar akan berurutan sehingga setelah satu kemudian dua dan tiga serta selanjutnya. Tidak otodidak seperti sekarang ini, berawal dari satu kemudian lima selanjutnya dua serta sembilan dan terus seperti itu.

Dulu sempat kebingungan, ketika melamar pekerjaan mencantumkan dapat menguasai komputer dengan baik pada lembar daftar riwayat hidup kemudian saya ditanya mana ijasahnya ? cilaka duwa belas..!! Karena level gengsi saya cukup memalukan maka saya tantang untuk melakukan pekerjaan menggunakan komputer. Waktu itu yang dimaksud adalah aplikasi perkantoran. Hasilnya cukup memuaskan. Tetapi tidak membuat kagum orang yang mewawancarai saya. Apa boleh buat ? cilok anget bulat-bulat. Tetap saja saya sukses ditolak gara-gara tidak adanya ijazah yang mendukung keahlian saya. Itu duluuu…. saya tidak punya ijazah untuk kemampuan komputer saya, sekarang ? tetep…!! hahahaha

Jadi apa keahlian saya ? Apakah karena gara-gara saya sempat terdampar selama 8 tahun di dunia warnet sehingga saya cukup dapat ber-pede-ria mengakui terhadap dunia jika saya cukup ahli menggunakan komputer ? ya !! pede aja lagi! saya cukup merasa percaya diri, karena selama ini saya dapat membantu orang lain mengatasi urusan komputer dan internet. Modal keahlian saya yang serba pas-pasan tanpa didukung lembaran kertas ijazah, cukup untuk saya dapat bertahan hidup. Hanya karena menganggap saya cukup ahli menggunakan komputer dibanding dengan orang-orang yang sudah saya bantu selama ini. Dan di sanalah tanah air beta… egh… maksud saya di sanalah saya mendapatkan rejekinya.

Jadi keahlian saya adalah saya cukup bisa menggunakan pengetahuan saya dalam urusan komputer untuk dapat menyokong kehidupan saya selama ini. Belum dapat dikategorikan berhasil, karena saya sendiri jujur saja belum merasa berhasil. Mungkin ada suatu saat nanti jika saya sudah tidak tahu malu memaksakan mengsejajarkan diri dengan seorang entrepreneur yang saya kagumi dan selama ini saya terus ikuti artikel-artikel hasil karya beliau. Untuk urusan seperti ini membayangkan untuk dapat berhasil seperti beliau mungkin belum termasuk berkhayal yach ?

Semoga saya masih dapat merasa percaya diri untuk dapat terus melanjutkan hidup sebagai orang yang berkeahlian. ciee…! lebay pisan!

Komentar

  1. hhi... keahlianku sih sebenernya cuma desain grafis.. yg hampir sama mang ceritanya..

    dulu aku sempet ngelamar kerja di prusahaan advertising,, nah aku pede tea ngelamar kesana soalnya di koran di sebutinnya yg nguasain corel sm sotosop,, kalo cuma itu sih aku bisa, da sering megang.. nah, begitu dapet panggilan.. dapet tuh giliran wawancara.. kaget tuh yg nanyak, kok gak kuliah bisa desain.. trus jurusannya SMA lagi.. yaa, mungkin dulu wawasan aku ttg desain blum banyak.. soalnya baru lulus SMA 1 thn.. jadi pas giliran ngisi pertanyaan2 yg di kasih.. aku jawab setau ku ajah.. dan ternyata.. gagal mang.. hha..

    beberapa bulan kemudian.. aku dapet orderan nih dari temen anak DKV.. bikin desain poster, banner, spanduk, logo di jaket, sm video slide foto.. yg beda2 dan musti beres dalam 3 hari.. kalo buat aku sih gak susah.. nah.. di kerjain tuh orderan.. pas udah beres.. c temen nyuruh nganterin ke tempat nyetaknya.. pas di liat alamatnya sm kyk tempat dulu ngelamar.. eh.. bener dehh.. ternyata tempat dulu ngelamar kerja.. pas di kenalin si yg punya orderannya + yg mpunya percetakannya yg dulu ngewawancara aku.. wkwkwkwkw.. bodor jadinya.. aku malah ditawarin kerja disitu.. ngakunya sih lagi kekurangan orang.. hhe.. sayang nya aku udah kerja di warnet temen.. jadi ku tolak ajah.. hhe..

    nah, itu pengalaman ku.. apa pengalamanmu..?/

    BalasHapus
  2. opay celanannya sobek :komen meni panjang
    jul: nepi ka kaselek urang dahar opak maca tulisan kamu jul

    BalasHapus
  3. jadi inget lembur, parunten ah ngiring ngalangkung

    BalasHapus

Posting Komentar

Hatur nuhun...