Artikel Terbaru

Home » , , » Siapa pencuri koneksi wifi internet saya ?

Siapa pencuri koneksi wifi internet saya ?

Posted by Mang Udung Gaya on 14 Mei 2011

Lucunya melihat admin yang celingukan kebingungan ketika akses internetnya yg dipancarkan via wifi terasa lambat sekali, padahal tidak ada pengunjung rumah makannya.

Karena putus asa tidak mendapatkan tersangka yang dimaksud, maka jalan terakhir adalah mematikan modem.

Nah, ketika pengunjung langganan rumah makannya mulai berdatangan terpaksa koneksi internetnya dinyalakan kembali.
Sesekali celingukan di lapangan parkir samping rumah makannya, "keukeuh" mencari tersangka padahal dia belum mencobanya. Apalah masih ada yang nebeng akses internetnya atau tidak.

Akses internet gratisan khusus yang dipasang pada rumah-rumah makan sekarang ini menjadi fasilitas tambahan untuk dapat menarik pengunjung. Parahnya ada beberapa lokasi yang sama sekali tidak menggunakan akses password untuk berinternet, sehingga menjadi sasaran akses internetan gratis.

Apalagi biasanya di lokasi/spot seperti ini mereka (rumah makan) menggunakan paket internet dengan akses yang lumayan kuenceng!!

Bagaimana jika kita ingin mengetahui ada "penumpang gelap" yang mengakses secara diam-diam koneksi wifi ? Cukup mudah, bandingkan pengguna "resmi" yang anda ketahui, misalkan di rumah anda menggunakan wifi. Ketika rumah sedang kosong dan anda yakin bahwa anda hanya sendirian mengakses wifi via laptop anda, bandingkan dengan jumlah alat/komputer yang terkoneksi dengan wifi router-nya..

Login saja ke wireless router -> klik menu Wireless dan klik menu Wireless Statistics. Mungkin pada beberapa merk wireless router akan berbeda tampilan dan lokasi menunya. Saya menggunakan wireless router merk TP-LINK (soalnya lumayan murah..! hihihihi)

Tampilannya sebagai berikut :

Liat pada Currnet Connected Wireless Stations Numbers, berapa jumlah orang yg terkoneksi pada wifi anda, baik itu komputer atau handphone. Nah, kalau sedang banyak-banyaknya yg sedang mengakses wifi mungkin kurang mudah dilihat, bandingkan jika memang tidak ada yang sedang mengakses, tapi ada beberapa Stations yang terkoneksi, ini terlihat pada menu Wireless Statistics.

Cara penanggulangannya ?

Gunakan fasilitas Security Key dengan WPA2, jangan menggunakan WEP. Karena WEP sangat mudah untuk menembusnya.

Menu keamanan ini ada di : Wireless -> Wireless Setting -> Wireless Security.

Gunakan WPA atau WPA2 PSK.

Sekali lagi gunakan key dengan menggabungkan kombinasi huruf, angka, huruf kapital, dan KALAU default-nya jumlah key yg diperbolehkan 8 karakter, gunakan lebih dari 8 karakter.


Sudah aman kah wifi anda ??


Tidak! belum 100% aman!! setidaknya dengan cara menggunakan sistem keamanan yang benar akan memperkecil kemungkinan tertembusnya wifi dari "penumpang gelap"


Semoga bermanfaat..

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts