Lebih teliti memilih plugin untuk blog wordpress

Beberapa hari ke belakang, saya bertemu dengan kawan lama pemilik perusahaan hosting yang lumayan cukup senior di Kota Bandung.
Perbincangan seputar kisah kawan lama yang "lama" tidak terlibat dalam perbincangan.

Sampai akhirnya kami membahas mengenai pengguna wordpress yang rata-rata digunakan untuk program Adsense dari Google.

Pembicaraan semakin menarik ketika masuk pada bahasan beberapa kasus dimana klien hosting mengajukan komplain karena weblog mereka tidak dapat diakses alias error. Apa penyebabnya ? penggunaan resource cpu server hostingan yang tidak terkontrol karena ketidak-fahaman pengguna hosting dalam menggunakan plugin wordpress. Yang menyebabkan website shared hosting mereka tidak dapat diakses karena cpu server overload, sementara bandwith yang mereka pakai masih tersisa cukup banyak.

Menjadi perhatian lebih bagi pemilik perusahaan hostingan untuk memperhatikan dan memberikan konfigurasi khusus untuk klien shared hosting pengguna wordpress.

Karena ingin mengejar target trafik dari pengunjung, banyak pengguna wordpress menggunakan plugin-plugin wordpress yang bersifat menggunakan resource cpu server yang berlebihan. Menurut kawan saya ini, sebaiknya pengguna wordpress yang dioptimalisasikan untuk mendapatkan penghasilan dari program Adsense, sebaiknya menggunakan VPS server.

Alasannya selain resouces cpu tidak terbagi dengan klien lainnya, katanya alogaritma Google sepertinya lebih memperhatikan website dengan 1 unik ip address daripada website dengan menggunkan shared hosting untuk weblognya. Meski belum yakin benar apakah benar pernyataanya begitu, tapi ada baiknya untuk lebih dipertimbangkan.

Selain itu muncul masalah lainnya, menggunakan VPS server anda harus mengocek dompet anda lebih dalam dari pada menggunakan hosting shared, ya VPS lebih mahal dari pada shared hosting.

Jadi pemain wordpress yang ingin mencoba-coba menggunakan plugin wordpress untuk lebih berhati-hati dalam menggunakannya, karena jika plugin tersebut menggunakan resource cpu hostingan secara berlebihan ada kemungkinan hostingan anda akan mengalami gangguan tidak bisa diakses. Kecuali jika anda menggunakan VPS server untuk hostingan wordpress anda.

Komentar

  1. Saya belum terlalu bermasalah untuk hal ini...
    Dan selama ini aman2 saja...
    Makasih sharingnya

    BalasHapus
  2. jasa buat account google adsense hanya 30rb, berminat? call/sms 02168936593, stelah account jd.. baru bayar

    BalasHapus
  3. Marsudiyanto : terima kasih atas kunjungannya...

    Liqo : no thank you!

    BalasHapus

Posting Komentar

Hatur nuhun...