Home » , » Jebakan Alamat situs di Facebook menggunakan free short url

Jebakan Alamat situs di Facebook menggunakan free short url

Posted by Mang Udung Gaya on 29 Maret 2011

Ya, saya juga kena ! hehehhehe
Karena menggunakan komputer saya langsung menyadari kehadiran status baru di akun Facebook saya tanpa saya buat sendiri.

Kalau menggunakan handphone mungkin harus klik beranda atau home dulu baru tahu... kalau ada status terbaru yg "dibuat" secara otomatis. :D

 


 Gara-garanya adalah status seperti ini :

  • jangan salahin w kalo lo bakal ngakak ngeliat ni orang http://tinyurl.com/***pahh
  • hiks..hiks..hiks..barusan mampir dari http://goo.gl/***vc KEREN bgt swearr.. buruan...mampir
 Jika anda menemukan salah satu status teman atau siapa saja pada akun Facebook seperti di atas, jika anda klik maka akan terlahir status baru pada akun Facebook anda. Kenapa bisa otomatis ? link yang menggunakan free short url itu menggunakan code javascript seperti ini :

http://m.facebook.com/connect/prompt_feed.php?display=wap&user_message_prompt='<script>window.onload=function(){document.forms[0].message.value='pesan';document.forms[0].submit();}</script>
nah untuk kata pesan dengan dcetak tebal dan miring diganti dengan kata-kata yang bisa dibuat sendiri. Pada link yang beredar di status Facebook isi pesannya adalah status itu sendiri. Dengan otomatis status ini akan tersebar otomatis di akun orang yang mengklik link tadi..

Kode-kode di atas saya dapatkan ketika saya coba untuk membuka link tersebut dengan menggunakan browser lainnya yang tidak sedang saya gunakan untuk mengakses akun Facebook. Jadi jika anda penasaran apa yang ingin anda lihat dari tampilan setelah meng-klik link jebakan tersebut, gunakan browser yang tidak sedang mengakses akun facebook.

Karena setelah saya penasaran mencobanya dan saya juga terkena jebakan. Saya coba membukanya dengan browser lain. Karena pada browse lainnya saya tidak sedang mengakses akun facebook maka tampilannya adalah login facebook versi mobile.

Jangan login! anda bisa jadi korbannya, hehehehe... tutup browsernya, buka browser baru dan login seperti biasa,,,,

Script diatas bisa langsung mengupdate status pada akun Facebook kita karena kita sendang mengakses akun Facebook (login), jadi kalau kita tidak sedang mengakses akun Facebook kita maka script diatas terhambat dengan halaman login Facebook.

sample url http://tinyurl.com/check-identify  (jangan diklik..:P hehehehe....)

Scriptnya didaftarkan ke free short url seperti tinyurl.com, untuk lebih memperpendek kode javascript-nya sekaligus menyamarkan deretan kode tersebut menjadi sebuah link yang lebih sederhana dan tidak mencurigakan.

Kasus ini langsung muncul di Detik mengenai jebakan betmen ini...

Jangan coba-coba untuk membuatnya yach ? mamang tidak bertanggung jawab akibatnya nanti.. postingan ini hanya sharing pengalamans sesama korban jebakan konyol ini... hehehehehe

Tapi tidak semua url short yang dibuat status di Facebook merupakan jebakan seperti ini, caranya ya coba dengan meng-klik link tersebut dengan tidak mengakses akun Facebook pada browser yang sama... :D


Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts