Artikel Terbaru

Home » , , , » Ninite PC Setup - Instalasi banyak aplikasi hanya dengan satu instalasi

Ninite PC Setup - Instalasi banyak aplikasi hanya dengan satu instalasi

Posted by Mang Udung Gaya on 13 Februari 2011

No toolbars or junk. No clicking Next. Just the apps you want, fast.
Komputer sering terkena virus, dan sering install ulang window. Iseng instal-instal aplikasi yang membuat penasaran dengan kemampuannya, dan akhirnya aplikasi yang tertanam pada komputer sangat penuh sesak.

Registry acak-acakan, file temporary yg sudah menumpuk, tabrakan aplikasi yang membuat salah satu aplikasi tidak berjalan mulus.
Atau kejadian yang lebih aneh adalah terhapusnya file system yang dapat membuat komputer berprilaku ajaib! dan vonis akhirnya adalah format ulang!

Format ulang komputer tidaklah sulit, beberapa hari lalu saya memaksa seorang kawan yang ingin install ulang window-nya karena aplikasi grafis favourite-nya tidak bisa diinstall. Ayo, install saja mudah kok, install window secara kasarnya hanya mempunyai modal berbahasa inggris pasiv dan tekat Yes, No, Next, dan Ok. :D
Install ulang komputer yang paling mengesalkan adalah proses instalasi aplikasi-aplikasi pendukung selain OS itu sendiri dan Aplikasi keperluan bisnis (Office). Seperti browser, plugin browser, aplikasi kompresi, pemutar musik, film, aplikasi pendukung system seperti DotNetFX, DirectX dan kawan-kawannya.
Ada sedikit solusi yang bisa membantu untuk menyelesaikan kegiatan yang membosankan ini, maksud saya sedikit adalah benar-benar sedikit karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Ok intronya terlalu banyak yach ? tidak apa-apa dech, biar jelas...

Ninite - Easy PC Setup : adalah website yang dapat membantu untuk membuat satu buah aplikasi instalasi untuk banyak aplikasi yang ingin anda installkan pada komputer. Bingung ? tenang,... apabila anda hendak menginstall beberapa aplikasi yg notabene jumlahnya banyak pada komputer anda, nah website Ninite ini dapat "sedikit" membantu anda untuk menginstallkan beberapa aplikasi dalam satu kali install.

Hanya ada dua syarat penting yang harus dipenuhi, dan ini mutlak :

1. Komputer anda harus terhubung dengan internet.
2. Koneksi yang anda miliki harus mendukung, karena semakin banyak aplikasi yang ingin anda gabungkan dalam satu installer semakin lama prosesnya jika tidak didukung oleh kecepatan internet.

Step by step-nya tidak begitu sulit, karena ide postingan ini berasal dari postingan kawan maka diakhir postingan ini akan saya cantumkan juga agar lebih jelas. (padahal males! xixixixi)

Mudah sekali, anda tinggal buka web Ninite - Easy PC Setup.. pilih aplikasi yang ingin anda gabungkan untuk instalasi..  kemudian klik Get Installer... nah langsung dikirim file downloadnya... sesudah itu tinggal double-klik file yang didownload tadi dan.. mulai proses instalasinya... (automatic download dan install) tinggal duduk yang manis dan berharap koneksi anda sedang dalam keadaan sehat wal afiat.. :p

Tidak semua aplikasi yang biasa anda installkan ada pada daftar aplikasi pada website Ninite, jadi jika aplikasinya tidak ada berarti harus download sendiri dan install sendiri.. Memang ada form ajuan untuk mengusulkan aplikasi yang anda inginkan agar dapat masuk daftar, tapi butuh waktu kan ?

website Ninite : http://ninite.com/
postingan ini ngejiplak ide postingnya Aaheroe (yg penting bukan copas ya gan ?!)

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts