Home » , , , » Mencicipi Linux Tanpa harus merubah isi hardisk anda

Mencicipi Linux Tanpa harus merubah isi hardisk anda

Posted by Mang Udung Gaya on 16 Februari 2011

Linux, apa sih ? Linux itu Sistem Operasi seperti window yang biasa anda di hampir setiap komputer yang anda temui dan gunakan. Seperti window xp, seperti window 7 seperti window 98 dan lain-lainnya.

Apa bedanya Linux dengan sistem window yang saya pakai ? satu perbedaan yang paling umum dan banyak diteriakan adalah : Open source alias Gratisan! anda tidak perlu dikhawatirkan dengan lisensi yang harus anda beli. Tinggal install dan pakailah...



Kendala yang paling ditakuti adalah tampilan item dan semua perintah harus selalu diketikan. Nah, tidak jaman sekarang.. Linux sekarang sudah user friendly; baik untuk instalasinya ataupun untuk penggunaannya. Untuk pembahasan kenapa linux menjadi sistem operasi alternatif bisa ditanyakan kepada mbah google untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut di blog-blog tetangga.

Di sini mamang akan sharing bagaimana kita mencicipi Linux tanpa harus mengutak-atik isi hardisk atau window yang sudah ada. Kebetulan Sistem Operasi yang saya pakai adalah Linux Ubuntu 10.10. Di sini kita akan menggunakan flashdisk sebagai medianya.
Kronologinya, sistem operasi diinstallkan pada flashdisk menggunakan aplikasi UnetBootin, kemudian flashdisk disiapkan sebagai "hardisk portable" dengan mengarahkan booting komputer pada usb flashdisk ini.

Siapkan dahulu bahan-bahannya, antara lain ;

1. Flashdisk minimal 4Giga (2Giga juga bisa, hanya saja tanggung..)
2. Iso file dari Ubuntu 10.10 ukurannya 600mb+(download di www.ubuntu.com)
3. Download UnetBootin versi win, dan installkan pada komputer anda (download di http://unetbootin.sourceforge.net)

Pertama,

Installkan Download, install, dan jalankan Unetbootin.

Kedua,

Setelah dijalankan, unetbootin tampilannya kurang lebih seperti ini ;


- Jika anda memilih checklist Distribution maka file iso akan didownload langsung dari websitenya, sesuai dengan pilihan nama Distribution dan version-nya.

- Nah, karena saya sarankan untuk download iso file-nya dahulu maka pilihannya checklist Diskimage, pilih ISO kemudian sorot menuju file iso yang sudah didownload di komputer anda. Pastikan Type : USB Drive dan Drive-nya; pilihan dimana iso linux berada..



Setelah itu tekan tombol OK, tunggu hingga proses selesai..

Sesudah itu, jika sudah selesai ada pilihan tombol untuk restart komputer anda atau cancel, jika anda ingin mencobanya lain kali saja..

Ketiga,

Colokkan usb flashdisk anda, kemudian restart komputernya. Pada saat booting, masuklah pada seting bios komputer dengan menekan tombol del, pindahkan booting priority pada usb ATAU pada saat booting tekan F12 (pada sebagian komputer tidak sama) kemudian pilih usb removable untuk booting.

Keempat,

Jika tidak ada error lainnya yg terjadi, mungkin dikarenakan tidak kompatiblenya hardware komputer anda atau karena motherboard tidak bisa booting dari flashdisk, anda sudah masuk pada tampilan depan ubuntu 10.10


Pilih, "Try Ubuntu withour any change to your computer" kemudian tunggu sampai tampilan seperti di bawah ini ;


Dengan cara ini anda bisa mencoba mencicipi Linux Ubuntu, yang ternyata sudah hampir mirip dengan Win, hanya mungkin nama-namanya yg berbeda dan letak menunya yg lain. Karena sudah terbiasa dengan win masalahnya mungkin karena kurang familier saja kan ?

Aplikasi Openoffice sebagai pengganti Microsoft Office yang selama ini sudah melekat penggunaanya dengan kita, sebagian besar aplikasi sudah "tergantikan" pada linux, mungkin ada beberapa aplikasi khusus yang masih belum ada versi linux-nya.


Ingat selama menjalankan aplikasi linux pertable ini, jangan sekali-kali mencabut flashdisk yang sedang dipakai untuk sistem operasi ini dijalankan, kemungkinan yang terjadi bisa merusak flashdisk anda atau bahkan komputer.

Setidaknya setelah selesai menggunakan linux, untuk mematikannya anda cukup geserkan mousenya pada arah kanan atas tampilan pada monitor, klik logo yang bulat kecil di posisi paling kanan atas (pojok) pilih Shut Down... nanti ada tulisan memerintahkan anda untuk mencabut flashdisk, cabut saja kemudian tekan enter.. selesai..

Selain ubuntu 10.10, beberapa Sistem Operasi lainnya yg support untuk diportable-kan dengan menggunakan UnetBootIn. (lihat daftar Sistem Operasi)

Jika ingin memulai kemabli window anda, cabut flashdisk, nyalakan kembali komputernya... beres dech!

Sebetulnya semua penjelasan ini terlalu singkat, untuk informasi lengkapnya bisa dirujuk pada site di bawah ini ;

info & picture : http://unetbootin.sourceforge.net
info : http://www.ubuntu.com
picture : http://zenbuntu.com/30-reasons-why-ubuntu-is-here-to-stay/
picture : http://www.makeuseof.com/tag/5-packs-to-transform-windows-to-other-os/
picture : http://www.thefinestwriter.com/blog/10-ways-to-pimp-your-pc/

Awalnya Ubuntu memberikan dengan cuma-cuma CD installer/live-nya dengan cara mengajukan permitaan secara online melalui websitenya, kini sudah tidak lagi hanya menyediakan link downloadnya saja, tapi kubuntu (saudaranya Ubuntu) masih memberikan cd installer/live-nya secara cuma-cuma, silahkan isi formulirnya di www.kubuntu.com

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts