Di mana Download Driver Motherboard Model G31LM ?

Kalau diperiksa menggunakan perintah "dxdiag" pada Start -> Run, tidak banyak informasi yang didapat mengenai model motherboard. Sebaiknya perhatikan pada tulisan Model ZX-G31LM, kode ini sama dengan apa yang tertera pada papan PCB motherboardnya.

Sempat hampir putus asa mencari driver-driver dari type motherboard ini, tulisan pada papan motherboardnya jelas ZX-G31LM, tulisan yang sama juga didapat pada hasil dari perintah dxdiag di command prompt.

Dari pengalaman beberapa waktu lalu, type ZX-G31LM tidak akan ditemukan di search enginge, kecuali jika tulisan ini kita perpendek menjadi G31LM maka akan banyak website yg memuat mengenai type motherboard ini. Baik itu forum atau website toko, banyak pula website yg memuat kata G31LM yang sebenarnya hanya tipuan saja (ini akan saya ceritakan mengenai result search engine dari website tipuan)

Ada yg menuliskan kalau motherboard ini buatan Ampron ada juga bilang kalau ini buatan Biosstar, malah ketika saya coba menghubungi toko komputer dimana saya membeli motherboard ini, mungkin buatan extreme ?! lah ? Karena jarak yang cukup jauh hanya untuk menanyakan driver yg cocok untuk motherboard type ini, saya pikir saya harus dapat sendiri dari internet.

Banyak Jalan menuju Roma, kawan!

Itulah yg saya pikirkan, sebelumnya saya coba minta bantuan kawan via YM untuk mencari driver dari motherboard atahadol ini, sang kawan pun ikut kebingungan. Sampai saya sempat cari pakai beberapa search engine.
Ok, cukup! muncul penyakit iseng dengan modus putus asa untuk menggunakan driver lainnya, dengan syarat menggunakan merk yang sama. Pertama, karena prosesornya juga menggunakan chipset intel maka saya download drivernya dari intel, hasilnya ? berhasil! semua chipset driver terdeteksi dengan sukses.

Saya coba dengan Driver VGA dari Nvidia, menggunakan driver nvidia keluaran terakhir, berhasil juga! kini tampilan resolusi monitornya semakin jelas.
Dengan semangat 45 saya coba download driver-driver lainnya ; seperti LAN, Modem Internal, dan Soundcard. ya! semuanya berjalan lancar...

Wah lucu juga yach ? maka saya sebut motherboard generic, yang setelah saya periksa ternyata buatan China.

Ya sudah, sekarang komputernya sudah berjalan seperti biasanya...

Untuk sesama tukang ngoprek komputer yang mendapat jatah memperbaiki komputer dengan type ZX-G31LM, tidak salah untuk mencoba sesuai dengan saran saya.



Atau jika memang punya driver bawaannya motherboard ini, bisa share atuh!

Komentar

  1. sama... asli pening guwe nyari drivernya

    BalasHapus
  2. Sudah gunakan cara saya ? cek merk soundcard, vga, dll... download dari website resmi perusahaan soundcardnya... misalkan realtek.. download langsung dari sana versi terbaru, installkan saja.. bisa kok.

    Nah, yang chipset intelnya doanload langsung dari website intelnya untuk chipset driver mereka, sesuaikan slotnya (mendekati) bisa kok.... saya sudah coba

    BalasHapus
  3. kemaren pas saya install win7 suara dari speaker sama sekali ngga keluar kenapa ya? tolong di bantu ya

    BalasHapus
  4. untuk menggunakan win7 pada motherboard ini sebetulnya saya tidak rekomendasi. Ada beberapa solusi yg bisa anda lakukan :

    #beberapa hari lalu saya mendapat pertanyaan dari seorang kawan yg menggunakan win7 tapi tidak menggunakan motherboard jenis G31LM ini. Kemungkinan ada crash driver dengan program yg terinstall pada komputer anda. Saran saya install ulang driver soundcardnya, dengan cara klik kanan My Computer -> Properties -> Hardware Properties pada bagian soundcard/audio driver klik kanan kemudian remove.

    Siapkan cd driver anda pada cdrom atau ingat2 folder dimana driver soundcard berada pada komputer anda.

    Arahkan dan sorot pada driver dimana driver soundcard berada. Dengan cara ini anda meng-install soundcard driver tanpa install soundcard software utility-nya, jadi yang diinstall murni drivernya saja.

    Jika meminta untuk merestart, restartlah... kemudian periksa kembali apakah sudah bisa keluar suara atau belum.

    jika belum keluar suara, saya sarankan anda memeriksa hardware soundcard anda...

    semoga bermanfaat, thx

    BalasHapus

Posting Komentar

Hatur nuhun...