Artikel Terbaru

Home » , , , , » Migrasi ke Ubuntu 10.10 try out!

Migrasi ke Ubuntu 10.10 try out!

Posted by Mang Udung Gaya on 05 Desember 2010

Sangat terlambat untuk menulis Ubuntu yang ternyata "Fans"-nya cukup banyak di Bumi Nusantara. Beberapa hari lalu Acer Aspire 4315 mamang "dipasang" os "baru" Ubuntu 10.10.
Mudah sekali instalasinya, proses instalasi Linux Ubuntu sudah mengalami banyak perubahan GUI-nya sangat familiar. Bisa dikata, sudah seperti windows cukup klik yes n no !
Browser yang digunakan hampir sama dengan yang digunakan pada operasi system windows.
Browser opera, Firefox, dan Chromium (Chromenya Google). Untuk messenger ada Pidgin dan Emphaty, bahkan skype pun sudah ada versi linuxnya.
Dan beberapa vendor driver hardware pun sudah dapat terintegrasi dengan baik pada Ubuntu ini. Awalnya mamang khawatir dengan modem 3G Global yang berbentuk Express card buatan GT Ultra Express, setelah dicolokan di ACER, Ubuntu langsung mengidentifikasikan dengan baik dan setupnya lancar!

Ubuntu for Non-Geeks: A Pain-Free, Get-Things-Done Guide Ubuntu 10.10 Essentials Ubuntu Linux Bible: Featuring Ubuntu 10.04 LTS

Beberapa software windows yang belum ada versi linux-nya seperti Metatrader (trading tools) Google Sketchup dan lain-lain dapat diupayakan dengan menginstall Wine atau VirtualBox pada Ubuntu. Dan hasilnya ok! koneksi dan sharing hardwarenya lancar.

Satu hal yang masih mengganjal adalah seting koneksi wireless lan dengan pada jaringan dengan system akses wpa (desigh!!) masih belum bisa konek! kalau untuk setingan wep sudah lancar-lancar saja.

Tadi sudah mencoba beberapa aplikasi untuk wpa ini (setelah browsing sana-sini) tapi belum bisa dipraktekan. Mungkin besok, karena wireless lan di rumah menggunakan wep (tidak boleh diutak-atik, berabe!! hehehehe..)

Ubuntu Unleashed 2011 Edition: Covering 10.10 and 11.04 (6th Edition) Ubuntu 10.10, 4-Disks DVD Installation and Reference Set Ubuntu 10.10 Desktop Handbook

Ubuntu Desktop yang bawaanya menggunakan Gnome, bisa "obrak-abrik" tampilannya dengan tampilan yang diinginkan. Layaknya themes windows. Jadi, kesimpulannya, mamang menyesal kenapa tidak dari dulu menggunakan OS ini. hehehehe....

Super-fast and great-looking, Ubuntu is a secure, intuitive operating system that powers desktops, servers, netbooks and laptops. Ubuntu is, and always will be, absolutely free.



Web nya ubuntu ada di www.ubuntu.com bisa download, bisa juga minta cd-nya gratis !!!!

Sekarang aman deh, jalan-jalan ke Bandara.. heheheheh lagian ngapain jalan-jalan ke bandara, engga ada kerjaan!!

Portable Public Cellphones
(image dapat nyomot dari http://www.sailingscuttlebutt.com/)

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts