Artikel Terbaru

Home » , , » Krakatoa Last Days – Film Gunung Krakatau

Krakatoa Last Days – Film Gunung Krakatau

Posted by Mang Udung Gaya on 19 November 2010

Gunung KrakatauFilm gunung Krakatau ini awalnya mamang tidak pernah tahu, tidak sengaja jalan-jalan di Jalan Dalem Kaum (hehehehe… tahu sendiri tempat apa ini) nemu judul film Krakatoa (Krakatau). Wah, kok engga pernah ada review iklannya di TV yach ? Di internet sendiri tidak pernah ada. Mungkin karena tidak ada uang kembali, sisanya saya belikan film dvd ini.

Singkat cerita film ini sukses mamang tonton, selama nonton film ini tidak pernah lepas dengan garuk-garuk kepala tapi engga gatel. Pasalnya gunung Krakatau ini ada di Indonesia kan ?
Dalam film ini ada beberapa pemeran orang-orang Indonesia jaman 1828 dulu, tapi kok tidak ada kesannya seperti orang Indonesia yach ? Beberapa kali dialog bahasa Indonesianya terdengar rancu, meski pemerannya “mirip” orang Indonesia.

Seperti logat bule yang sedang belajar Bahasa Indonesia. Ada beberapa adegan yang meyakinkan kalau film ini dibuat tanpa ada “sumbangan” dari Negara kita ini, baik orang-orangnya maupun keterangan bentuk dari rumah-rumah rakyat Indonesia daerah pesisir jaman dulu. Beda pokok na mah lah….
Daripada tidak saya tonton, ya tonton aja dech.

Sambil nunggu cerita seram dari Radio di Bandung. Film ini menceritakan mengenai keluarga Belanda yang bekerja sebagai Kepala Bank Kapas di daerah pesisir paling ujung pulau jawa (kurang lebih daerah Ujung Kulon) Istri dari Kepala Bank Kapas ini sudah mendapat firasat untuk pindah ke lokasi yang lebih aman. Karena sudah sebulan lebih terjadi gempa-gempa kecil di tempat mereka. Sang suami tetep “keukeuh” tidak mengubris permintaan istrinya, karena jarak Gunung Krakatau dengan lokasi mereka lebih dari 30mil.

Apalagi dua minggu ke depan akan dibuka pasar kapas yang merupakan tugasnya dari pemerintahan Hindia Belanda waktu itu…
Seorang ilmuwan Belanda yang ada di lokasi yang sama dengan sang Kepala Bank Kapas ini baru menyadari akan terjadi letusan yang amat dahsyat dari Gunung Krakatau ini. Dulunya di pulau vulkanik ini terdapat 2 gunung lainnya selain gunung Krakatau, dan baru disadari ketika ilmuwan ini mendapatkan keterangan mengenai kejadian dahulu kalanya ketika Gunug Krakatau meletus dan emenghilang.

Ternyata, ketiga gunung ini termasuk gunung krakatau bukanlah 3 gunung yang berbeda melainkan rangkaian gunung-gunung kecil yang awalnya adalah gunung purba yang terbesar, dan berasal dari dari satu saluran magma yang sangat besar. Awalnya asisten ilmuwan ini menganggap kalau gunung Tambora mempunyai kawah yang paling besar di dunia dalam catatan jaman ini, ternyata masih ada gunung lain yang “sangat besar” dan mempunyai aktifitas yang tinggi ; GUNUNG KRAKATAU.
Movie effect pada film ini cukup menggambarkan kejadian saat itu, meski keukeuh… property jaman itu tidak sama dengan kenyataannya di Indonesia. Bentuk pedati (delman)-nya beda dengan yang saya tahu dari buku-buku sejarah, lebih mirip dengan pedati di jaman koboy di Texas sono. 

Apalagi beberapa adegan pergerakan lava-nya sama dengan clip yang saya temukan hari ini di web Discovery
Hari ini di Mbah Google mamang menemukan 2 link film mengenai Gunung Krakatau ini satunya yg diceritakan di atas (Krakatoa The Last Day) dan satunya (Krakatoa East Java) Sama-sama mengenai Gunung Krakatau, mungkin bercerita pada sisi lain. (harta karun?)
Sekarang Gunung Krakatau sudah tidak tampak lagi, berdasarkan kitab jaman dulu yg katanya sekarang ada di Negara Belanda (duh!?) Ledakan Gunung Krakatau menghancurkan badan Gunung itu sendiri.

Penduduk setempat dahulu menganggapnya “menghilang” dan ternyata kemudian muncul kembali dengan beberapa gunung di atasnya. Sekarang lebih mendapat perhatian adalah Gunung Anak Krakatau. aktif? ya!
Konon pada ledakan tahun 1828 Gunung ini mengakibatkan 1/3 dunia mengalamai kegelapan, seolah-olah hari menjelang sore selama beberapa lama. Dan suara ledakannya terdengar 3000mil sampai ke Australia.

Dan beberapa berita di afrika nun jauh di sana mengklaim kalau batu kapurnya sampai “jalan-jalan” ke daerah Afrika sana. Dahyat men…!!
Film Krakatoa The last Days ini merupakan rangkuman dari surat dan jurnal para saksi hidup saat itu…

reff :

http://lucyvee.blogspot.com/2007/12/10-on-tv-drama-sacrificing-fact-for.html (utk Gambar)


http://dsc.discovery.com/videos/krakatoa-volcano-of-destruction-loudest-explosion-ever.html



http://en.wikipedia.org/wiki/Krakatoa
http://www.volcano.si.edu/world/volcano.cfm?vnum=0602-00=

http://www.photovolcanica.com/VolcanoInfo/Krakatau/Krakatau.html


http://www.irfamedia.com/lampung/krakatau.htm


http://www.videovista.net/reviews/jan06/krakatoa.html (Film Krakatoa East of Java)

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts