Artikel Terbaru

Home » , , » Bandung Jaman Dulu Pisan

Bandung Jaman Dulu Pisan

Posted by Mang Udung Gaya on 29 November 2010

800px-Talaga_Bandung_PurbaPikiran mamang, mengenai Danau Bandung “purba” yang pernah ada di jaman 17 juta sampai dengan 23 juta tahun yang lalu itu surut karena kehadiran Sanghyang Tikoro. Gua Batu Kapur yang dipercaya di dalamnya terdapat sungai bawah tanah.

Sanghyang Tikoro sendiri mempunyai arti (kasarnya) Sanghyang : seseorang dengan kesaktian tinggi dan punyai darah titisan dari dewa. Dan Tikoro sendiri artinya tenggorokan. Kalau digabungkan mungkin aneh yach ?
Setelah browsing sana-sini terdapat beberapa artikel yang menarik yang mengungkapkan fakta bahwa : Danau Bandung Purba ternyata TIDAK bobol di Gua Sanghyang Tikoro, melainkan melalui proses erosi dari dinding danau purba itu sendiri, dan ini memakan waktu yg sangat lama. Danau ini terbentuk seolah-olah menjadi 2 bagian ; bagian timur dan bagian barat.

Pada jaman itu Danau Bandung Purba tercatat sebagai danau dengan posisi air tertinggi dari permukaan laut, 700mtr lebih.. Dapat dibayangkan sebuah danau hadi di atas gunung dengan kedalaman hampir 50mtr dan lebarnya dari timur ke barat antara Cicalengka sampai Rajamandala!!! dan dari utara ke selatan ; mulai dari Dago bawah sampai Majalaya !

citatahRajamandala sendiri yg kini terdapat banyak gunung kapur, dahulu merupakan daerah pantai dengan kedalaman yang cukup dangkal, sebelum pulau jawa seluruhnya lengkap muncul di atas permukaan laut.!!


Titik paling tengah dari Danau Bandung Purba ini adalah, perempatan Soekarno hatta dan Jalan Moch Toha (Cigereleng).

Kota Bandung, ternyata masih banyak cerita dan legenda yang masih belum diketahui orang banyak. Mamang juga baru tahu…

reff;
dieny.wordpress.com
su.wikipedia.org
sukasejarah.org
era90.blogspot.com
klipingkumincir.blogspot.com

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts