Withdraw dari Alertpay ke Rekening Indonesia

Alerpay Beberapa waktu lalu saya sempat merasa aneh, pembayaran invoice Hosting menggunakan account Paypal ditolak oleh Paypal, karena nomor kartu kredit yang diregistrasikan tidak dapat di-“link”-kan ke account paypal. Sebelumnya saya mengajukan penggantian kartu kredit dikarenakan kartu yg saya punya sudah rusak, dan patah. Diberitahukan oleh Customer Service kalau saya tidak dapat menggunakan kartu ini sementara secara fisik, ya jelas atuh –kan kartunya diambil sementara oleh pihak Bank untuk proses penggantian, TAPI untuk transaksi online masih bisa digunakan seperti biasanya.

Mungkin ada hubungannya dengan penggantian kartu sehingga pembayaran (send money) menggunakan account paypal saya ditolak ? Menurut teman, harus di registrasikan ulang, dan dari pihak bank sendiri menyarankan untuk menghubungi paypal mengenai masalah ini. Menyerah, akhirnya saya coba untuk registrasi ulang di account paypal. Dan masalahnya ketemu! kartu baru yang saya terima ternyata berubah dari data expire date kartunya –sehingga pada account paypal cukup mengganti tahun expire-nya saja. Dan account berjalan lancar kembali.

Awalnya saya malas untuk registrasi ulang karena proses validasinya memakan waktu 1 bulan untuk paypal memverifikasi data-data saya.

Lanjut topik sesuai dengan judul. Bagi yang mempunyai account alertpay ada 2 cara untuk mencairkan dana yang ada pada account alertpay anda. Pertama dengan cara wirebank via account alertpay. Dan cara yang kedua adalah menggunakan jasa money changer yang kurs-nya wuih…..!! USD $1 = IDR Rp. 7.000,- maka untuk pencairan Rp. 1.000.000,- akan menciut menjadi Rp. 700.000,- terlalu banyak yang hilang yach ? dan dari Alertpay sendiri yg paling saya tidak suka adalah fee transfer antar account alertpay itu ada! sedangkan paypal tidak ada! dengan perumpamaan di atas hilangnya untuk fee mencapai Rp. 300.000,- ini merupakan hampir dari 30% dari dana yang akan kita cairkan, terlalu banyak yach ? keuntungannya ? lebih cepat, dari pengiriman USD alertpay kita pada moneychanger dan rupiah menuju rekening kita, tidak memakan waktu 30 menit.

ALERTPAY- Bank Wire

Opsi kedua adalah menggunakan fasilitas wirebank. Saya sendiri masih bingung apa perbedaan wire bank dan transfer bank, lain waktu saja saya pikirkannya. Opsi ini caranya adalah memasukan data rekening bank kita (Indonesia) pada account alertpay, dan dari Alertpay sendiri akan langsung dikirim ke rekening bank kita. Fee ? ada jelas donk! sekitar $15 s/d $18 dan memakan waktu hingga 4 hari kerja.

Menurut teman, menggunakan opsi kedua ada yang harus diperhatikan, pada Bank dimana teman saya menggunakan rekeningnya untuk menarik dana dari Alertpay –dikarenakan pengiriman dari Alertpay masih berupa kurs Dollar USA maka untuk konversi akan disesuaikan dengan kurs yang berlaku pada Bank anda. Ini adalah perbedaan lainnya dari paypal. Kalau paypal langsung mengkonversi nominal dana yang dikirim ke dalam rupiah dan kemudian dikirim ke bank di Indonesia. Dengan ini kurs yang dipakai adalah kurs dari Paypal sendiri, bukan kurs dari Bank di Indonesia.

Dari beberapa cerita kawan saya ini, sangat diperhatikan untuk memeriksa hasil kiriman dari Alertpay ke Rekening kita, terutama berapa selisih yang dihasilkan dengan pencairan dana USD ke Rupiah pada bank. Pada rekening bank kawan saya ini, sempat terjadi kesalahan entah dari konversi ataukah pada sisi mana, yang jelas dari USD yang dikirimkan dari Alertpay ke Bank (kawan saya ini) terjadi hilang/terpotong dana yg cukup besar. Mungkin dari konversi mata uang akan dimaklumi tapi itu pun tidak akan terlalu besar.. Setelah dikonfirmasi kepada pihak Bank terkait, maka dana yang “hilang” itu akhirnya “kembali” ke rekening Bank kawan saya ini.

Karena rekening bank saya dan kawan saya ini berbeda dan belum banyak muncul artikel mengenai pencairan dana dari alertpay menuju rekening bank saya. Maka saya coba untuk menarik sebagian dana dari Alertpay, dan hasilnya belum dapat diketahui maksimal 1 minggu dari sekarang.

Beberapa data yang perlu disiapkan untuk meregistrasikan rekening bank pada account AlertPay adalah :

Nomor Bank ; untuk BCA menggunakan kode 014 (link)

Nomor Cabang Bank ; untuk BCA coba anda gunakan link ini.

Nomor Swift Code Bank : Beberapa bank ada pada link ini…

Sisanya siapkan juga :

Nama Lengkap Bank, Nomor telp (Cabang/Utama) Bank dimana rekening Bank anda dibuat, Rekening Bank anda (tentunya), dan yang terakhir nama pegawai bank yang dapat menerima panggilan apabila nomor telp yang anda masukan tadi menghubungi.. (agak susah yach ? lumayan jalan untuk berkenalan dengan customer service bank)

Sekedar berbagi informasi, disamping bingung ingin update blog tapi “clueless” aselina pisaaannn..!