Artikel Terbaru

Home » , , » Tips Belanja Online di Internet

Tips Belanja Online di Internet

Posted by Mang Udung Gaya on 01 Mei 2010

15247-visa Salah seorang pengusaha yang saya kenal (sengaja tidak ada namanya) menanyakan, untuk belanja online kan tidak semua orang punya kartu kredit, rekening bank apalagi paypal ?
Gimana cara pembayarannya ?
Apakah sepadan jika ingin membeli sebungkus rokok (misalnya) harus belanja online ?
Saya akan jawab pertanyaan yg terakhir saja dech ;
Masa hanya untuk sebungkus rokok saja harus belanja online ? bahasannya cukup luas bos. :D hehehe
Sisa pertanyaannya akan saya jawab pada tulisan dibawah ini, semoga tata bahasa mamang tidak bikin migrain.
Belanja Oline via Internet fungsi utamanya adalah mempermudah dan mempercepat proses transaksi. Ada keuntungan di kedua belah pihak baik dari pedagang maunpun dari pembeli.
Amankah ??

Aman!! seaman anda berbelanja langsung. TAPI aman disini juga relatif, serelatif kriteria aman transaksi langsung.

Beberapa tips yang bisa saya tuliskan disini berdasarkan pengalaman pribadi baik untuk transaksi kecil maupun transaksi dengan melibatkan jumlah uang yg tidak sedikit.

1. Teliti dari dengan siapa kita bertransaksi.

Periksa dulu siapa penjual dari barang yang akan anda beli online. Mungkin dari beberapa nama toko besar yang sudah “ada” di internet dengan reputasi baik. Mungkin ada beberapa toko yang mungkin baru terdengar di telinga anda periksalah alamat nyata-nya. Nomor telepon dan kontak penjualnya, disarankan toko yang mempunyai nomor fax dan mempunyai hot line numbernya nomor pstn/lokal sesuai dengan area tokonya.

Disarankan toko online dengan nama domain TLD (Top Level Domain) bukan dengan subdomainnya. Ini bukan berarti toko dengan subdomain tidak bisa dipercaya, hanya saja untuk ukuran toko online di internet masa sih tidak sanggup untuk mengeluarkan kocek dana pembelian domain dan hosting selama setahun untuk urusan bisnisnya ? Tapi ini tidak berarti toko dengan domain TLD dapat langsung kita percaya.

Untuk itu kita perlu mengetahui bagaimana caranya memeriksa domain sebuah toko online agar dapat dipertimbangkan untuk kita percayai.

Udung.com whois 
Silahkan anda buka alamat url ini :


alamat di atas adalah alamat web yang memberikan fasilitas gratis bagi kita untuk memeriksa keterangan dibalik domain

untuk lebih cepatnya anda bisa mengetikan seperti ini :


domaintoko.com = domain dari toko online yang akan anda periksa.

periksalah hasilnya, Nama pemilik, alamat, nomor telepon dan lamanya domain tersebut akan tertera lengkap. Periksalah adakah kesamaan dengan keterangan yang ada di toko online. Coba periksa toko online anda, pada halaman kontak, about, atau our locations adakah kesamaan ? adakah kecurigaan ?

Selain dari itu coba anda tanyakan kepada teman anda mengenai toko online tersebut, bagaimana menurut mereka ??

Ada juga transaksi online via internet tidak dengan toko online (Ebay.com), misalnya dengan seseorang yang anda kenal di forum diskusi atau di komunitas online lainnya. Sebaiknya jika anda tidak begitu mengenal seseorang ini, hindarilah bertransaksi online dengan seseorang yg bukan toko dan seseorang yang anda kenal baru di internet. KECUALI jika referensi teman anda bisa menjaminnya.

2. Perhatikan dan cermati kriteria barang yang akan anda beli.

Misalnya anda akan membeli 1 unit handphone dengan harga 1 juta padahal di pasaran harga handphone yang sama seharga 3 juta dengan kondisi sama-sama barang baru. Ini patut dicurigai, apakah barang yang akan anda beli itu benar-benar barang baru ? ataukah barang tersebut barang second dengan kondisi sesuai dengan informasi yang anda terima ?

Pertanyaannya : Kenapa barang tersebut dijual sangat murah jauh dibawah harga pasaran..?

3. Berkomunikasilah dengan penjual mengenai semua informasi yg terkait dengan transaksi.

Untuk memeriksa keberadaan penjual, ada baiknya hubungi via telp jika pada satu kota yang sama kenapa tidak kita datangi untuk lebih mempercaya jika ini adalah transaksi pertama anda. Minimal hubungi via email atau ajaklah online chat via messenger. Kebanyakkan toko online atau penjual perseorangan akan memberikan id messengernya.
news_skype_case_study

Berkomunikasilah, karena anda akan mengeluarkan uang anda kepada seseorang yg baru anda kenal untuk mendapatkan barang/jasa dari seseorang yang baru anda kenal.
Tanyakan mengenai cara pembayaran, pengiriman, garansi, alamat penjual dan lainnya.

4. Pilihlah system pembayaran yg paling aman bagi anda.

Pada umumnya pembayaran akan menggunakan transfer bank. Ini aman menurut saya jika anda berurusan dengan toko online yang sudah mempunyai reputasi baik dan sudah “online” sejak lama. Jika toko online anda mempunyai system pembayaran COD (collect on delivery) ini lebih menguntungkan bagi anda apabila lokasi toko online anda masih satu kota dengan anda.
online-payment
Menggunakan pihak ketiga ; pada forum/komunitas besar biasanya terdapat sub forum jual beli yang mempunyai system pembayaran menggunakan kas bersama. Pembeli mengirimkan sejumlah uang pada kas bersama yang dikelola oleh admin forum/pengurus website. Kemudian barang dikirim ke pembeli, dan penjual mendapatkan uang hasil transaksinya dari pengurus forum, setelah barang dikonfirmasikan sudah diterima baik oleh pembeli.

Untuk keterangan lebih lanjut anda bisa bergabung dengan forum Kaskus.

kaskus-black-wallpaper

System pembayaran menggunakan kartu kredit, ini yang paling disorot apabila membahas transaksi online. Toko dengan pembayaran menggunakan pihak ke tiga untuk bertransaksi dengan pembelinya adalah toko yang sangat disarankan. TAPI !! anda harus mengetahui pihak ketiga yang mana yang mereka pakai. Untuk Indonesia sendiri sejauh ini saya belum menemukan toko online milik orang Indonesia yang menggunakan system transaksi menggunakan kartu kredit yang saya anggap bisa menenangkan hati saya dalam bertransaksi.

Jikalau adapun saya akan memilih system pembayaran lain yang menurut saya lebih aman dan lebih murah.
Jika anda akan membayar transaksi dengan menggunakan kartu kredit, perhatikan toko online dimana anda akan bertransaksi. Perusahaan apa yang mereka pakai untuk mem-validasi data kartu kredit kita, ada perusahaan yang mempunyai system keamanan sendiri ada juga yang menggunakan system keamanan dari perusahaan lain.

online-payments 
Amankan data kartu kredit kita yang dimasukan ke dalam form-form di halaman websitenya ? ketika akan memasukan data-data kartu kredit kita pastikan alamat url toko tersebut mempunya Https bukan Http saja…
perhatikan huruf “s” (dalam warna merah) yang menunjukan bahwa halaman tersebut menggunakan system pengamanan Secure Socket Layer (SSL) keterangan apa sih SSL itu ? dapat anda kunjungi website di bawah ini :

Dan biasanya warna disekitar tulisan https ini akan berubah warna tertentu.

Capture 
Gambar di atas menunjukan bahwa halaman yang anda kunjungi mempunyai fasilitas keamanan SSL
Selama ini setiap saya transaksi menggunakan kartu kredit, saya menggunakan paypal. Karena di Indonesia paypal belum mempunyai kantor cabangnya, maka pada bill statement yg biasa saya terima setiap bulannya akan tertera tagihan dari negara Singapore. Sejauh ini, pembayaran online menggunakan kartu kredit yang saya lakukan setiap bulannya aman-aman saja.

5. Gunakan jasa pengiriman yang paling aman bagi anda

Perusahaan pengiriman domestik di Indonesia sangat banyak, tapi ada beberapa jumlah nama perusahaan yg bisa kita pakai untuk pengiriman barang transaksi kita yang bisa kita pakai dan jamin keamanannya.
Untuk pengiriman dari luar negeri mungkin hanya ada beberapa nama saja yg bisa anda percaya beberapa diantaranya ; DHL, UPS, EMS (via pos), dan Fedex. Dan biaya pengirimannya pun bervariasi. Beberapa perusahaan tersebut diatas mempunyai system tracking yang dapat mempermudah kita sebagai pembeli dan mereka sebagai penjual untuk mengetahui sampai dimana barang kita saat ini ?

Nah, lima poin di atas mungkin cukup untuk memberikan referensi kepada anda yang hendak bertransaksi online via internet. Dan mungkin masih banyak yang perlu dijelaskan lebih luas lagi mengenai transaksi yang aman via online di internet. Untuk itu saya buka pertanyaan apabila masih ada yang penasaran atau ada bagian yang tidak begitu jelas saya uraikan di atas pada kolom komentar di bawah tulisan saya ini.

Penjelasan di atas juga merupakan referensi bahan bacaan untuk transaksi online di internet dengan skala jumlah uang yang terlibat dalam jumlah terbatas. Untuk transaksi dengan skala jumlah yang besar anda memerlukan beberapa penjelasan lebih lanjut, demi keamanan transaksi anda. Dan terlebih lagi anda harus bertanya kepada yang lebih ahli.

Terakhir,..

Bagi pengguna kartu kredit yang ingin bertransaksi online menggunakan kartu kredit, ada baiknya membiasakan mambatasi pengeluaran anda dalam jumlah tertentu, misalnya dalam 1 bulan tidak lebih dari $25 dan usahakan tetap dibawah itu. Ini demi keamanan anda sendiri dan yang lebih baik dan merupakan yg terbaik bagi saya adalah ; anda mempunyai perjanjian tertentu dengan bank, apabila ada transaksi via internet menggunakan kartu kredit melebihi nominal tertentu, maka bank wajib menghubungi anda sebagai pemilik kartu kredit untuk mengkonfirmasi transaksi yang sedang berlangsung.

Berhubung tangan saya sudah pegal dan badan saya sudah berkeringat karena Bandung akhir-akhir ini doyan ber-suhu diatas rata-ratanya suhu Bandung. 

Maka saya cukupkan tulisan saya ini semoga membantu atau minimal menjadi bahan bacaan yg tidak membosankan.

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts