Artikel Terbaru

Home » , , , » 3 Alasan, kenapa anda harus menggunakan domain daripada subdomain

3 Alasan, kenapa anda harus menggunakan domain daripada subdomain

Posted by Mang Udung Gaya on 11 Mei 2010

belidomain Menggunakan domain sendiri (tld) dan tidak menggunakan sub.domain atau domain gratisan (biasanya ya sub domain juga) lebih meningkatkan kredibilitas website/blog anda.
Kata lain, menggunakan domain berbayar mendapatkan kepercayaan lebih dan tingkat “gensi” khusus dari penungjung –dan ini berdampak secara tidak langsung untuk mempertahankan traffik pengunjung.
Saya pernah jalan-jalan di pusat pertokoan, pada sebuah toko yang mempunyai lokasi cukup bergengsi di tengah kota.
Pada banner iklan toko tersebut dicantumkan alamat website yang menggunakan alamat domain gratisan. Website yang menggunakan domain ketika dibuka muncul begitu banyak banner dan popups.
Dan banner iklan yang muncul adalah kebijakan dari host penyedia website/domain gratisan sebagai kompensasi jika menggunakan jasa gratisan mereka.

Beberapa tahun terakhir ini bisnis domain dan hosting di Indonesia semakin pesat, dampak dari teknologi informasi yang tumbuh pesat di negeri kita ini. Ok, singkatnya persaingan di pasar jasa sewa hosting dan domain semakin ketat, terbukti dengan harga sewa hosting untuk 1 bulan saja ada yang mematok harga seribu rupiah per-bulan! belum lagi promosi-promosi lainnya berusaha untuk mendapatkan lebih banyak konsumen.
Jadi website/blog dengan tema website perusahaan atau blog bisnis sangat disayangkan jika menggunakan website/domain gratisan, akan kurang mendongkrak tujuan bisnis website itu sendiri.

Kecuali jika memang website/blog diperuntukan hanya web/blog personal yang tidak begitu mementingkan target profit –hanya untuk kesenangan saja. Bahkan sekarang ini banyak website pribadi yang hanya untuk senang-senang saja menggunakan domain dan hosting berbayar. Bingung ? kalau boleh saya katakan,”hosting dan website sudah murah-murah kok, masa sih tidak ada dana yang cukup untuk disediakan kalau memang ingin serius? apalagi blog/website untuk perusahaan….”

Alasan kenapa harus menggunakan domain dan hostingan berbayar ;

1. Menggunakan website/domain gratisan, sebenarnya anda tidak mempunyai blog !!
Misalnya pada Blogger ; kalau anda perhatikan perjanjian dengan blogger.com sendiri anda tidak mempunyai blog sepenuhnya, anda hanya mempunyai kontent/isi dari blog itu sendiri, itu saja. Dimana blogger dapat menghapus/merubah/membatasi dari penggunaan isi blog. Berbeda dengan hosting dan domain berbayar, ada transaksi sewa/menyewa antara anda sebagai konsumen dan perusahaan penyedia hosting. Dalam perjanjiannya sudah jelas (mungkin kurang diperhatikan) sewa dengan space berapa Giga, bandwith berapa banyak, kontrak sewa sampai kapan, dan lain-lainnya.

2. Menggunakan website/domain gratisan, jelas anda kurang mendapatkan kredibilitas.
Jika sebuah perusahaan/personal menggunakan domain dan website gratisan, kepercayaan dari pengunjung kurang. Kenapa ? ya karena website gratis! semua orang bisa membuatnya dalam waktu singkat. Siapa saja bisa membuat blog “perusahaan” atau blog “bisnis” dengan isi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan. Karena dunia internet lebih mendunia dan semua orang dapat hadir di internet.

3. Menggunakan  website/domain gratisan, kreatifitas anda tidak “bebas”
Pada website/domain gratisan anda harus tunduk pada peraturan yang ditetapkan oleh perusahaan penyedia jasa hosting/domain gratisan. Karena gratis anda tidak dapat “memasukan” semua ke dalam website anda. Berbeda dengan hosting berbayar, anda dapat “memodifikasi” website anda se-profesional yang anda inginkan. Mulai dari menggunakan tampilan dengan HTML yang sederhana sampai pada sistem CMS (Content Management System) yang paling canggih saat ini ; misalnya wordpress.

4. Menggunakan website/domain berbayar, mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization) lebih maksimal
Menurut apa yg mamang baca, SEO untuk domain (TLD) lebih baik dari SEO untuk sub.domain. Karena ranking tinggi yang didapat dari search engine untuk sub domain adalah tidak SAH !! kenapa ? karena rank-nya masih “nebeng” pada domain utamanya. kata siapa ? kata mamang atuh ! masa kata tetangga sebelah ?

Seperti mempunyai rumah dengan Sertifikat Hak Milik sendiri dengan mempunyai rumah sewa atas penggunaannya saja. Anda bisa membangun ulang, mewarnai dengan warna kesukaan anda, merombak sana-sini. Nah kalau rumah sewa ? anda tidak punya cukup kebebasan untuk memperindah rumah yang anda tempati.

Untuk mempunya 1 website dengan Hosting dan Domain sendiri anda cukup mengeluarkan kocek sekitar ; Rp. 12.000,- (untuk hosting 1 tahun dengan asumsi seribu rupiah untuk satu bulan) dan Rp. 90.000,- (untuk domain dengan ide anda sendiri, asumsi harga standard dan bahkan ada yang mematok harga kurang dari 90rb untuk domain .com/net)

catt:
Judul postingan seharusnya

4 Alasan, kenapa anda harus menggunakan domain daripada subdomain

bukan 

3 Alasan, kenapa anda harus menggunakan domain daripada subdomain


tld =  Top Level Domain seperti www.udung.com bukan www.udung.blogspot.com (ini sub domain)
ide artikel http://www.dailyblogtips.com

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts