Home » , » Seni Menaikan Pengujung Blog

Seni Menaikan Pengujung Blog

Posted by Mang Udung Gaya on 16 Februari 2010

Seni Menaikan (traffic) pengunjung
Tenang, pada gambar di samping bukan Seni Menaikan Pengunjung Blog, tapi Seni Menaikan Berat Badan Pengunjung. Dan memang tidak pantas menurut mamang kalau kata “Seni” digabungkan dengan kalimat “menaikan berat badan pengunjung”.
Karena untuk menaikan berat badan tidak perlu seni, hanya butuh tembolok dan perut berkapasitas luas, juga nafsu makan yang gila-gilaan. Hehehe…

Sebelum melangkah menuju urusan mengiklankan website dalam rangka menaikan trafik pengunujung Blog. Persiapkan dahulu websitenya.
Kira-kira apakah pengunjung kesulitan mengunjungi website ? tampilannya menarik ? atau minimal pengunjung dapat membaca tulisan di website ? warnanya bagaimana ? gelap ? kontras ? atau boro-boro membaca tulisannya, loadingnya saja lama ?

Beberapa criteria yang mamang piker pelu dan penting untuk diperhatikan ;

Seberapa lama website (blog) anda tampil seluruhnya ?

Kecepatan loading website menentukan sekali, Tanya saja sama diri sendiri kalau buka website yang loadingnya sampe 8 menit ? apa engga kesal ? apa penyebabnya websitenya loadingnya lama ?
Penggunaan image dalam ukuran besar, pada aplikasi adobe photoshop ada cara untuk memecah satu gambar yang berukuran besar untuk dibelah (slice) menjadi ukuran yang kecil. Image dengan ukuran kecil lebih cepat loadingnya dibanding dengan ukuran yang lebih besar.

Penggunaan javascript, AJAX, Flash, dan semacamnya yang berlebihan. Terus terang, udah engga jaman pakai efek background dengan tampil aneh-aneh (misalnya kayak hujan or salju) beneran dech, udah engga jaman. Lebih baik pangkas lebih sedikit penggunaan javascript/AJAx/Flash. Karena kenapa ? tidak semua browser pengunjung sama, tidak semua pengunjung mempunyai spek computer yang canggih, dan satu hal lagi tidak semua pengunjung mempunyai bandwith yang super zuper kunceng!!

Jadi penggunaan javascript (dkk) yang lebih sedikit dapat mempengaruhi kecepatan loading dan kenyamanan pengunjung website.
Gunakan secara cerdik penggunaan menu. Ya, kadang mamang suka bingung dengan menu sebuah website yang saking canggihnya, untuk kembali ke halaman awal saja sampai harus menulis ulang alamatnya. Sistem navigasi yang terlalu rumit bias membuat pengunjung “tersesat” di website anda.

Kemudian penggunaan warna dan font. Gunakan font yang umum dan dapat diakses dan dibaca oleh semua browser dan pengujung. Gunakan warna yang baik, sehingga tulisan tidak kesulitan untuk dibaca. Panduan warna yang baik dapat menghasilkan tampilan website yang menarik, meskipun websitenya sederhana. Kenyamanan mata pengunjung juga diperhatikan.

Setelah tampilannya menarik dan tampilan websitenya yang tidak lama, perhatian pengunjung akan langsung pada tulisan anda. Dan maksud dari artikel/postingan anda yang ditulis akan nyaman untuk difahami.
Penulisan postingannya sekarang, usahakan setiap artikel mempunyai minimal satu buah image sebagai ilustrasi bahan penguat maksud dari isi tulisan dan postingan. Tehnik penulisan mungkin setiap orang punya gayanya masing-masing. Dan tehnik menulis mungkin anda bisa pelajari pada sumber lain. Karena di sini tidak mungkin, dan mamang sendiri masih belajar untuk menulis yang baik. :D

"Internet menyediakan berbagai sumber untuk dipelajari dan diketahui, hanya orang yang malas dan tidak peduli yang masih bangga berucap sebagai alasan tidak bisa...."

Tehnik membuat artikel tentu saja yang kita bicarakan disini bukan tehnik copy-paste meskipun hasil dari copy-paste usahakan tulis kembali dengan bahasa sendiri. Nah, urusan ini juga bisa dipelajari di sumber lain juga, hehehe….

Artikel yang unik lebih disukai dan cepat diindex oleh search engine seperti Google atau Yahoo. Minimal satu alinea dan pada satu alinea terdiri minimal 5 kalimat, dan jangan lupakan image ilustrasi disetiap postingan minimal satu buah.

Buatlah judul yang menarik tapi singkat dan jelas, jangan membuat judul postingan yang tidak relevan dengan isi website, karena akan membuat bingung pengunjung anda. Kecuali anda mau menerangkan di dalamnya kenapa anda memberikan judul seperti itu.

Ok, sekaran semuanya sudah siap.
Persiapkan satu buah alamat email valid khusus digunakan untuk usaha menaikan trafik pengunjung ini.
Singkat kata mamang sudah membuat beberapa buah artikel yang berbeda ;

1. Kirim ke search engine. Gunakan email khusus tadi untuk beberapa search engine yang membutuhkan email untuk proses verifikasinya. Diwajibkan untuk selalu men-submit url artikel yang sudah dibuat ke search engine. url artikelnya yach ? jangan dulu url utamanya. Untuk search engine local saya sarankan menggunakan www.lintasberita.com saat ini trafik dari website yang satu ini cukup memuaskan.

2. Ping web anda setiap terbit artikel baru, nah untuk yang satu ini jangan terlalu sering nge-ping website karena bisa di banned. Cukup setiap terbit artikel saja, kalau satu hari terbit lebih dari satu artikel ya minimal 1 hari sekali.

3. Lakukan Blogwalking atau BlogPatrol setiap ada waktu luang, atau bisa lebih disiplin setiap artikel terbit (radius misalnya anda membuat artikel seminggu sekali, beuh!!) Setiap hari disarankan! Berikan komentar pada blog-blog lainnya, sesuaikan isi komentar dan maksud dari postingan itu “nyambung” dan jangan pelit koment, usahakan satu atau dua kalimat. Ini menandakan kalau artikel pada blog yang anda kunjungi benar-benar dan baca dan fahami. Triknya, jika artikelnya panjang banget dan anda tidak ada waktu untuk membacanya lebih lama, cukup baca alinea pertama dan terakhir saja. Hehehe… adil kan ?

Jangan lupa mencantumkan alamat website kita pada kolom url di form komentar agar si empunya website juga bisa memberikan kunjungan balik dan memberikan komentar balik. Nah dalam memberikan komentar, jangan memberikan komentar pada artikel yang sama pada waktu yang berdekatan, jika ingin memberikan komentar juga (keukeuh) carilah artikel lain pada website yang sama itu, jadi engga keliatan nyepam-nya hehehehe...

4. Aktiflah di forum, kalau belum punya. Cari !! daftarlah… gunakan email yang tadi. Aktiflah di forum, usahakan forum yang sesuai dengan tema blog kita atau jika tidak bisa ya cari forum yang sesuai dengan niat dan hobby kita. Atau bisa juga daftar di forum-forum yang komunitasnya besar. Gunakan signature pada forum untuk mencantumkan alamat url kita, cari sub forum yang membahas bidang yang kita kuasai. Minimal 5 buah forum besar, 3 forum local dan 2 forum manca Negara. Capek yach ? ya beginilah usaha untuk meningkatkan traffic pengunjung website .

5. Buatlah account twitter dan facebook fan page (jgn bikin account baru, pakai account yang ada saja) untuk twitter anda bisa mengupdate status anda dengan isi status menyinggung alamat url website, begitu juga dengan facebook fan pages. Buatlah kedua-duanya dan publikasikan di website anda. Pada account facebook, gunakan aplikasi blognetworks yang fungsinya sama dengan I fllow-nya Google dan Mybloglog-nya yahoo. Sekalian masukan juga mybloglog, blognetworks dan I follow-nya dari Google, agar pengunjung lebih mudah mengikuti perkermbangan website anda.

6. Buat account feedburner, delicious, technorati, blogcatalog, alexa, addthis, dan pasangkan Google Analytics dan daftarkan di yahoo Explore untuk lebih cepat mengindex-kan alamat website kita di Search Engine yahoo. Jangan Google melulu donk…

7. Pasangkan fasilitas Subcribe via Email agar pengunjung yang tidak sempat mengunjungi website dapat mengikuti perkembangan website melalui email.

8. Bidik pula pengguna browser mobile, pastikan website anda bisa diakses oleh browser handphone. Karena pengguna internet via handphone jaman ini tidak bisa disepelekan trafiknya lumayan juga. Menurut techruch, Google Buzz yang baru saja 2 hari diluncurkan sudah dilalui 2juta pesan, menurutnya 200 pesan yang dikirim via handphone setiap harinya.



9. Berinteraksilah dengan pengunjung anda. Apakah itu shoutbox ataupun berkomunikasi langsung pada kolom komentar. Sambutlah pengunjung anda, terimalah saran dan kritiknya, perlakukan pengunjung anda ibarat tamu kenegaraan yang dating dari Negara lain untuk berkunjung ke rumah anda. Hehehehehe…

10. Selalu update teratur website anda, selalu update teratur tampilan website anda, sehingga pengunjung tidak bosan dengan apa yang mereka lihat, untuk tampilan jangan terlalu sering diupdate karena akan menyita waktu anda, ketimbang mengupdate isi dari websitenya itu sendiri.
Masih banyak cara lainnya untuk Seni Menaikan Trafik Pengunjung di website, ini hanya sebagiannya saja dan ini merupakan ringkasan dari apa yang mamang lakukan dan apa yang mamang baca dari senior-senior dan celebrities blogger di tanah air.



Dimana account service yang anda daftarkan anda bisa saja menaruh banner dari website service tersebut untuk melengkapi minimal sebagai hiasan di website anda. Lebih jauh lagi anda bisa menerangkan kenapa anda menaruh banner tersebut dalam sebuah artikel/postingan. Imbas balik yang adil kan ?

Ada yang mau menambahkan ??
Berikut beberapa website service atau forum yang bisa anda gunakan untuk menjaring pengunjung website.
1. Blogcatalog.com
2. Feedburner (menggunakan account Google)
3. Technorati.com
4. Delicio.us
5. Blogstreet.com
6. Pingomatic.com
7. Autopinger.com
8. Pingoat.net
9. Google.com/analytics
10. Explore.yahoo.com
11. Mybloglog.com (gunakan account yahoo)
12. Lintasberita.com
13. detik.com (forum)
14. kapanlagi.com (forum)
15. kaskus (forum)
16. …. Buanyaaakkkkk….. masih ada yang nambahin ???? engga bakal cukup seminggu untuk menuntaskan daftar websitenya..

Artikel ini dibuat selain ikut kontes dengan tema “SENI MENAIKKAN PENGUNJUNG BLOG” yang diselenggarakan oleh http://komunitasblog.info dan juga sudah lama ada niat untuk menulis postingan seperti "ini" yang kurang setuju atau kurang mengerti silahkan isi komentar. Insya Allah akan dijawab secepatnya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts