Simpan baik-baik bookmarkmu!

Karena keterbatasan dana untuk pengadaan memory komputer, maka dihemat-hematlah aplikasi yang terpasang di komputer. Termasuk anti-virus, program yang satu ini paling galak dengan memory komputer (RAM yang terpakai) Setelah seringnya memakai aplikasi yang doyan banget "nyedot" resources-nya CPU termasuk di antaranya COREL DRAW dan ADOBE PHOTOSHOP, maka tidak dipasang pula anti virusnya. Untuk mengatasi problem virus yang sering diam-diam nebeng di flashdisc, maka saya terapkan sistem administrasi penggunaan komputer ini dengan aplikasi defaultnya bawaan window - pusing ? hak akses user lah..

Maksudnya, dengan pengaturan hak akses user akan memperkecil kemungkinan komputer terkena virus tanpa menggunakan anti-virus. Begini posisinya ; Buat 1 user account dengan hak akses terbatas/limited yang akan sering digunakan untuk sehari-hari. Nah untuk kegiatan install-installan software gunakan account administrator atau user dengan hak admin. Sehari-hari seperti browsing atau lainnya menggunakan account user dengan hak akses biasa, teorinya ketika memasukan flashdisc yang terjangkit pirus akan "tercekal" kegiatan penyebarannya karena akses virus tersebut "meminjam" akses account yang sedang kita pakai. karena akses yang sedang dipakai adalah hak akses user dengan kemampuan terbatas maka biasanya akan muncul popup window untuk meminta akses admin. ok tinggal cancell aja.

Memang agak ribet, tapi lumayan efektif dalam rangka menghemat resources komputer, ketimbang menggunakan anti-virus. Nah, trik ini juga berguna untuk yang memakai anti-virus kalau anda bukan fakir-memory.. hehehehe..

Nah karena seringnya install ulang dan format komputer, terkadang kita lupa untuk membackup data pada bookmark di browser. Saya termasuk orang yang paling getol menggunakan bookmark pada browser. Nah kalau sampai lupa di backup, cilaka !! alamat-alamat yang tersimpan pada browser akan "bye-bye" secara permanen.

Kalau anda penggemar firefox ada cara untuk mengatasi hal ini dengan menginstall extention Xmarks. Data bookmarks akan disimpan online pada server mereka secara berkala, biasanya ketika browser ditutup data-data akan disimpan dan disinkronisasikan dengan server xmarks. Tentunya harus daftar dulu.. dan tentunya GRATIS !!!

Bookmarks yang tersimpan bisa di-restore kembali ke browser anda setelah instalasi baru software browser. Dan juga bisa diakses langsung pada web xmarks.com.

Komentar

  1. ada yang lebih simple lagi?

    BalasHapus
  2. wahhh... gk begtu paham saya kalu mesti bukmak mukmak site :( menyedihkankah?!?!?

    BalasHapus
  3. maksudnya, kegiatan browsing mamang kebetulan jam terbangnya lebih banyak dari jatah tidur di malam hari. terkadang menemukan site yg menarik dan malas mencatatnya, pilihan untuk menyimpan di bookmark tidak terhindarkan lagi... *cieee...* dan kejadian itu tidak sekali dua kali loh.... bookmarks efektif... apalagi untuk seorang pelupa seperti saya... :D

    BalasHapus
  4. buat bookmark, Ctrl + apa iia..?!??! lupa daahhh #-o
    mo' ngBookmark site ini :(

    BalasHapus
  5. ooo.. kira-kira seperti itu yah... hhmm.. mungkin masih butuh waktu buat belajar lebih banyak lagi saya mas :p

    mohon maaf lahir bathin sekalian ngasih tahu ada award di tempat saya tuk kamu silahkan di ambil, terimakasih :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Hatur nuhun...