Masalah NTLDR is Missing terselesaikan..


Pernah mengalami masalang booting komputer dengan tampilan error "NTLDR is Missing" ? solusi paling cepat dan tidak menghemat waktu adalah dengan melakukan install ulang.. Wah paling menyebalkan harus install ulang apalagi dengan "bejibun"-nya software-software kesayangan yang harus diinstall kembali.

Seperti biasanya langsung mencari solusinya dengan searching di google atau yahoo.. eh Bing dari microsoft boleh juga.

Ok ketemu! wah website dari Indonesia pula!

http://www.blogdokter.net/2007/08/06/ntldr-missing/

atau bisa dengan membuka website yang lebih lengkap dengan toolsnya..

http://tinyempire.com/notes/ntldrismissing.htm

website di atas sangat lengkap bahkan menyediakan softwarenya yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis!

Solusinya ? pengalaman pribadi ? tidak ! masalahnya masih tetap muncul dan pesan errornya masih nongol ketika komputer dibooting..

Jadi ?

pengalaman saya, tidak sengaja saya buka BIOS-nya dengan mengetik tombol "del" pada keyboard. Kemudian masuk pada menu Booting, di sana ada pilihan booting dimanakah yang akan dilakukan ketika komputer dinyalakan. Ada menu Booting priority, tertera pilihan hardisk pertama, hardisk kedua dan pilihan cards booting.

Saya perhatikan kalau booting awal komputer saya ini diperintahkan untuk booting di hardisk kedua yang berukuran 80Giga, padahal window saya install pada hardisk yang berukuran 120Giga.

Nah pada menu ini prioritaskan hardisk yang terdapat OS terinstall, saya pindahkan Hardisk 120Giga menjadi prioritas utama untuk melakukan Booting.

Kemudian saya save setting bios ini dan saya coba restart.. dan akhirnya berhasil, pesan itu tidak muncul lagi...

stop dulu di sini... akan saya jelaskan pendapat saya mengenai masalah NTLDR is Missing ini dengan perbendaharaan kosa kata sendiri.

NTLDR is Missing adalah masalah yang terjadi karena komputer ketika diboot kehilangan petunjuk dimana Operating sistem terinstall ? pada media apa ? cd room ? cards ? usb portable ? cdrom ? hardisk ? partisi mana ?

Pada tampilan booting layar ketika menekan tombol F9 (pada komputer saya) akan muncul pilihan booting.

1. Floppy Disk
2. Hardisk
3. CD ROM

kemudian saya tekan pilihan Hardisk, kemudian akan muncul pilihan hardisk yang mana ? karena saya menggunakan 2 hardisk. 120Giga dan 80Giga, ukuran 120G menggunakan kabel SATA dan yang satunya menggunakan kabel biasa.

Setelah saya arahkan pada hardisk yang terdapat OS terinstall, maka dengan susksesnya masuk ke aplikasi window.

Ok kesimpulannya...
saya tidak mengatakan tutorial 2 website di atas tidak benar. Menurut saya, cara yang saya tulis disini bisa dijadikan bahan pertimbangan, karena cara yang saya gunakan sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama. (silahkan buka tutorial kedua website di atas cara mengatasi masalah "NTLDR is Missing" ini.

ketika cara saya tidak dapat memecahkan masalah erorr booting ini, anda bisa mencoba menggunakan cara-cara yang terdapat pada website di bawah ini..

http://www.blogdokter.net/2007/08/06/ntldr-missing/
http://tinyempire.com/notes/ntldrismissing.htm

Semoga berhasil!!

Komentar

  1. thanks for sharing. dulu, Klo NTLDR memang harus diinstall ulang yah?
    Setelah melihat postingan anda sepertinya tutorialnya cukup mudah, hanya dengan memindahkan settingan booting.

    eh klo ngomong masalah haram blog tu mah, tergantung anda. Karena tergantung personalitasnya ajah.

    Ibarat pisau neh, tergantung pemakainya. Manfaat kan fasilitas yang ada. Klo dikatain haram smuanya juga bisa haram loh.

    BalasHapus
  2. untuk NTDLR saya pikir tidak semua masalah NTDLR penyelesaiannya sama, jadi lebih baik memperhatikan pesan errornya, setting install hardisk mana yg master, secondary, dan secondary masternya. (dibawa booting kemana dulu...) dan juga Bios featurenya, pasti berbeda-beda.

    Masalah haram mah, saya setuju dengan anda, inti pada penggunaannya. Ungkapan refleksi dari kebanyakkan baca berita... tidak ada maksud tertentu... :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Hatur nuhun...