Home » » Selamat Ulang Tahun Putri Salju-ku

Selamat Ulang Tahun Putri Salju-ku

Posted by Mang Udung Gaya on 28 Januari 2009

Umurmu lima tahun, ulang tahun kali ini berbeda dengan ulang tahun sebelumnya. Sekarang Gal sudah sekolah, sekolah pagi di playgroup PAUD Tunas Harapan dan sorenya di TPA Al-Hidayah.
Sekarang umurnya lima tahun sudah, ada maunya untuk merayakan ulang tahun kali ini dengan mengundang semua teman-teman dan sanak saudara. Saudara dari saya sendiri (yang kebetulan adalah keluarga besar, saya benar-benar serius menyebut keluarga besar..) -kemudian keluarga dari istri, dan tentu saja semua teman-teman sekelasnya di sekolah pagi dan sorenya.

Tidak lupa tetangga kanan kiri atas bawah, pokoknya semua diundang!
Sampai saudara dari Jakarta sengaja datang hanya untuk menghadiri hari ulang tahun Gal yang bertepatan dengan Hari Raya Imlek dan gerhana matahari. (pas hari lahirnya di hari senin, juga!)
Seperti sebuah perayaan yang besar, jauh-jauh hari ibunya Gal mempersiapkan hari penting ini, mulai dari menyusun daftar undangan, memesan kostum snow white dan tidak lupa kue ulang tahunnya lebih besar dari ban vespa antique tahun 1962 milik A'iwan yang berukuran 10! Wuih...!
3 hari sebelum hari H baju snow white Gal sudah jadi, adapun kendala sebelumnya adalah warna roknya yang warna kuning sudah diganti karena sebelumnya warna kuningnya terlalu muda. Gal senang sekali, sampai Gal memohon dan merajuk pada ibunya untuk memperbolehkan memakai baju itu untuk tidur, malam ini. Jelas tidak ada restu donk! masa dipakai untuk tidur...
Sebetulnya ini janji saya untuk merayakan ulang tahun Gal kalau Gal mencapai prestasi yang bisa dibanggakan di sekolahnya. Dan Gal setuju, hasilnya di TPA meski belum ada hitungan ranking Gal mendapatkan posisi ke-1 di antara teman-teman sekelasnya, ditambah di playgroup Gal mendapat posisi ke-2. Padahal Gal baru saja berumur 5 tahun kurang 1 bulan pada Desember 2008. Dan posisi ke-1 saat itu temannya yang berumur 6 tahun lebih.

Lumayan dengan huruf latin dan arab Gal sudah bisa membaca dan menulis. Hitungan masih kurang lancar pada perkalian dan pembagian. Absensi hadir hampir 95%, tapi satu catatan pada laporan prestasi Gal yaitu ; kurang mandiri dan masih terlalu banyak bicara. alias bawel!

Pada hari H, rencananya dari semalam hiasan ulang tahun seperti balon dan pita akan dipasangkan, tetapi karena hujan yang terus menerus mengguyur Bandung dari siang hari hingga dini hari membuat cuaca semakin dingin dan enggan untuk keluar rumah. Lokasinya adalah lapangan parkir depan Kostan sebelah rumah, lumayan luasnya sebesar 2 unit mobil Honda Jazz kalau diparkir pararel. Awalnya ragu, kenapa ? undangan sampai 80 orang !! pantas saja, butuh 3 hari lebih untuk mempersiapkan bingkisan snacknya saja.

Acara merias lokasi dibantu Team Ahli, Kang Iwan adalah mantan dekorator indoor salah satu Dept Store terkemuka yang tidak lain adalah uwaknya Gal. hehehehe... jam 7 pagi dekorasi sudah mencapai hasil 80% jadi, waktu yang disediakan Ketua Panitia (istri) sudah cukup.
Tidak lama kemudian Tim Konsumsi (nyokap) datang dengan membawa helm saya yang sudah seminggu ketinggalan di rumah, Berurutan datang juga Tim Rias artis yang berprofesi sebagai kasir serba bisa di Salon Braun (Ciwalk) dan asistennya yang getol "nyebong" untuk ngejar target menjadi seorang Hair Stylist di Black Salon, kedua mahluk Tim Make Up artis ini adalah om dan tantenya Gal (adik2 saya... :P)

Suasana di pos komando makanan (dapur) sudah ramai, ada yang sibuk icip-icip doank (saya sendiri..) sibuk ngebungkusin nasi kuning, ngantri mandi, nyari sisir, ngejar anaknya yang sedang disuapin, nonton tipi, dan Rindu (Tim Make Up Artist) sedang merayu-rayu Gal untuk tetap diam karena mukanya sedang dipermak. Ramai sekali.

Satu-satu tamu sudah hadir, padahal baru jam 09:35. Ini karena pada kartu undangan terdapat tulisan untuk hadir tepat waktu karena acaranya tidak lama hanya 3 jam sampai jam 12 siang saja. Thia, putri Kang Iwan baru saja kelar dari ritual mandinya yang cukup lama -membantu menerima tamu dan mengatur kado-kado dan membujuk untuk merayu para tamu untuk mengisi buku tamu. Oh iyah, tim dokumentasi yang sibuk jepret-jepret kamera jalan ke sana kemari (sok penting) dengan cueknya, ya,,,, saya sendiri. tangan kiri pegang kamera dan tangan kanan sibuk pegangan handycam, maruk jabatan! hahahaha

Lumayan kacau acaranya, mungkin karena panitia intinya hanya saya dan istri saya merangkap juga sebagai salah dua dari penyandang sponsor pada acara ini. Yah ini lah acara anak-anak, susah diatur. apalagi ketika acara tiup lilin. sepertinya semua ingin tiup lilin... apalagi kue ulang tahun kali ini lengkap dengan patung Snow White dan pada kurcacinya. Semua penasaran ingin mencolek kuenya, ada mahluk kecil yang bernama Bya napsu sekali untuk mencabut salah satu patung kecil kurcaci dari kue ulang tahunnya. Hasilnya sang ibu harus sibuk mengekor Bya yang masih berumur 2 - 3 tahun ini untuk menjauhkan dari target sasarannya. Bya, anak lucu -cucu nya uwak saya mirip Giring Nidji lengkap dengan rambut kriting acak-acakannya, padahal Bya ini cewek hanya agak tomboy. Anaknya aktif sekali dan menjadi pasif hanya pada menjelang malam tiba pada acara yang paling dia hindari, yaitu : tidur.

Jam 11:45 acara ditutup dengan game menempelkan ekor kuda pada gambar kuda yang semalam aku print. 6 diantara peserta tidak berhasil alias gugur semua, karena ketika menempelkannya kedua mata harus ditutup dengan bandana. 3 orang lolos lomba ini karena mendapat bocoran dari yang ulang tahun, ikut membantu biar menang, katanya. Matahari meninggi, seiring kuberi sinyal smaphore pada host acara untuk segera menghentikan acaranya.
Semua mengantri untuk mendapatkan bingkisan, tampak semua senang dan kepanasan. Dan Alhamdulillah hampir 50% lebih dari daftar undangan datang semua. dan semua mendapatkan bingkisannya. Terima kasih! Tiba pada acara yang paling ditunggu-tunggu yaitu acara buka kado dan ditutup dengan acara yang sangat membosankan yaitu acara beres-beres!

udah yach ? kebanyakan neh.... Terima Kasih! dan Selamat Ulang Tahun Galuh Giri Anjani (Gal) yang ke-5 tahun, tetep manis, makin pinter dan sehat selalu.....

Amien...

Bya


Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts