Home » » WORDPRESS SUDAH TERINSTALL, TRUS NGAPAIN ?

WORDPRESS SUDAH TERINSTALL, TRUS NGAPAIN ?

Posted by Mang Udung Gaya on 08 Oktober 2008

WordPress blog milik sendiri sudah terinstall dan siap tempur untuk blogging. Sebelum posting ada baiknya untuk sedikit "mempersiapkan" konfigurasi setelah kelar instalasinya, agar semuanya benar-benar siap sempurna.Sebelumnya akan saya jelaskan bahwa tulisan ini berlaku untuk mereka yang mempunya hosting account sendiri alias wordpress yang terinstall dengan hostingan sendiri, bukan mis. usernameanda.wordpress.com. Dan saya tekankan tidaj semua konfigurasi cocok dengan hostingan anda, karena peraturan setiap hosting berbeda-beda.

Hampir semua konfigurasi memerlukan hak akses administrator, jadi harus login terlebih dahulu ke bagian adminya (wp-admin).

1. mengubah struktur, configurasi awal untuk permalinks pada wordpressnya adalah seperti ini http://www.yourdomain.com/?p=21 tapi hasil link seperti ini tidak akan banyak di-index oleh search engine, karena tidak user friendly. Sedikit modifikasi pada permalinks anda akan lebih dikenal oleh search engine seperti ini http://www.yourdomain.com/gila_gilaan_bersama_teman_teman.html untukd dapat merubahnya tingal rubah pada Setting ->permalinks. Untuk saat ini coba ganti dengan struktur yang sering saya pakai, ini syntaxnya /%postname%.html

2. Mengubah tampilan standard wordpress ke tampilan yang anda suka atau dari tataletak, gambar, dan warna yang sesuai dengan tema isi blognya, jangan takut banyak sekali situs-situs yang menyediakan tampilan (themes) yang sudah jadi, dan anda tinggal menguploadnya dan mengaktifkannya melalui plugin link.

3. Satu buah postingan baru jangan lupa untuk mem-"ping"-nya, agar penyedia data index blog dapat mengetahui apakah ada postingan baru atau tidak ?

4. Aktifkan plugin akismet - Plugin ini adalah termasuk dalam inti WordPress instal sehingga untuk mengaktifkannya Anda perlu klik pada tab Plug-in di WordPress Panel kontrol dan klik Aktifkan link. Plugin ini memerlukan WordPress nomor API maka ikutilah link untuk mendaftar dan mendapatkan nomor API. Ini adalah harus memiliki plug-in untuk menghentikan SPAM komentar.

5. Feed Burn Anda dengan feed burner - Ke http://www.feedburner.com dan mereka telah mambaca feed Anda. Hasil bagus karena mereka melacak statistik untuk Anda. Anda perlu untuk mengubah link ke RSS feed di WordPress tema atau anda bisa mendapatkan plugin Feed Smith peralihan ke semua link ke FeedBurner feed.

from http://www.bloggingtips.com/2008/03/20/ok-wordpress-is-installed-now-what/

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts