Blogspot with W.Bloggar and wordpress with free shared hosting or wordpress dot com

Bukan berarti saya bilang wbloggar itu jelek. Saya masih menggunakan wbloggar untuk "nge-blog" pada aplikasi wordpress. Sepertinya wbloggar tidak begitu cocok dengan blogspot, kenapa ? untuk judul postingan sejauh saya menggunakan wbloggar tidak ada fasilitasnya, begitu pula dengan fasilitas tag. Kembali saya menggunakan editor online, langsung dari account blogger.
Kenapa untuk account blogger harus menggunakan wbloggar ? tidak harus seh, kebiasaan untuk blogging saya lebih suka menggunakan software "jembatan" agar bisa blogging online. Juga bukan karena jatah online yang terbatas, hanya suka saja. that's all.

Beberapa hari ini saya mencoba untuk menggunakan wordpress pada account free shared hosting, dimana saya mendapatkan "jatah" sub-domain dan fasilitas cpanel seperti pada paid hosting. kenapa harus menggunakan free shared hosting ? kan sudah ada wordpress.com untuk menggunakan wordpress dengan gratis!? free gratisan, namanya juga no cost pasti ada kelebihannya dan kekurangannya.

Wordpress dengan free shared hosting
kelebihannya :
- keleluasaan mengganti layout dari mana saja, kapan saja sampai pada coding-nya
- kebebasan menggunakan plugins
kekurangannya :
- bebas menggunakan layout sampai browsing berjam-jam untuk mendapatkan layout yang cocok hingga kehabisan waktu dan ide untuk blogging
- beberapa plugin tertentu tidak bisa digunakan secara optimal, penggunakan opensocket yang memakan memory (background process) pada server hosting.

Wordpress dengan wordpress.com
kelebihannnya :
- tahu sendiri gimana hubungan wordpress dengan SEO, wuihhh.. mesra sekali... meskipun "dulu" bagi yang masih ingat, kelakuan wordpress.org mirip dengan about.com sehingga bisa menguasai result search engine hingga 75% (ini kira-kira saya loh!) sehingga Google pernah meng-sand box-kan wordpress.org
- cukup alasan di atas saja.
kekurangannya :
- tidak bisa menggunakan code adsense kecuali yang paid member
- jatah menggunakan layout hanya yang tersedia saja.

Jadi kesimpulan yang bisa saya tarik dari semua ini, setelah capek-capek register sana sini, upload-download, tanya-jawab, dan lain sebagainya. menggunakan free shared hosting lebih leluasa digunakan dengan account blogspot. Dan wordpress memang berjodoh dengan wbloggar, aselinya!

penjelasan:

free paid hosting tuh, hosting gratisan dengan fasilitas cpanel (seperti paid hosting) menggunakan sub domain atau domain sendiri. sekarang saya bisa menikmati kopi saya dengan tenang.

Komentar