HDD USER PASSWORD

Setelah 1 minggu lebih HDD IBM-ku kena locked dari bios gara-gara lupa passwordnya. Akhirnya semalam dapet juga password-nya. Sempet panik juga nek, hari minggu kemaren udah call sana sini cari serpis-an yang bisa bukain Locked HDD ini. Posting di banyak forum sempet jadi bahasan di BlogFam Tetep aja engga nemu solusinya.

Sudah donlot macam-macam software, dari ATAPWD sampai HDDP dan HDDUnlock. Sempat juga "dikerjain" dengan wipe HDD-nya OS Linux, tetep aja ngotot engga bisa kebuka.
Bener-bener secure fasilitas ini. Boleh dibilang fasilitas ini anti-maling, gimana pun juga engga bisa ke-unlock tanpa memakai password aselinya. Padahal banyak data sensitif di HDD IBM DJS220 ini, ada juga seh beberapa type HDD yang bisa dibuka dengan "menggenerate ID HDD" pada Bios-nya. Kebanyakkan sangat-sangat secure tanpa password aselinya tidak mungkin untuk di-unlock, dan bisa jadi HDD-nya bakalan engga bisa kepakai sama sekali. Solusinya ? Buy New One!

Seperti pernah saya ungkapkan dipostingan forum BlogFam, untuk paranoid privacy macam saya ini jadi satu pelajaran. Parahnya password HDD ini disimpan di MBR HDD itu sendiri, sangat kecil kemungkinan untuk di unlock dengan cara di crack atau dipaksa dengan softlain. Ada saran untuk menggunakan perintah DOS

c:/fdisk /mbr

tetap tidak bisa menyelesaikan masalah ini. Seminggu tanpa bermain dengan kompi kesayangan, seperti makan sayur tanpa garam (cieee.... wit wiw !!)

Sekedar tips untuk yang mengalami kasus seperti saya, HDD ke-locked.

1. Jika kasus lupa passwd.
Coba untuk menebak keberuntungan dengan mencoba-coba semua password yg pernah dipakai melalui bios menu. Jangan pada saat komputer di Boot. Percuma karena pengalaman saya, ketika saya coba untuk masuk pada saat booting, dengan password yang benar, tetap saja ditolak. Rejected by Drive !!

2. Jika kasus beli/dikasih HDD yang sudah kenak locked.
Jual aja lagi atau balikin ke penjualnya minta yg baru (uang minta dibalikin) Jasa untuk unlock seperti ini mereka (orang bule) mengenakan biaya USD $200 s/d USD $300 !! mendingan beli yang baru kan ? belum lagi untuk ongkos paket. Nah..
atau bisa juga digunakan untuk hiasan dinding bahkan untuk nimpuk kucing yang suka nyanyi tengah malam. (bikin susah tidur!)
Jadi kesimpulannya untuk kasus yang nomor 2 ini, cuman ada 3 kata Kwacian dech lo!

Semua ini tergantung dengan jenis MB, BIOS, dan Type HDD-nya. Ada beberapa yg masih bisa tertolong.
Disarankan : Jangan sekali-kali me-locked HDD kalau jadi orang yang suka lupa password !! berbahaya bagi kesehatan anda dan HDD anda. (bisa jadi berbahaya juga bagi dompet anda) :P

Sekarang, udung sudah bisa pake HDD ini lagi, ternyata passwordnya adalah password default. :P ada beberapa jenis password yang bisa dipakai.

- Jenis default/biasa : untuk acct/situai yang engga penting. Biasanya untuk password email baru, dan bisa diketahui orang lain.

- Jenis Menengah : untuk jenis acct yang sifatnya engga penting, hanya untuk menyimpan data public dan bisa diketahui oleh orang lain.

- Jenis High/secure : untuk email pribadi dan beberapa acct hostingan. Jelas utk lepel ini orang lain engg boleh tahu dan password-nya sendiri terdiri dari huruf besar dan kecil plus campuran nomor.

- Jenis Top Level Secure : untuk keperluan ATM/Kartu Nge-bon (biasanya dikenal dgn credit card)/bisnis (cieeee...) dan biasanya terdiri dari 12 s/d 18 angka dan nomor juga karakter khusus. Yang ini bini juga engga mungkin tahu.

Kalo engga seperti itu hati ini merasa tidak tenang (oookh......*telentang!*) Yang betenya kalo udah lupa password, walah ampun ! yang seperti kasus HDD ini. Bisa 1 minggu ketemunya, bahkan bisa sampai 1 bulan dan selamanya..!! Soalnya tiap bulan rutin ganti password untuk menjaga kerahasiaan donk. Maklum ... Privacy Paranoid

!skip this
Sekarang udah tinggal batuk doank, pilek udah mengurang tuh. Makan obat udah kek orang gila -5 macam obat batuk dan flue sudah dicoba. Obat jenis forte kan termasuk obat keras, mana dosisnya udung makan 2 kali lipat dari anjuran yg tertera. Masih aja batuk. Malah udah ikut anjuran si miko untuk ganti rokoknya dengan DjiSamSoe. Dia bilang sih rokok jenis ini bisa jadi obat batuk. Udah abis 1/2 bungkus masih batuk juga. Malah pake pusing-pusing segala. (ini ngetik aja pegangan sama pintu!). Cuaca sekarang tidak mendukung untuk jalan-jalan sore. Bandungku lautan sampah... eh.. lautan api.
nice... seee yaa..
btw... ini layout sementara, lagi engga ada mood usai panik gara-gara HDD PASSWORD. simple kan ? :P ada banner ADE GALUH. heiii... meet my daughters, she`s 15 months... kiyut huh! :P~

Back


Lihat juga 50 Links Free Gmail Invitations !! khusus untuk yang belum punya gmail account.

Komentar