Artikel Terbaru

Home » , » 14StatBar di stockrom Galaxy Y GT-5360

14StatBar di stockrom Galaxy Y GT-5360

Posted by Mang Udung Gaya on 17 Maret 2013

Pertama saya harus menjelaskan kalau ini bukan artikel orsinil pribadi (suwer!), melainkan terjemahan/tulis ulang dalam bahasa Indonesia dan bahasa tubuh.. (perasaan..) Dan berdasarkan pengalaman penulis. Bukan karena saya tidak menyukai custom rom yang sudah berkembang pesat dan dibuat sedemikian menariknya oleh rekan seperjuangan. Akan tetapi karena ini soal mood (baca: mud) pribadi yang lebih menyukai tampilan pabrikannya dari Samsung Galaxy Y GT-5360. Atau yang biasa kita ucapkan STOCKROM. Jadi yaaa gimana lagi donk ? hihihi

Stockrom yang saya gunakan, adalah stockrom paling anyar (ketika postingan ini lahir) yaitu DXMA1 dan menggunakan kernelnya um ian (IanKernel Flashable)

SC20130317-043435SC20130317-031430

Tapi kemurnian STOCKROM ini tidak “jujur” karena stockrom yang saya pakai sudah di-deodexed. (halah!) hihihi.. idealis rancu bodo amat lah yaw!! Sudahlah tanpa basa basi begini ceritanya.

Untuk “menanamkan” 14 biji tombol pintas ada beberapa persyaratan penting yang harus dipenuhi. Kalau anda master bidang beginian maap ye… kasihan buat yg belum tahu. Mau engga mau harus tetap disinggung…

Syarat utama adalah :

1. JAVA (JDK) sudah terinstall

2. Android SDK sudah terinstall

3. APK Manager sudah punya

4. Punya text editor, contoh Notepad++ (free!)

5. Penting sekali untuk mengetahui/mengerti konsep dan cara compile/decompile apk-tools, kalau saya lebih mudah menggunakan apk-manager.

6. Komputer, ini penting sekali mengingat proyek ini tidak bisa menggunakan media telepati. hehehehe…

7. Samsung Driver & tentungnya lengkap dengan kabel USB-nya serta USB debuggingnya jangan lupa di checklist di menu setting HH-nya.

8. Hampir lupa, install juga aplikasi WinRar! hihihi

Banyak cara untuk memenuhi syarat-syarat di atas, selain browsing di Google, bisa juga gabung dengan sesama pengguna Samsung Galaxy Y di Facebook dan berpasrah diri untuk sabar dan tawakal dalam menunggu pertanyaan yang anda lontarkan dan dijawab dengan tulus oleh pada member di sana. (alamatnya nanti ada di bawah postingan ini)

Silahkan download dahulu ketiga file di bawah ini :

1. LidroidSystemUI.apk [link]

2. Lidroid-res.apk [link]

3. QuickPanelSettings.apk [link]

Begini kira-kira cara memasaknya…

1. Decompile LidroidSystemUI.apk

2. Pull dan Decompile SystemUI.apk dari HH (HH = HandHeld alias Galaxy Y)

3. Salin semua file dan folder yang ada di direktori LidroidSystemUI/smali/ ke SystemUI/smali/ semuanya yach ? jangan lupa!

4. Buka StatusBarService.smali yang ada di direktori SystemUI/smali/com/android/systemui/status/StatusBarService.smali dengan notepad++

5. tekan tombol “F” untuk mencari kode dibawah ini :

.local v3, qsv:Lcom/android/systemui/statusbar/quickpanel/QuickSettingsView; const v7, 0x7f030002 invoke-static {p1, v7, v9}, Landroid/view/View;->inflate(Landroid/content/Context;ILandroid/view/ViewGroup;)Landroid/view/View; move-result-object v3 .end local v3 #qsv:Lcom/android/systemui/statusbar/quickpanel/QuickSettingsView; check-cast v3, Lcom/android/systemui/statusbar/quickpanel/QuickSettingsView; .line 352 .restart local v3 #qsv:Lcom/android/systemui/statusbar/quickpanel/QuickSettingsView;

  Kemudian diganti seluruh barisan kode diatas engan kode-kode dibawah ini :

const v7, 0x3030003 invoke-static {p1, v7, v9}, Landroid/view/View;->inflate(Landroid/content/Context;ILandroid/view/ViewGroup;)Landroid/view/View; move-result-object v3 check-cast v3, Lcom/lidroid/systemui/quickpanel/PowerWidget; .line 352 .local v3, qsv:Lcom/lidroid/systemui/quickpanel/PowerWidget; invoke-virtual {v3}, Lcom/lidroid/systemui/quickpanel/PowerWidget;->setupWidget()V


   ok ? sudah? belum ? engga apa-apa ane tunggu.. ZzzZzzZzz pusing….? ya udah brenti aja ? hihihihi silahkan cari tempat yang enak untuk rebahan dan pingsan.

Perhatikan dengan teliti jangan sampai ada yang terlewat atau salah menempatkannya.
6. Compile SystemUI.apk
7. Buka aplikasi Winrar, setiap komputer berbasis window aplikasi ini wajib terinstall loh… kalau belum terinstall ya install dulu dech!
8. Ketika SystemUI.apk (hasil compile) dibuka dengan menggunakan winRar biarkan dulu, sekarang buka direktory SystemUI arahkan ke subdirektori SystemUI/build/apk/ nah di direktori ini ada file classes.dex drag file ini ke winRar yang tadi, add/replace klik OK! *cling!*
9. push SystemUI.apk ke hh anda di /system/app/
10. push lidroid-res.apk ke dir. /system/framework/
11. push file QuickPanelSettings ke /system/app/
12. reboot HH-nya…
13. tunggu sampai selesai reboot dan scanning medianya selesai, jika tidak ada perubahan balik lagi dan coba lagi dengan teliti… sampai bener….. itu juga kalau masih penasaran… :)
Nah begitu kira-kira cara memasukan lidroid 14statbar pada stockrom Galaxy Young. Terima kasih atas perhatiannya… *pingsan!*
Wassalam!

Perhatian :

pada artikel ini sesuai dengan artikel aselinya, menu flashlight akan menyebabkan forceclosed. Karena SystemUI.apk tidak disigned ulang. Kenapa tidak disigned ulang ? karena jika disigned ulang maka seluruh aplikasi yang ada di folder /system/app/ dan /system/framework/ harus disigned ulang semuanya… repot! lagian saya masih punya beberapa pemantik api dengan feature senter pada bawah bodynya… jadi tidak tidak perlu menggunakan HH.  Selain itu penggunaan Flashlight akan boros power batere, jadi fungsi ini kurang begitu saya gunakan… hihihi padahal mah males nge-signed keroyokan… doh!

Akhir kata (ini penting banget!!) makasih buat yg saya urutkan satu-satu di bawah ini..

Artikel originalnya buatan DCSMS jadi kalau pusing dengan tulisan saya sengaja saya cantumkan semua artikel dan referensi aslinya :


Tidak lupa kredit buat Lidroid


dengan artikelnya


dan yang bantuin kode-kode yang sempet bikin saya pusing


Tidak lupa sama sekali, sumpah engga lupa pisan…. untuk :



 

 

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts