Artikel Terbaru

Home » , , , » Akun Facebook yg mudah diambil orang

Akun Facebook yg mudah diambil orang

Posted by Mang Udung Gaya on 04 Juli 2011

Mang Udung_narsis Semalam akun facebook tidak bisa diakses, alasannya sedang maintenance. Padahal saat itu saya sedang mengakses Facebook, dan sedang berbicang dengan beberapa teman melalui chat message Facebook.
Awalnya tidak merasa aneh, karena mungkin saja malam itu Facebook sedang mengadakan pemeliharaan terhadap servernya. Iseng menggunakan akun lainnya ternyata saya bisa login. Semakin anehnya ketika mencoba untuk “klik” profile akun Facebook tersebut, terdapat peringatan jika akun Facebook yang pertam tidak dapat diakses atau “Not Found” nah loh ?

Searching di Google tidak mendapat jawaban yang memuaskan, akhirnya teringat beberapa waktu lalu ketika mencoba untuk mengembalikan akses akun Facebook punya saudara. Karena salah password beberapa kali, akun yang sedang diusahakan untuk dapat diakses tersebut dibekukan sementara oleh Facebook selama 2 jam!
Mungkin malam tadi ketika sedang mengakses Facebook, diluar sana (entah di mana) ada “jagoan” yang sedang mencoba untuk “masuk” dan mengakses akun Facebook saya. Nah, ini dia, jawaban yang cukup beralasan kenapa malam itu akun Facebook saya tidak dapat diakses sama sekali, meski sudah menggunakan password yang benar.
Cukup beralasan, karena beberapa status terakhir ini saya sedang rajin mengumpulkan data para penjual toko penipu yang sering “percaya diri” menjarin korbannya yang kebanyakan mereka cari di facebook. hihihi
Kalau boleh saya simpulkan, beberapa tips untuk menjaga akun Facebook tidak dengan mudah diacak-acak orang atau di-“take over” oleh orang lain.
“Ah, akun Facebook diambil orang mah bikin aja lagi.. gitu aja susah..?”
Membuat lagi sangat mudah dibanding mengambil alih kembali akun Facebook yang sudah diambil orang. Tapi, bagaimana jika akun Facebook yang dicuri, kemudian dijadikan lahan untuk menipu orang lain ?
Sedangkan data yang anda cantumkan merupakan data asli, misalkan alamat rumah anda ?
1. Lindungi akun anda dengan menggunakan password yang tidak mudah ditebak.
Ada kejadian konyol, beberapa bulan lalu seorang teller bank menganjurkan agar password internet banking dan password Kartu ATM disamakan saja. Alasannya cukup konyol ; biar mudah diingat! hihihihi
Jangan menggunakan password yang mudah ditebak, misalkan nama kota lahir, nama anak, nama istri, tanggal lahir dan lain-lain. Data password seperti itu cukup mudah ditebak. Coba gunakan password yang menggunakan kata yang tidak ada hubungannya dengan profil kemudian yang sangat penting adalah selalu gunakan kombinasi huruf dan angka untuk password anda.
2. Coba untuk menahan diri untuk tidak sembarangkan meng-klik link yang muncul pada status teman anda atau siapa saja yang tidak jelas isinya apa. Terutama yang menggunakan layanan short url.
Kemarin pada salah satu grup Facebook seseorang menuliskan link pada statusnya. Salah seorang member grup dengan sengaja karena penasaran meng-klik link tersebut. Hasilnya orang yang meng-klik link tersebut marah-marah karena ketika usai diklik, halaman baru muncul dan isinya sesuai yang membuat “beliau” ini kengerian dan terus ngomel2 di Forum.
Untuk lebih diingat jangan sembarang klik link darimana pun juga jika tidak mengetahui apa isinya.
3.  Hati-hati untuk login Facebook via situs lain. Maksudnya jika anda menemukan sebuah website yang anda diwajibkan untuk memasukan username dan password anda pada website itu, sebelumnya agar diperhatikan.. apakah website tersebut benar-benar aplikasi yang sudah di-authorize oleh Facebook atau belum ?
Karena biasanya jika website selain website Facebook, akan mencuri username dan password anda dengan mudah. Pada halaman login memang tampilan Facebook Login, tetapi sebenarnya adalah jebakan untuk “merekam” dan mengirimkan username dan password anda pada suatu alamat email.
Kalau sudah begitu tidak perlu pusing menebak password anda, karena sudah terkirim melalui site login Facebook palsu sebagai jebakannya.
4. Jika menggunakan komputer dimana orang lain juga bisa mengaksesnya biasakan untuk meng-logout akun sebelumnya. Karena masih banyak yang kehilangan akun Facebooknya atau Akun Facebook ada yang jahil dengan mengganti photo dan sebagainya, gara-gara tidak meng-logout akun.
5. Jika ingin sedikit lebih aman, mempunyai 2 buah atau lebih alamat email sangat bagus untuk mengatur mana alamat email untuk pekerjaan dana mana alamat email untuk urusan yang biasa.
Menurut saya, gunakan alamat email anda untuk facebook yang termasuk alamat email biasa, bukan untuk urusan kantor apalagi untuk urusan yang sifatnya sangat sensitif seperti untuk urusan finansial.
6. Pada profile Facebook, aturlah privasi anda dengan tidak menampilkan keseluruhan detail pada profil. Aturlah sedemikian rupa agar dapat menentukan siapa saja yang dapat melihat data lengkap diri sendiri, teman ? temannya teman ? atau untuk siapa saja ?
Karena seseorang yang akan mencoba untuk mengambil alih akun Facebook anda, hal yang pertama dia lakukan adalah menghubungkan password yang akan ditebak dengan data2 pada profile. Jika mengabaikan nomor 1 diatas makan akun Facebook anda akan mudah untuk diambil alih orang lain (take Over)
Kembali pada malam dimana saya tidak bisa mengakses akun facebook saya sebanyak 2 kali karena akunnya dibekukan sementara.
Skenarionya kemungkinan diluar sana ada yang mencoba menebak password akun facebook, karena untuk username sudah dengan mudah ditebak, yaitu dengan menggunakan alamat email yang sudah saya pajang di profile Facebook.
Karena kegagalan untuk menebak password akun Facebook saya, maka Sytem Facebook mengambil langkah dengan membekukan sementara akun. Makanya ketika saya sedang mengakses akun Facebook saya, mendadak masuk ke halaman dimana saya harus memasukan kembali username dan password. Sepertinya sistem proteksi dari Facebook, jika ada yang login dan berulang kali salah memasukan password, makan akunnya akan tidak bisa diakses paling cepat 2 jam, sukur dech..
Beberapa hari lalu muncul id Facebook yang menggunakan nama seolah-olah sebagai penjual alat elektronik. Saya tidak kenal dengan id ini tetapi id ini adalah id teman saya sendiri, kok ganti nama ?
Setelah saya coba telusuri ada beberapa keanehan muncul, seperti id tsb mengganti sebagian besar data profilenya. Dan beberapa kali membuat status penawaran harga barang elektronik yang cukup murah (gile!)
Akhirnya setelah saya coba meminta beberapa teman, dan kira-kira seperti ini kejadiannya.
Akun Facebook ditake over melalui jebakan (nomor 3) kemudian merubah semua data profile dan mulai membuat status penawaran harga barang elektronik. Selanjutnya mudah ditebak, apa yang dijual tidak akan pernah sampai!!
Bingung ? koment aza…

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts