Home » , , » Apakah Search Engine Optimization ? versi Mang Udung

Apakah Search Engine Optimization ? versi Mang Udung

Posted by Mang Udung Gaya on 03 Mei 2010

Ok, biar saya tidak salah berpendapat, saya coba periksa, apa kata WikiPedia [link]

Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO)
adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Kalau saya simpulkan SEO itu adalah : Ilmu mempersiapkan/memelihara web/blog untuk dapat lebih mudah “dibaca”, “diseleksi”,  dan “diarsipkan” oleh Search Engine, tujuannya untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung web/blog dari hasil pencarian itu sendiri.

Ah, membingungkan juga yach ?

Begini saja, diumpamakan saya ingin mencari keterangan mengenai harga second suatu type merk handphone. Seperti biasa kita ambil contohnya pada search engine Google.com. Saya tuliskan kata kunci (keyword)-nya seperti ini ;

Misalnya : “harga second nokia 9500”

Maka pada hasil dari pencarian Google akan menampilkan halaman-halaman yang terkait dengan kata kunci “harga second nokia 9500”. Salah satu, dua kata, atau bahkan keempat kata kunci tadi terdapat pada semua halaman web/blog dari hasil pencarian tadi.

Adalah suatu keberhasilan bagi SEO web/blog yang mampu memposisikan alamat websitenya pada urutan pertama. Inilah tujuan dari SEO.
Dengan memposisikan websitenya di urutan pertama pada suatu hasil dari pencarian search engine maka kemungkinan banyaknya pengunjung yg mendatangi website tersebut akan semakin besar.

Untuk membangun suatu website, setelah mengumpulan bahan gambar dan tulisan. Kemudian mempercantik dengan tampilan yang menarik dan tidak lupa menggunakan system yang canggih dan lengkap pada website kemudian beres. Titik ! sampai disini?

SALAH! Salah besar !!

Jika anda membangun sebuah toko bahan bangunan, anda melengkapi toko anda dengan semua jenis barang yang berhubungan dengan pembuatan bangunan, dari jenis yang kecil hingga yang besar dan berat.
Kemudian anda melengkapi dengan SPG-SPG (sales Promotion Girl) yang sangat seksi dan menarik. Pokoknya kumplit-plit plit pliittt… Selesai ?

Anda menunggu pengunjung datang ? Bagaimana pengunjung datang ? oke, misalkan pengunjung yang kebetulan lewat di depan toko anda. Siapa lagi ? Tentunya anda harus melakukan promosi yang baik melalui berbagai macam cara. Begitu pula dengan website, dan ini ada dalam ilmu SEO (Search Engine Optimization)

Ok lanjut…

SEO bukan sesuatu ilmu yang misterius, atau sesuatu yg dipelajari dengan cara yang sangat sulit.
Seperti pengetahuan lainnya ; SEO merupakan keseriusan, konsistensi, dan kesabaran tehnik/cara kita untuk mendatangkan serta mempertahankan lebih banyak pengunjung bagi website dengan mengoptimalkan hasil pencarian dari search engine (mesin pencari) itu sendiri.
SEO tidak serumit apa yang orang-orang bicarakan, aseli… suwer…!!
Jadi SEO itu penting ? ya penting sekali jika anda ingin website anda diketahui banyak orang dan mempunyai banyak pengunjung tetap.
Dengan banyaknya pengunjung yg mendatangi website anda kemungkinan akan meng-klik iklan berbayar anda atau bahkan penjualan produk anda akan semakin meningkat.

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts