Home » , , » Besutan Browser (Baru) Kloningan

Besutan Browser (Baru) Kloningan

Posted by Mang Udung Gaya on 14 Februari 2010

image from www.maximumpc.com
Browser favorit (udung) tetep masih pada Mozila Firefox. Kadang masih suka pakai Opera atau Chrome-nya Mbah Google. Beberapa bulan terakhir mengenal Flock Browser dan menduduki daftar software wajib install di komputer klien. Proses instalasi menunjukan kalau Flock menggunakan mesin-nya Firefox. Pada tampilannya pun sepertinya tidak full dikemas untuk menutupi ciri khas Firefox.

Beberapa hari lalu dari email yang masuk (Download.com) mengetahui ada browser baru yang bernama Comodo Dragon Web Browser
(comodo.com) Setelah Flock yang menggunakan engine-nya Firefox kini Comodo Dragon juga mengusung engine dan karakter dari Opera Browser. Penggunaan kalimat "menggunakan engine dari browser lain" hanya tebakan mamang semata, bisa salah bisa juga tidak salah. Bebas saja kan beropini ? inilah enaknya punya blog. :D hidup blogger..!!!


 

Kabarnya baru saja muncul beberapa hari, fasilitas security certificate menjadi masalah. Untuk link http(s) pada browser ini perlu di "add" per site. Pada browser lama, misalnya firefox beberapa sertifikat dari beberapa situs terbesar sudah dimasukan pada managemen sertifikat di "badan" browser firefox. Nah kalau Comodo ada kemungkinan harus diinstall pertama kali mengunjungi website. Misalnya, beberapa saat setelah saya mencoba browser ini menuju website facebook, langsung "nongol" peringatan kalau website facebook ini tidak terdaftar sertifikat keamanannya, padahal pada browser lainnya tidak. (bingung yach ?? SAMA !!)
Tidak hanya mengusung browser Dragon Comodo, Comodo.com juga memberikan beberapa software dengan kategori gratis dan trial ; seperti antivirus, internet security, Comodo Backup, Secure Messanging, dan lainnya... link-nya ada di sini http://www.comodo.com/home/free/free-protection.php

Jadi ? untuk ukuran mamang udung, pada komputer kesayangan keputusannya menjadi ;

  1. Internet Explorer : tidak lah yaw !! kecuali untuk nge-test koneksi, atau untuk ngetest tampilan layout web.
  2. Opera : Khusus kalau koneksi lagi bener-bener oon, pake browser ini dijamin bisa mengurangi ke-oon-an koneksi internet. Karena menurut majalah yang pernah saya baca, opera masih pada dudukan nomor satu untuk kecepatan browser dibanding yang lainnya.
  3. Firefox : Still the best !! untuk urusan security dan kostumisasi-nya jempolan !! untuk urusan koneksi, sekedar tips, jangan terlalu banyak install extention !! karena suka lupa matiin auto update-nya baik itu extentionnya, themes-nya, maupun softwarenya itu sendiri.. makanya lama....
  4. Chrome : meski pernah mengalamai hal yang sama dengan kasus Dragon Comodo yang sudah saya "bual"-kan di atas. menggunakan browser ada masksud tertentu yang ada hubungannya dengan proses mengiklankan website di Google. terus terang Chrome ini menurut saya yang paling banyak nyedot memori  kalau sedang idle (nyala tapi tidak ada kegiatan) Jadi untuk daftar di mamang pada urutan nomor -3 setelah opera.
  5. Flock : asik buat facebook-an
  6. Dragon Comodo : terbayang-bayang sama saja dengan menggunakan opera alias no comment.

Untuk urusan penting seperti pengaksesan internet banking, mengakses cpanel web, masuk ke jaringan aplikasi online kantor dan lain-lainnya ada baiknya menggunakan browser-browser lama yang sudah punya nama. Untuk Internet Explorer tidak mamang rekomendasikan untuk mengakses alamat web penting. Kabar terakhir, server Google kabarnya diserang oleh para hacker di China dengan menggunakan bug-nya Internet Explorer.. huhuhu... Gimana caranya ya meneketehe....

Maaf untuk para vendor browser lainnya yang tidak saya sebutkan di atas (meski pada gambar ilustrasinya ada) karena memang hanya 5 jenis browser itu yang saya (pernah) gunakan... ya toh ?

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts