Home » » MENELITI TOKO BELANJA ONLINE PENIPUAN!

MENELITI TOKO BELANJA ONLINE PENIPUAN!

Posted by Mang Udung Gaya on 06 Januari 2013

Sepertinya mengungkap penipuan online dengan berkedok toko belanja online tidak akan pernah berakhir. Bagaimana cara termudah untuk mengenali toko penipuan ini ? Sebetulnya sangat mudah, nanti kita bahas langkah-langkahnya. Bagi korban penipuan ini tidak dapat berbuat banyak untuk berusaha mengembalikan dana yang sudah terkirim yang biasanya menggunakan pembayaran transfer rekening bank. 

Jika tersadar sudah tertipu oleh Toko Belanja Online palsu tidak ada pilihan lain selain mengikhlaskannya. Karena dari pihak bank sendiri tidak ada banyak harapan yang bisa dilakukan. Entah karena nominal dana yang dimaksud “tidak begitu besar” untuk ditindaklanjuti dengan harapan dananya kembali ke tangan korban.


Paling tidak ada langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah jatuhnya korban lain dari aksi penipuan ini. Salah satu langkahnya ada menuliskan status pada jejaring sosial mengenai data pelaku seperti nomor handphone, atas nama rekening, nama bank, alamat situs, dan nomor rekening yang digunakan. 

Memang tidak akan terasa pengaruhnya bagi korban, tapi setidaknya ada peringatan untuk orang lain agar lebih berhati-hati.

Selain pada jejaring sosial bisa juga pada forum-forum besar di Indonesia seperti Forum Detik, Forum Kaskus, dan lainnya pada sub kategori yang berkaitan dengan masalah penipuan toko online.

Apa saja yang harus dilakukan jika anda ingin berbelanja online dengan aman, langkah-langkah yang setidaknya anda lakukan untuk menhindari aksi penipuan ini.

1. Nama Situs/Domain

Situs yang menggunakan sub.domain misalnya namasitus.blogspot.com atau naasitus.wordpress.com kurang begitu dapat dipercaya jika digunakan sebagai situs online shop. Memang diluar sana banyak kok toko online pengguna blogspot dan wordpress.com yang benar-benar jujur. Ini tidak mutlak, karena jaman semakin canggih, pembuatan domain semakin murah, Toko Online penipu sudah banyak yang menggunakan domain TLD misalnya .com, .org,.net, atau bahkan.biz jadi anda harus menggunakan jasa website pemeriksa domain untuk memeriksa status domain TLD (top level domain/domain utama BUKAN Subdomain)

Jika toko yang anda curigai menggunakan subdomain, point nomor 1 ini anda bisa melewatinya langsung ke nomor 2. Karena pemeriksaan domain ini berlaku untuk memeriksa domain tld saja.

Silahkan buka situs pemeriksa domain misalnya www.whois.sc masukan domain tld toko online yang anda curigai. Coba masukan domain Arenaelektronik.com lalu klik “Lookup”



atau bisa juga dengan langsung mengetikan whois.domaintools.com/arenaelektronik.com

hasilnya akan muncul banyak keterangan mengendai domain tersebut. Misalnya tanggal dibuat kontrak domain, tanggal kontrak akhir domain, alamat si pemilik domain, nama lengkap, dan hostingan dimana domain tersebut dipasangkan.



Misalnya seperti ini :

Registrar of Record: TUCOWS, INC.
Record last updated on 10-Dec-2012.
Record expires on 10-Dec-2013.
Record created on 10-Dec-2012.

Biasanya pada situs ada keterangan sudah berapa lama toko online tersebut berdiri, sekarang kita bandingkan dengan keterangan domainnya. Dibuat tanggal 10 desember 2012 dan berakhir tanggal 10 desember 2013. Masuk akal ? jika dibandingkan dengan ketika postingan ini saya tuliskan tgl 5 januari 2013. Artinya situs toko online berdiri belum berumur 3 bulan. Sedangkan di websitenya sering ditulis sudah melayani ratusan konsumen dengan dipajangkannya nomor-nomor resi tanda pengiriman barang..

Keterangan alamat si pemilik domain bisa jadi palsu, karena kebanyakan penulisan alamatnya asal-asalan. Dan jauh berbeda dengan alamat yang tertera pada website. Perhatikan pula nomor kontak pada website, semua nomor kontak hanya menggunakan hanya satu buah nomor handphone. Dan notabene nomor kontak yang ada di website berbeda dengan nomor kontak yang ada di keterangan domain.Lucunya bisa jadi nomor kontak yang tertera di keterangan domain adalah ASELI ! (bisa jadi loh...)

Terakhir pada alamat emal si pemilik domain, nah alamat ini yang harus kita simpan (catat!) kemungkinan alamat ini adalah alamat master si penipu untuk mendaftarkan ratusan domain yang digunakan untuk aksi penipuan ini.

2. Harga Jual Produk

Aksi penipuan ini biasanya menggunakan barang elektronik sebagai umpan penipuannya.Jangan mudah percaya dengan harga produk yang biasanya mahal menjadi harga yang super murah. Bahkan lebih murah dari setengah harga umumnya. Anda jangan tergoda ini hanya tulisan, dan anak sd pun bisa menulis harga seenaknya. Harus curiga! Semurah-murahnya barang elektronik kondisi baru meskipun diskon sangat besar tidak mungkin akan dijual dengan setengah harga! Gunakan logika ! Meskipun si penjual habis-habisan beralasan kalau ini adalah barang Black Market (selundupan) masih banyak kejanggalan lainnya.

Kalau barang  Black Market TIDAK PERNAH ADA JAMINAN GARANSI RESMI dari produsen merk. Jika memang ada paling garansi dari TOKO PENJUAL. Logika lagi...!! Bagaimana untuk melakukan klaim garansi kalau alamat si penjualnya pun tidak jelas... Nah ini pun dengan catatan transaksi beres barangnya datang. Kebanyakan setelah mengirim uang barangnya tidak pernah datang! Hanya akal-akalan si penipu saja agar dana langsung ditransfer, apalagi dengan harga murah dan stok terbatas...

3. Tampilan website/situs

Pernah suatu ketika saya menemukan situs toko online saking ingin dipercaya bahwa toko online tersebut jujur, sampai-sampai melampirkan scan dokumen SIUP..! Kasihan sekali pemilik SIUP yang aseli, mungkin tidak tahu kalau dokumennya di edit dan digunakan untuk aksi penipuan seperti ini.

Perhatikan alamat pada website, kebanyakan menggunakan alamat BATAM, dan beberapa kali saya menemukan menggunakan alamat Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Jika anda mempunyai teman, saudara, keluarga, kenalan di jejaring sosial yang berlokasi sama dengan alamat si penjual pada websitenya alangkah baiknya diminta pertolongannya untuk menjelaskan apakah alamat tersebut benar adanya atau hanya fiktif.

Perhatikan pula nomor kontaknya yang biasanya menggunakan nomor GSM, toko online yang jujur dan benar adanya setidaknya mempunyai satu nomor telepon PSTN bukan no telp handphone. Nomor kontak yang digunakan pada website penipuan biasanya menggunakan nomor handphone, dan konyolnya semua kontak menggunakan hanya satu nomor handphone, Pada kontak sales, kontak admin, kontak konfirmasi dan lain-lainnya.

Perhatikan cara pembayarannya, semuanya menggunakan tranfer bank. Logo bank biasanya ditampilkan tetapi tidak dengan nomor rekening. Biasanya sang penipu hanya menggunakan nomor rekening dari salah satu nama bank, ketika calon korban akan mengirimkan uang pada bank yang dipilih oleh si calon korban. Maka si penipu biasanya akan memberikan alasan lain untuk mengganti nomor rekening bank dengan nomor rekening bank yang dia miliki. Hanya modus saja, menampilkan banyak logo bank sebagai jalan transaksi pengiriman uang.
Dimana transfer bank ini tidak ada proteksi sama sekali dari pihak mana pun jikalau terjadi penipuan, dan tidak ada jaminan uang kembali jika ada masalah penipuan. Dari kitanya sendiri yang harus lebih waspada.

Jangan mudah tertipu dengan ratusan nomor resi pengiriman yang dipasang di website, dan jangan juga tertipu dengan banyaknya photo-photo orang yang sedang menerima paket yang dipajang dimana photo-photo tersebut adalah palsu semua.

Tampilan gambar situasi toko, jangan percaya... karena kebanyakan hasil editan dari Photoshop. Perhatikan baik-baik atau minta ke salah satu teman anda yang mengerti mengenai dunia grafik design.

Testimonial, kalau saya bilang testimonial ini seperti karangan anak smp, semuanya PALSU !!

Jadi banyak kejanggalan-kejanggalan lainnya yang dapat menjadi masukan apakah anda calon korban penipuan oleh toko belanja online palsu ? atau ….?

Banyak toko belanja online yang dapat dipercaya, dan anda dapat berbelanja online dengan tenang. Jadi anda hanya perlu sedikit berhati-hati dan teliti sebelum melakukan transaksi online, pastikan dan periksa ulang. Apalagi jika tidak ada referensi dari teman dan rekan lainnya
Semoga  postingan ini dapat membantu anda untuk terhindar dari aksi penipuan Toko Belanja Online.
berikut data terakhir yang saya dapat dari akun facebook.

Informasi lainnya silahkan gabung di FP Facebook Toko Penjual Penipu  dan follow alamat twitter-nya di @TPPenipu



BEBERAPA TOKO  BELANJA ONLINE YG DICURIGAI PALSU ALIAS PENIPU !!

Wisatashopping.com (Toko Online Penipuan, aktif last checked 05 Jan 2013)


Arenaelektronik.com (Toko Online Penipuan, aktif last checked 05 Jan 2013)







PrimaDonaShop.com (Toko Online Penipuan, aktif last checked 05 Jan 2013) 


Goll77Elektronik.com (Toko Online Penipuan, aktif last checked 05 Jan 2013) 



Impian-GadisKampung.net (dugaan website tipuan, tidak aktif) 
Movo-Girl.biz (website tipuan Login Facebook, utk aksi mencuri username dan password, masih aktif)

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts