Home » , , » Browsing via Proxy

Browsing via Proxy

Posted by Mang Udung Gaya on 09 November 2010

Browsing aman via Proxy/Socks ??

Via ProxyKalau mengunjungi website, pada web jenis tertentu akan mencatat alamat IP (Internet Protocol). Biasanya akan mencatat untuk kepentingan data statistik pengunjung web mereka. Agar si empunya web mengetahui dari negara/daerah mana saja pengunjung web mereka tsb.

Bahkan suatu website tertentu akan membatasi pengunjung web mereka dengan menentukan alamat IP mana yg boleh berkunjung dan mana yang tidak boleh berkungjung (block).

Situasi lainnya; misalnya di kantor/sekolah, anda tidak bisa membuka halaman facebook. Sedangkan pada handphone anda halaman facebook masih bisa diakses, kenapa melalui komputer saya yang terhubung dengan jaringan sekolah/kantor sama sekali tidak bisa mengakses halaman facebook ? bisa jadi ini dikarenakan administrator menerapkan aturan untuk tidak boleh membuka account facebook pada jaringan sekolah/kantor. (wah.. kejam!!)

Browing atau berselancar di internet menggunakan browser favourite anda menggunakan proxy ada kemungkinan dapat lebih meperlancar koneksi anda, dan anda dapat mengunjungi website yang hanya memperbolehkan pengunjung dari negara tertentu saja untuk membuka halaman web mereka hanya dengan anda tahu cara menggunakan proxy pada browser anda.

Sehingga web yang dikunjungi akan menganggap anda berasal dari negara yang menerbitkan alamat proxy tersebut.

Dimana anda dapat menemukan proxy ? banyak !! tanya mbah Google, dengan keyword “proxy list free” anda akan mendapatkan ratusan website yang menyediakan data proxy dengan cuma-cuma di halaman website mereka. Proxy “dipasang” pada browser, dan hampir semua browser dapat menggunakan proxy.

Tergantung koneksi dimana anda ber-internet, karena jika admin jaringan internet anda tidak memperbolehkan anda untuk menggunakan proxy pada browser. Maka anda harus segera memikirkan untuk pindah langganan internet anda. (tidak menyarankan loh…)

Proxy ada beberapa macam ; transparant, annonymous, high annymous, elite, dan non/standar port.

Transparant : anda  dapat berselancar menggunakan Proxy ini, tetapi alamat IP anda masih dapat “terbaca”

Annonymous : Pada beberapa website yg mempunyai kemampuan untuk membaca lebih dalam siapa pengunjungnya, hasil dari proxy annonymous kadang masih bisa terbaca alamat IP-nya.

High Annonymous : website sudah tidak dapat “membaca” alamat Ip pengunjungnya.

Elite Annonymous : lebih tidak dapat terbaca oleh website dari pada yang High Annonymous.

Socks 4/5 : sock 5 atau 4 mirip dengan proxy lainnya, ada yang transparant, high annon dan lain-lain.

Ciri khas dari proxy socks ini sering menggunakan port unik dengan jumlah 4 digit atau lebih… standardnya menggunakan 1080 yang sering dipakai untuk koneksi menggunakan irc chat seperti MIRC.

Non/Standard Port : Semua jenis proxy di atas standardnya menggunakan port 80, 8080, 3128, 3127, dan 3124 sebagai standar port. Non stadard port biasanya 434, 8888, 9090, dan lain-lainnya.

Anda mungkin sudah bisa dan mengerti cara menggunakan proxy pada browser, dan mamang menuliskan artikel ini hanya untuk kepentingan pengetahuan saja. Tidak ada maksud lain, adapun kejadian-kejadian di masa yang akan datang berawal dengan menghubungkannya dengan artikel ini adalah bukan tanggung jawab penulis artikel ini.


perhatikan jika anda membuka halaman website ini

Pada bagian “Check if your proxy is truly anonymous. This test tries to detect your real IP address even if connected via a proxy server. “

Proxy Test_1289237757500



Ini alamat IP mamang, sebelum menggunakan proxy.. ya, menggunakan speedy produk dari “Telkom tercuintah”

Proxy Test_1289263770293



Nah ini sesudah menggunakan proxy, website akan “menganggap” bahwa mamang bukan dari IP Indonesia. Dan jika di”whois” lebih lanjut, untuk proxy yg sedang dipakai ini adalah proxy dari negara USA, ST. Louis, MO.

SmartWhois_1289263732810



Menggunakan proxy bukan berarti kita dapat menyembunyikan identitas kita secara utuh, tetap saja kita meninggalkan bekas pada server dimana Proxy tersebut dialamatkan, lebih beruntung lagi apabila si empunya proxy rajin restart computernya.. Open-mouthed smile

Caranya untuk setiap browser ada kesamaan, hanya letaknya berbeda. Untuk pengguna firefox Klik menu Tools, akan muncul window seperti ini.

capture_01

Kemudian pilih Option, dan selanjutnya tampil menu…

Capture_2

Pilih Network pada menu Tab, kemudian klik Setting..

Capture_3

Ok, pada menu ini..

untuk menggunakan proxy cukup memasukan nomor proxy-nya pada kolom “HTTP Proxy:” dan port-nya, kemudian check list kotak kecil “Use this proxy server for all protocols” kalau tidak hehehehe… maksudnya ; semua aktifitas browser baik itu uploading/downloading via ftp browser atau browsing via SSL menggunakan 1 proxy untuk semua aktifitas.

Pada gambar di atas saya menggunakan proxy sock, jadi saya hanya menggunakan kolom socks host + port dan saya pilih sock 5 sesuai jenis socks yang saya pakai.

Tidak semua proxy yg diberikan pada situs proxy masih “hidup” bisa jadi ketika dipasang pada browser, tidak dapat dipakai untuk browsing kemana pun. Namanya juga gratisan… kecuali dengan membeli akses proxy berbayar seperti Virtual Private Network. Banyak website yg “menjual” daftar proxy-proxy yang bisa dipakai untuk “bersembunyi” ketika browsing.

Kendala yang sering ditemui jika tidak bisa menggunakan proxy ;

1. proxynya sudah mati !

2. admin jaringan internet anda menutup port yang sama di gunakan oleh proxy.

3. admin jaringan itnernet anda tidak mengijinkan penggunaan proxy

4. koneksi anda memang terputus! (belum bayar iuran mungkin ??)

Untuk memeriksa apakah proxy yang saya pakai dapat digunakan atau tidak ? benar-benar IP proxy yg terdetect atau masih IP aseli ? sederhananya buka s.aja Google.com

Capture_4



Kalau proxy anda benar-benar high annonymous, tampilan dan alamat Google akan berubah sesuai dengan negara dimana proxy tersebut terdaftar. Untuk USA maka akan menuju Google.com

Capture_6

Saya buka kembali proxynya, dan me-refresh halaman Google.com, maka alamat langsung di-forward-kan ke Google.co.id. Karena Google “membaca” IP kita, Google menyesuaikan tampilan wajah Google yang disesuaikan dengan negara pengunjungnya.

Jadi jika menggunakan proxy negara Brazil maka tampilannya akan berubah dengan Google.com.br dan bahasanya pun akan berubah.

Ilmu Pengetahuan itu seperti pisau bermata dua, digunakan untuk kepentingan yang baik dan buruk menjadi tanggung jawab yang menggunakannya….

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts