Home » » Memanfaatkan hobi untuk bisnis online

Memanfaatkan hobi untuk bisnis online

Posted by Mang Udung Gaya on 19 Juli 2010


image : maloloscity
Bingung dengan produk atau jasa yg akan dijual ke internet ? cobalah dengan hobi anda.

Biasanya dengan hobi seseorang tidak sulit untuk mengerjakan sesuatu yang sejalan dengan hobinya. Misalnya anda seorang photografer (amatir, misalnya) anda bisa mengirimkan pada suatu website untuk menjual hasil jepretan anda dengan harga yang sesuai dengan yang disepakati. Atau anda bisa membuat forum khusus untuk para penghobi ; burung ? mobil remote kontrol ? philately ? dan berbagai macam. Agak sulit untuk membuat forum, awali dengan membuat blog khusus hobi anda, informasi barang pendukung yang bisa anda bantu proses pengadaannya.

Jadwal online anda harus diperbanyak, karena yang kita geluti sekarang adalah bisnis menggunakan media internet yang notabene anda harus bisa dihubungi secepatnya. Minimal anda melengkapi data kontak anda dengan benar, misalnya nomor telepon.

Beberapa waktu lalu saya sempat menyaksikan bisnis unik yang digeluti oleh seorang wanita yang doyan sekali dengan berbelanja. :D siapa yang tidak ? Saya lupa namanya, beliau menjalankan bisnis yang cukup unik dan terbilang masih sangat jarang di Indonesia. Saya pelupa sekali, profesi ini ada namanya... mmmhhh... Wanita ini menawarkan berbelanja barang-barang keperluan wanita bagi konsumennya yang tidak punya waktu sama sekali dengan berbelanja. Nah, asyiknya... barang-barang yang dibelanjakan melalui "beliau" ini bukan barang yang murah dan barang yg mudah dicari di Negeri kita. Ya, belanja ke luar negeri.... dengan keuntungan mencapai 30% dari harga barang yang sebenarnya, wanita ini menjalankan bisnisnya sebagai hobinya. Hubungannya dengan internet ? idenya adalah, dimana dia belanja dia bisa mendokumentasikannya dengan photo atau video, sekedar bahan referensi kalau dia benar-benar belanja di suatu negara yang memang dia datangi. Kemudian dia bisa saja, menyusun photo barang tersebut dalam sebuah blog, dipajang.... Kemungkinan orang lain untuk ikut berbelanja melalui beliau ini besar juga... unik memang...

Ikut berkontribusi di sebuah website komunitas

Misalnya ikut meramaikan forum tertentu dengan minat atau tema tertentu. Misalnya di forum kaskus, forum.detik, dan lain-lain. Forum besar dengan jumlah anggotanya yang banyak adalah kesempatan bagi kita untuk memulai bisnis online. Pada awalnya setelah bergabung mencoba untuk berbaur, dikenal dan membangun profile yg positif. Dengan begitu orang akan percaya dengan perkataan juga. Seperti kata pepatah kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimana-mana. :D cieeeeee.....

Aktif dalam sebuah komunitas tidak menutup kemungkinan untuk mengawali sebuah bisnis dan mencari ide apa yang sedang ramai "dibisniskan" Jaman sekarang jamannya Teknologi informasi dan bisnis informasi saja bisa mendapatkan income.

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts