Home » , » TIPS MENJAGA KOMPUTER DARI SERANGAN VIRUS

TIPS MENJAGA KOMPUTER DARI SERANGAN VIRUS

Posted by Mang Udung Gaya on 02 Agustus 2009

tips menjaga komputer dari serangan virus

Capeknya “ngurus” komputer yang tidak dipakai sendiri, komputer bos misalnya. Sebentar-sebentar kenak virus, sebentar-sebentar kenak software adsforce (iklan yang maksa nongol) Memangnya para bos kalau lagi online pada ngapain yach ?

sibuk nyari id facebook karyawannya untuk dimonitoring siapa tahu facebooking pada saat jam kerja ? atau nge-game online kerepotan diserang monster kodok ijo.

Yang jelas baru saja beberapa hari diinstall ulang sudah kenak virus. Yah format ulang sih engga seberapa, kerjaan tambahan install2x favourite si bos yang agak repot.

Tips untuk memperlama jadwal format-install ulang komputer dengan kasus di atas. Berhubung yang saya gunakan window xp jadi contohnya saya tuliskan menggunakan window xp. Metodenya sama dengan Operating system lainnya, perhatikan ;

Setelah siap-siap untuk mempermak komputer, jangan lupa untuk berdoa dan siapkan cd-cd software tambahannya ; Biasakan memecah hardisk menjadi minimal 2 partisi atau lebih. hardisk netbook si bos 150Giga –an, saya “potong-potong” menjadi 3 bagian. Maksudnya untuk drive C: hanya untuk program saja. D: untuk document dan yang ketiga D: untuk mentahan software/driver hardware.

Kenapa 3 bagian ? yang jelas dan pokoknya adalah jika pertahanan antivirus kalah dengan kebiasaan install sembarang software engga jelas. maka virus yang biasanya pada komputer bercokol pada drive C: saja. Maka dengan mudahnya keputusan format-install ulang diambil sebagai jalan terakhir menuju sterilisasi komputer terhadap software-software yang tak berhak bermukim di komputer kita.

Setelah format beres, kemudian instalasi windownya, setelah itu utamakan dulu Antivirusnya dulu. (saya pakau AVG anti virus free edition) setelah itu baru software-software lainnya. Beres ?

Ok, setelah itu install tools managemen tweak misalnya tuneup 20010 (or else) gunakanya untuk memanage komputer. khusus pada software tuneup ini terdapat fasilitas untuk membersihkan registry. Software apa saja yang serupa tugasnya dengan tuneup ini.

Nah terakhir, jangan berikan login account dengan hak administrator kepada pemakai akhir atau boa anda. Buat saja account biasa (bukan guest, kejem bgt seh!!) dengan limited access. Sesudah itu logg off dan login pada account regularnya, ok siapkan semuanya.. biasanya bos engga begitu faham, asal tau beres saja..

Setelah kelar menyiapkan account reguler untuk si bos, login lagi ke menu administator kemudian pada tune up buat automatis logon. Maksudnya jika si bos menyalakan komputer langsung otomatis login ke accounnya tidak harus mengetikan login account lagi. Kenapa ? biar engga login dengan akses admin lah… apa lagi.

beres….

Jadi, kenapa si bos atau pengguna selain anda diberikan akses regular ? bukan admin ? yupe biar engga sembarangan install software apa lagi dengan kebiasaan browsinf ke situs-situs engga jelas. Dan virus pun bergerak menggunakan account yang aktif, jika account yang aktifnya adalah regular maka tidak akan terinstall dengan mudah..

Dengan ini terbukti kini komputer si bos suda hampir 1/2 tahun lebih tidak pernah kenak masalah dengan virus. Ini tidak 100% melingdungi komputer anda terhadap virus tapi tindakan pencegahan untuk memperkecil terkena. Jangan lupa update terus antivirusnya.. oh iya yach… gunakan password pada account admin anda supaya tidak sembarangan akses mengacak-ngacak komputer.




Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts