Artikel Terbaru

Home » , , » 2 Cara Flashing via ODIN3 v.3.07

2 Cara Flashing via ODIN3 v.3.07

Posted by Mang Udung Gaya on 28 Februari 2013

Capture_5Enaknya punya smartphone Android adalah anda diperbolehkan “ngoprek isi perut”-nya dengan kondisi kehilangan garansi.

Dengan tahu cara flash kondisi androidnya akan kembali seperti pertama kali dibeli (secara software yach?) Kalau smartphonenya jatoh dari lantai sepuluh atau mencoba keberuntungannya berenang di kolam ikan lele urusannya beda.

Hardwarenya yang rusak aturannya pun beda tentunya.

Seorang kenalan yang berprofesi sebagai ahli service smartphone berpengalaman mengungkapkan jika beliau jarang menerima perbaikan untuk smartphone android. Karena secara software orang sudah bisa mencoba memperbaikinya sendiri hanya dengan modal browsing di internet.

Memang tidak semua orang, setidaknya itu gambaran sebagian pemilik android. Minimal jumlahnya, tapi ada juga yang datang minta diperbaiki androidnya kebanyakan karena rusak hardware akibat kecelakaan yang tadi sudah saya sebutkan.

Kembali mengenai dua cara flash menggunakan ODIN, karena saya pengguna samsung Galaxy Young maka yang akan dimuat adalah flashing Samsung Galaxy Young. Sebenarnya ODIN dapat digunakan untuk beberapa model smarpthone android besutan Samsung, tidak hanya Samsung Galaxy Young saja.

Nge-“Flash” Samsung Galaxy Young anda ketika bootloop melanda, atau ingin mencoba Custom Rom baru, atau dengan alasan apapun juga pasti sudah tahu cara yang benar mengembalikan ROM Galaxy Young ke STOCKROM (ROM Pabrikan).

Ada dua cara untuk melakukan flash stockrom menggunakan ODIN ;

1. Flash menggunakan ODIN dengan STOCKROM Multi file alias tiga file stockrom terpisah. File Modem, CSC, dan PDA.

CSC_S5360_QLBMA1.tar.md5

MODEM_S5360_DXLL1.tar

PDA_S5360_DXMA1.tar.md5

2. Flash menggunakan ODIN dengan STOCKROM single file alias hanya menggunakan satu file md5 saja. misalnya saja stockrom paling update untuk Samsung Galaxy Young, seperti berkut ;

S5360DXMA1_S5360QLBMA1_S5360DXLL1_HOME.tar.md5

Menggunakan ODIN yang sama dengan dua cara yang dibedakan dari file stockromnya. Ketika menggunakan multi file maka kolom untuk memuat file hanya tiga kolom.

Capture_4

Kolom CSC untuk CSC file

Kolom Phone untuk Modem file

Kolom PDA untuk PDA file

File stockrom yang sudah dibagi menjadi tiga bagian dapat didownload dari website Di sana tersedia beberapa versi dari Stockrom yang sudah dipisahkan menjadi tiga buah file saja.

Sedangkan untuk single file yang biasanya lebih cepat release versi terbarunya dapat didownload di website , tidak seperti link tiga file download yang didapat di forum XDA-Developer dimana tidak dibutuhkan pendaftaran. Lain halnya dengan situs Sammobile, sebelum dapt meng-download file. Kita diwajibkan untuk mendaftar sebagai member. Silahkan register aja kok! mudah lah!

Capture_5

Kolom yang akan memuat single file md5 yang maha gede adalah hanya pada kolom PDA-nya.

Tambahan yang sama untuk kedua cara di atas adalah :

Pada menu tab option yang diberi tanda (check list) hanyalah Auto Reboot dan F.Reset Time saja, sisanya dibiarkan kosong.

Capture_4

Dan pada menu tab re-partition tidak perlu menggunakan pit file alias kolomnya dikosongkan.

Capture_5

Terakhir tekan Start untuk memulai proses Flashing! tunggu sampe ada tulisan warna hijau “Pass” maka ritual Flashing sudah selesai.

Apa bila terjadi bootloop setelah proses flash selesai, ada kemungkinan file stockromnya sudah rusak. Dan harus download ulang kembali.

Pastikan menggunakan ODIN3 v.307 bisa didownload di android.sc bukan ODIN versi multidownloader atau yang lainnya.

Sedikit saran, apabila ganti-ganti ROM adalah termasuk hobi maka ada saran “biasakan” back dulu ke stockrom via ODIN, abis itu baru install cusrom favourite-nya…

Untuk pengguna Samsung GalaxyYoung bisa ikut meramaikan Perkumpulan para pengguna Samsung Galaxy Young.

Official Group Samsung Galaxy Young Indonesia - Regional Bandung (Khusus Bandung & Sekitarnya)

526196_10151454060020900_1251617646_n

dan Grup Utamanya

482414_4177769175659_293771389_n

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts