Home » , , , , , » Root dan UnRoot –kah Androidmu ?

Root dan UnRoot –kah Androidmu ?

Posted by Mang Udung Gaya on 09 Juli 2012

Kenapa harus takut kalau handphone Android kesayangan anda di-rut ? (maksudnya: root) Asal tidak kejadian handphone anda kecemplung ke sumur atau handphone anda jatoh dari puncak BRI Tower… atau bahkan handphone android anda secara tidak sengaja ketabok ama bulsozer… ya santai aja.. hihihi. Karena tidak semua handphone Android dirancang untuk kuat benturan dan tahan air. Mungkin ada beberapa yang memang tahan banting dan tahan kecemplung got.

Sebelum berlanjut lebih dalam (beuh!) tulisan ini saya batasi dengan pokok pembahasan Smartphone Android Samsung Galaxy Young atau GT-S5360. Tidak menutup kemungkinan kasusnya mirip dengan handphone Android merk lainnya. Dikarenakan duit saya hanya cukup untuk membeli handphone sederhana seperti Samsung Galaxy Young ini.

Terbilang murah itu alasan utamanya dan, adik saya yang bertanggung jawab yang telah meracuni saya dengan Smartphone ini pernah bilang. Samsung Galaxy Young dijual dengan harga yang sangat murah dan dibekali dengan OS Android Gingerbread. Sementara merk lain, dengan harga lebih mahal menggunakan OS Android kurang dari versi 2.3.

Kenapa harus di-root sih ?

Ah… siapa bilang harus ? engga juga. Kalau anda hanya pengguna yang doyan berkirim pesan singkat, berbincang via telp, ber-mms, ber-efbi saja… ya saya sarankan tidak perlu di-root. Sudah biarkan saja anda menggunakan Android anda dengan standard toko. Mungkin anda termasuk orang yang tidak bisa menikmati secara sepenuhnya fasilitas Play Google. Hanya bisa mendownload dan menggunakan aplikasi yang terbilang “ah biasa-biasa saja…”

Kalau sudah diroot, bisa dibalikin lagi awal engga ?

Bisa banget! sangat bisa…. kalau tidak bisa dilakukan sendiri. Tanya teman yang mempunyai kemampuan lebih dibanding anda. Bahkan anda bisa mengembalikan semua settingan kembali pada settingan pabrik. Meskipun anda sudah “mengacak-ngacak” android anda dengan berbagai macam aplikasi dan custom rom. Jika ingin bersusah-susah sedikit. Settingan aplikasi/Firmware android bisa dikembalikan dengan cara yang mudah. (kata saya sih mudah! hehehe) Hanya dengan peralatan yang saya percaya anda sudah memilikinya. Minimal pinjem dulu punya teman..

Dengan menggunakan aplikasi ODIN, StockRom (firmware bawaan pabrik) yang dapat didownload di Samfirm, kabel data, dan satu unit komputer dengan sistem operasi minimal winxp (spek komputer jangan jadul2 amat!)

Kalau kata toko penjual bilang, jangan diroot … nanti garansi ilang.. oke! mengerti.. tapi kalau sudah diroot dan di-unroot (dikembalikan ke awal) apakah bisa dengan mudah diketahui ? tidak juga. Karena yang jualan belum tentu ngerti kok. Santai saja. Beberapa teman pernah bermasalah dengan samsung Galaxy Y-nya yang sudah diroot ternyata karena sesuatu dan yang lain hal, mungkin karena “tabrakan aplikasi” jadi error. Dan sukses diperbaiki OS/Firmware-nya setelah dibawa ke Samsung Service Center tanpa ada pertanyaan “aneh-aneh” dan tidak dipungut bayar. Ya kalau bayar parkir sih… wajah dong!

Seperti yang sudah saya tulis diatas, kalau urusannya software sih, jangan panik.. masih ada Google dan forum di internet untuk mencari solusi. Nah kalau sudah urusan hardware silahkan panik… dan dibawa ke Samsung Service Center pun… meski garansinya masih ada kalau kecemplung got atau ketabok buldozer engga akan gratis benerinnya…. hehehehe..

Apa keunggulan Android yang sudah diroot ?

jawabannya banyak di internet, di forum sebelah, di blog belakang rumah… tidak perlu diberitahu lagi donk. Kemampuan android anda akan meningkat karena anda bisa menyesuaikan dan memaksimalkan kemampuan android karena mempunyai “hak akses root” Mulai dari tampilan, akselerasi, pengaturan dan lanjutan lainnya. Banyak sekali… Misalnya anda bisa menginstall dan memainkan game “berat” seperti PES2012 atau anda bisa menggunakan android untuk “menumpang” koneksi wifi-nya kantor sebelah tanpa sepengetahuan empunya… (oops!) dan lain-lain… Tentunya semua itu tergantung dengan spesifikasi hardware handphone Android anda. Samsung Galaxy Young menggunakan prosesor 800mhz jadi jangan paksakan digunakan untuk merender video..!! konyol itu..  Sebelum install aplikasi apapun sangat diwajibkan untuk membaca terlebih dahulu spesifikasi yang minimal dibutuhkan. (duh…. kepanjangan jadi lieur..!)

Apa bahanyanya Android yang sudah diroot ?

Mempunyai kemampuan menginstall aplikasi apa saja. entah aplikasi baik-baik atau aplikasi jahat. Nah disini permasalahannya (benerin ingus dulu…) Kalau dibiasakan untuk mendownload aplikasi dari web resmi Google play.Google.com mungkin terancam bahaya terinstall aplikasi jahat tidak begitu besar kemungkinannya. Karena biasanya yang doyan utak-atik sembarangan menginstall dari berbagai macam situs. Bahayanya adalah ada aplikasi jahat yang doyan menggunakan sms secara berlebihan sehingga pulsa akan cepat habis. Atau secara diam-diam (engga sambil teriak2) mengakses situs tertentu menggunakan akses data internetnya. Yang lebih parah, aplikasi jahat yang dibuat sedemikian rupa dan berfungsi untuk menyadap semua aktifitas pada handphone android. Termasuk aktifitas berkirim pesan singkat, bahkan data paling sensitif : seperti akun Texas Poker..!! heheehehehe

Jadi, karena sudah kelewat banyak pisan tulisan saya kali ini. Sebelum saya muntah-muntah gara-gara ngedit tulisan sendiri… Saya akhiri dengan gembira postingan kali ini. Dan jangan takut kalau android anda diroot hanya untuk memuaskan rasa ingin tahu anda. Kalau sudah bisa dan lancar benerin Android bisa jadi lahan penghasilan … Coba saja tanya ke Toko Handphone, berapa sih Flashing Android… minimal 150rb loh… Coba bayangkan kalau sehari dapet seratus orang benerin root dan unroot android… wuih..!! dijamin gempor..!!

Share perlengkapan root dan un-root

1. CMW Recovery

http://www.4shared.com/zip/386Qn_4B/CWM_bla_bla.html

https://www.dropbox.com/s/4b2z8geg3nbvq5c/CWM_bla_bla.zip

2. Update Root

https://www.dropbox.com/s/8a6vwfjvjkutis4/update-root.zip

http://www.4shared.com/zip/oafcmYUl/update-root.html

3. Update Un-root

http://www.4shared.com/zip/fJHHwPg-/update-unroot.html

https://www.dropbox.com/s/6xcv55lofc2t6rb/update-unroot.zip

Perhatian !! kalau error bukan tanggung jawab penulis yach ? silahkan komen saja, nanti saya dan teman-teman lainnya bisa membantu menemukan solusi.. Jangan pernah minta pulsa atau bahkan minta duid! karena postingan ini dibuat hanya semata-mata untuk berbagi pengalaman saja.

Dan ingat…!! update un-root belum pernah saya pakai, hihihihihi tapi teman yang ngasih di forum bilang.. bisa kok! aman.. kenapa ? karena saya suka Android saya diroot…! nuhun!!!

Website tempat download Stockrom aka Firmware Original pabriknya..

klik gambarnya brow...

Forum-nya orang-orang jago ngutak-ngatik Khusus Samsung Galaxy Young dan doyan Facebook-an!

klik juga laaahhhh......!

Untuk yang komennya tidak saya balas, jangan marah…. bukan karena saya sombong… itu karena saya tidak tahu jawabannya… ehhehehehehehe….

Thanks for reading & sharing Mang Udung Gaya

Previous
« Prev Post

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts